Senin, 25 Juli 2011

Nyulut Mercon VS Nyulut Lilin

Assalamualikum sobat netter, kangen nih lama nggak menampakkan batang hidung,hehehe. Alhamdulillah sampai detik ini saya & keluarga dalam keadaan yang membahagiakan tentunya juga saya berharap sahabat blogger semua dalam keadaan yang sama. Menjelang puasa/bulan ramadhan yang tinggal menghitung hari sudah mulai giat kegiataan nuansa religi, dari kemarin saya lihat begitu banyak postingan di blog bernuansa religi rasanya adem banget di hati, mendapat inspirasi & siraman rohani dari sahabat semua.

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah & penuh ampunan semoga kita semua menjadi hamba yang berhasil meraih kemenangan melawan & mengekang hawa nafsu selama bulan Ramadhan hingga di bulan-bulan berikutnya tetap menempel nuansa iman & taqwa dalam diri kita,amin.

Pernak-pernik Ramadahan mulai dari syrup hingga kue-kue yang menggugah selera bertebaran di toko-toko, bahkan toples hias pun turut menghias. Bulan yang penuh berkah ini juga disambut dengan berbagai buah-buahan yang berbuah & mulai menghias & terpajang di pasar buah semata semakin menambah begitu nikmatnya bulan ramadhan. Lama-lama omongan saya kayak kiyai aja,hehehe, sebenarnya apa sih yang mau di bahas....?



Nah selain disambut yang saya sebut diatas, kali ini sambutan negatif juga datang, entah dari zaman apa tradisi meyulut mercon/petasan, kembang api+petasan ini sering dilakukan dari anak-anak,remaja bahkan orang tua tak ingin ketinggalan untuk merasakan sensasi sesaat menyulut petasan. Padahal hanya kesenangan sekejap & lebih mengarah kepada pemborosan, bayangin aja satu petasan kembang api yang meluncur ke awan & meledak paling murah 5000, nggak sampai semenit dah angus deh, daripada duit dibakar & cuma seneng sesaat mending di tabung atau di buat zakat aja kepada kaum dhuafa & saudara-saudara kita yang lebih membutuhkan.

Selain pemborosan, main petasan juga bahaya lho, bayangin aja kalau pas nyulut petasan sampai ada orang jantungan terus koit gimana....? mau bertanggung jawab....?hehehe. Terus kalau di kampungku kan banyak gudang pengasapan tembakau yang terbuat dari jerami coba bayangin kalau ampe kembang api tuh jatuh tepat disana, apa nggak jadi tontonan seru tuh...hehehehe (kok tontonan...??? soalnya pas kebakaran gudang biasanya yang nonton rame, yang bantuin madamin sedikit, budaya yang keliru fatal & gagal total,hehehehe yah semoga aja nggak terus begitu,,,amin).

Cuwww,,,,,,,,,,Diiiiiiiaaaaaaarrrrrrrrrrrrr,

Begitu nyaring terdengar diangkasa mercon-mercon itu berhamburan & memercikkan pelangi di awan (sekilas seneng serasa ada pelangi dimalam hari) tapi kalian tahu nggak ( baca=tukang nyumet mercon di rumahku) gara-gara kalian anakku nggak bisa tidur malem-malem, anakku kaget ketika dia menikmati mimpi indahnya, anakku tersentak ketika dia lelap di pelukan ibunya, rasanya benar-benar kesel banget sama ulah penyulut mercon tersebut kalau ampe ketemu awas (sambil bawa martil,,,,hehehehe), tapi ini kan bulan mulia jadi nggak baik aku mendendam, yah aku maafin kalian sekalian aku sumpahin,,,,(kasih maaf tapi masih berlaku S & K,hehehe), yah aku doain semoga cepet-cepet insyaf dari pada duit di buang sia-sia mending di buat Zakat kalau nggak gitu sumbangin aja ke aku (maunya,,,,hehehehe).

Ardan Sayang, tidur yang lelap ya, nanti kalau sudah besar jangan nyulut petasan ya, simbah kan punya jantung (kalau nggak punya jantung apa jadinya,,,,hehehehe)

Daripada nyulut mercon atau kembang api yang meledak & bikin kaget mending sekarang nyulut lilin diatas kue terus ngucapin selamat ulang tahun buat Uncle Lozz,

Selamat Ulang Tahun Uncle Lozz, Semoga Makin dewasa & ssssssstttt cepet bertemu jodoh,,,hehehehe amien

Hanya sebatas ucapan & doa yang tulus yang bisa ku persembahkan sam, barangkali aku punya salah sebelum ramadhan di moment yang indah ini semoga kita bisa saling bermaafan & mendapat keberkahan di bulan mulia ini, amin. Maturnuwun sam print-prinane winginane, kalau sempat tak traktir kopi lagi soalnya kemarin keliru porsi,,,hehehehe.

33 komentar:

  1. waah serunyaa ultah kang Lozz dirayain dimana-mana nih. hahhaaa.... sip siip... selamat yaaa..


    kalo inget ramadhan, inget juga tentang mercon nih Rif.. secara tiap pagi abis subuhan selalu mainan mercon.. *dulu tapi


    bandel??.. namanya juga anak laki2.. hehehe

    BalasHapus
  2. wah,sama seperti Gaphe,ione dulu masih kecil juga sering nyalain mercon^^,kalau sekarang udah gak lagi,tapi nyalain motor buat jalan2..met ultah buat kang lozz

    BalasHapus
  3. kalo ada mercon di deket rumah, kasih tau "sssstt ada bayi lagi bobok, pindah ke tempat lain"

    BalasHapus
  4. berisik kalau dengar mercon, sangat mengganggu

    BalasHapus
  5. aku beberapa kali menegur anak2 yg nyulut mercon di depan rumah, bahayanya itu lho, belum lagi anakku jadi ikut2an, oh tidak ...

    BalasHapus
  6. ha3.. jadi ingat waktu kecil juga suka bakar mercon ampe pernah mleduk di tangan... saya sendiri juga kurang tau nih... sebenarnya tradisi bakar mercon ni sejak kapan ya...

    BalasHapus
  7. setujuuuu!!! saya juga punya jantung :D kemarin aja udah mpe luncat2 gara2 ada yg nikah dan emang adatnya kudu pake mercon, g bisa protes deh hehehe

    duh! Emang deh yg punya Warung ketauan baek hati, jadi di mana2 pada ngerayain ... di sini ikut mengaamiinkan doanya Abahnya Ardan, agar lekas diijabah, terua dikirimi undangan deh ama Uncle Lozz :D

    BalasHapus
  8. Ardan lucuuu ^_^
    Ih gemes masih kecil bgt gitu,... :-D

    Bay, klo si Vania hobi tuh nyalain kembang api..
    bukan petasan or mercon, kembang api biasa aja...

    biasanya sambil makan dia ngeliatin kembang api...
    kupikir nggak apa deh "bakar duit" sedikit, yang penting Vania makan... ^_^

    BalasHapus
  9. Segala sesuatu ada baik dan buruk, ada suka dan ada duka... termasuk mercon ya kang??? kalo kembang api sih gak papa... belon lagi ini menjelang ramadhan... hadoooh makin sering deh yang nyalain mercon,Sekalian aja dah...

    Mohon maaf lahir bathin buat semua... Marhaban yaa Ramadhan..

    Selamat hari Milad buat Kang Lozz juga...

    BalasHapus
  10. Lebaran atau ramadhan tanpa bunyi petasan kayaknya kurang berkesan, tapi di daerah saya yg padahal asli pembuat petasan dlm tiga tahun terahir alhamdulillah berkurang. Artinya bunyi petasan sudah jarang terdengar ga kaya jaman dlu...
    Selamat ulang tahun buat yg lg merayakan hari jadinya hehe...

    BalasHapus
  11. emang terganggu banget dengan suara mercon... disekitar rumah udah 2 minggu ini dikagetkan oleh suara mercon2 tsb...padahal blm memasuki bln ramadhan loh...

    BalasHapus
  12. Gaphe@hehehehe iya mas

    Ione@ jalan kemana bang,,,,? ajakin ane kenapa....?hhehehe

    Ami@hehehehe betula juga bak tar tak kasih plang besar, "dilarang nyulut mercon, ada baby lagi bobok,,,, mekso tinju, nggak rumongso benjut,,,,"hehehehe

    Lidya@ betul itu mbak, kan nggangu babyku yang algi mimpi indah,,,,:)

    Dey@hehehehe wah jewer aja mbak kalau ikut2an.....:)

    BalasHapus
  13. Zan Insurgent@hehehehe wah parah tuh, iya sejak aku kecil dulu udah ada petasan nggak tahu siapa yang mengawali kebiasaan ini, mungkin tinggalan feodal londo kang,,,,hehehehe , pagi jalan-jalan udah rame yang main petasan di bulan ramadhan

    Nique@hehehehe iya mbak itupun kalau saya di undang mbak,,,, ehmmm...ehmmmm.....

    Lyliana Thia@kalau kemabang api kecil yang nyala doang sih nggak apa2 fren, ini kembang apinya yang bisa meledak,,,hehehe semoga vania nggak rewel maemnya frenn

    Blog Keluarga Kesehatn@ iya mbak mohon maaf lahir batin juga mbak, semoga bulan ramadhan ini berkah bagi kita semua

    Yayack@wah syukurlah kalau begitu kang, seneng sih seneng cuma yang jantungan kalau tiba2 denger petasan terus jantungan gimana.....hehehe
    makasih kang yayack

    Hariyanti Sukma@wah sama, mbak disini juga gitu, dijalan juga pada rame yang jual mercon & kembang api

    BalasHapus
  14. ngucapin selamat milad lagi buat kang lozz di sini,,
    sehat selalu buat Dd Ardan, smoga cepet gede,, aamiin...

    bener tuh pak, saya juga paling sebel kalau ada yg nyalain petasan...
    heran juga, petasan kan yg dinikmati suaranya, tp kenapa bgitu mereka nyalain petasan, tetep aja telinganya ditutupin.. heheh

    salaam

    BalasHapus
  15. salam sahabat
    ehm ceritanya bersamaan dengan milad ya mas Arif?hehehehe kalau saya suka semuanya tuh mercon dan lilin hehehe semoga diberikan keselamatan dan lindunganNya ya mas
    semoga sukses

    BalasHapus
  16. seru... kayaknya sobat blogger dah apda bahas ramadhan ne. dhe yg blum. hehehe..

    duh.. anaknya lucu amit.. :)
    btw, wlw ga kenal kang lozz.. met ultah aja deh. smoga umurnya berkah :D

    BalasHapus
  17. gak ono mercon yo ga meriah loh sam..
    ono mercon yo kadang nyebelin.

    enake potong kue wae wis hahaha

    Matur nuwun sam

    BalasHapus
  18. Hmmm kasihan ya dedeknya pasti kebisingan dan gak bisa tidur gara-gara para oknum yang suka akan pemborosan.
    Kalau kayak gini paling terasa tinggal di kampung..hmmm jadi kangen sama kampung halaman.

    BalasHapus
  19. Aih...Ardan gi bobo luthu bgt...

    Tapi kalo kembang api yg gede en cantik itu aku suka ngeliatnya Bay, pdhl lumayan berisik jg ya hihihi

    BalasHapus
  20. Mabruri@hehehhe makasih mas,,,,

    Dhana@ iya mbak miladnya kang Lozz, amin maksih mbak doanya

    Dhe@hehehe makasih sob, kenalan donk...hehehe

    Lozz Akbar@hehehehe betul sam,,, sing anak potong kue aja, podo2 sam, sepurane sing akeh sam, cuma sekedar posting abal-abal....hehehehe

    Ibu Dini@ iya mbak, terkaget-kaget gara2 mercon,,,hehehe

    Orin@hehehehe iay cantik sih cantik kalau anakku nggak bisa tidur ya susah juga nih aku sama istri,,,hehehehe

    BalasHapus
  21. Kang Lozz emang essip, bertebaran dimana mana, hehe..

    Buat Kang Lozz, selamat menjadi tua.

    BalasHapus
  22. petasan emang menyebalkan. mengganggu orang aja. bikin jantung deg deg plas.

    BalasHapus
  23. Petasan itu bikin BT, gak sayang apa bakar uang....berisiiikkk bgt,....btw Mas Loss akbar ultah ya....nyamperin rumahnya ahhhh biar dapat traktiran :mrgreen:

    BalasHapus
  24. Wah kalo ada suara mercon brisik ga suka banget, tapi kalo kembanh api yg kecil kaya lidi itu masa kecilku suka banget karna kelap kelip hehehe

    BalasHapus
  25. juniornya tembemya mas,..
    suka liatnya, imut pisan :)
    mercon??paling sebel dengernya..blm puasa aja sdh rame hehehe

    BalasHapus
  26. Aku paling sebell kalo mau otw ke mesjid disuguhi mercon sama adik2 kecil sekitar rumah T_T

    Nyalainnya ntu lho nggak kira2,kan kagett

    Tapi..itu juga sih yg ngangenin,di bulan lain boro2 berbondong ke mesjid,hehehhe

    Mmmmm...itu dedek ardan mantepp banget tidurnya^^

    BalasHapus
  27. pantes di indonesia banyak teroris,.. wong petasannya aja produksi trus walau dilarang. hehhehhehehehe

    BalasHapus
  28. bakar aja tuh pabrik petasan... (nah lho?? ) ^_^

    BalasHapus
  29. iya, kadang bikin gregetan. selain bikin berisik daerah sekitar, terkadang ada aja yg jadi korban akibat nyulut mercon itu. tempo hari adik sepupuku jari2 tangannya pada menyenyeh karena kena mercon.....

    BalasHapus
  30. Kok ya budayanya dimana2 sama ya...?
    Nyebelin banget tuh mercon.
    Alm. bapakku dulu sempar ngejar anak orang yang membunyikan petasan di samping beliau saat beliau sedang jalan kaki.
    Ehm... aku dibagiin juga dong, kue tartnya :D

    BalasHapus
  31. 8 tahun pa 8 bulan ya mas...,
    moga sht & cepat gede

    BalasHapus

Berkata jangan terbata-bata
Bertutur jangan ngelantur
Bicara nggak pake spam ya
Bukan mengatur, budayakan berbudi luhur