Rabu, 27 Juli 2011

Hidangan Pembuka di Bulan Puasa

Bulan Ramadhan sudah menghitung hari datangnya, tanpa terasa waktu begitu cepat berlalu, kegiatan nuansa religi terus mewarnai menyambut bulan yang penuh berkah ini. Selama satu bulan penuh kita akan menjalankan ibadah puasa menahan lapar & dahaga yang tentunya di butuhkan stamina yang ekstra juga di dukung dengan makanan yang kaya gizi, protein,vitamin guna menopang energi untuk beraktifitas selama berpuasa di bulan Ramadhan.

Untuk menyambut bulan Ramadhan tentunya di awal malam kita pasti makan sahur, ini adalah moment yang tepat untuk mempersiapkan hidangan pembuka yang benar-benar tepat di butuhkan tubuh kita selama beraktifitas nantinya.



Ikan sangat baik sebagai hidangan pembuka ketika sahur karena banyak mengandung protein yang sangat membantu membentuk jaringan tubuh dengan kandungan asam aminonya, Enzim protein memecah makanan menjadi zat gizi yang dapat digunakan sel, sebagai anti bodi, mereka melindugi kita dari penyakit, disaat puasa sangat membantu memberikan asupan gizi & energi serta membantu ketahanan tubuh agar tak mudah sakit.


Sebagai hidangan pembuka di saat sahur tentunya sangat bermanfaat,Buah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual di toko-toko, buah jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibanding suplemen yang memiliki fungsi yang sama. untuk sekedar menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh, maupun juga untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit.


Dan yang paling penting sebagai hidangan pembuka ketika sahur adalah air putih, jika kita seminggu tidak makan kita masih bisa hidup dengan minum air, namun jika kita tidak minum air hanya mampu bertahan 3 hari saja, ini merupakan faktor yang sangat vital untuk tubuh kita, saran dokter minimal kita mengkonsumsi 8 liter air setiap hari. Daripada minum suplemen yang cenderung mempunyai efek samping lebih baik minum air putih, di bulan puasa sekian lama menahan dahaga untuk mencegah dehidrasi minumlah lebih banyak air putih ketika sahur, berikut ini manfaat air putih adalah, memperlancar sistem pencernaan,air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, mencegah penyakit batu ginjal dan hati,minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi & lebih bugar serta menyehatkan jantung.

Itulah hidangan pembuka ketika melaksanakan sahur untuk menambah energi juga membantu kesehatan tubuh agar tak mudah sakit. Dan ketika kita berbuka puasa,hindari minum es karena selain membuat lemas, tak jarang tubuh kita mampu menahan serangan penyakit (flu,pilek,batuk), hindari juga makanan pedas & berlebihan demi lancarnya aktifitas shalat tarawih,tadarrus & kegiatan agama lainnya, lebih baik sebelum berbuka puasa sebagai hidangan pembuka makanlah kurma secukupnya & minumlah air putih kemudian sholatlah magrib, setelah itu berbukalah dengan makanan yang mudah di cerna agar lambung kita pun maksimal mencerna setelah beberapa jam istirahat sementara dari proses mencerna makanan.

Semoga di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini kita semua mampu menjalaninya dengan sepenuh hati mengharap Ridho Illahi tanpa ada sedikit pun aral yang menghalau ibadah kita,amin. Akhir kata saya & keluarga besar memohon maaf lahir batin kepada semua sahabat, semoga segala amal & ibadah kita di bulan mulia ini di terima Allah SWT,amin.

27 komentar:

  1. Waahhh...hebat sudah dapet pangsit he he... Gudlak di ADUK kali ya Bay ;)

    BalasHapus
  2. Saya telah membaca artikel diatas dengan cermat
    Akan langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Tak lupa saya mohon maaf atas segala kesalahan lahir dan batin. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    BalasHapus
  3. wahhh peserta kedua, temanya hampir sama.....jadi tambanh bingung nechhh

    BalasHapus
  4. dhe klo sahur jarang makan, seringnya cm makan kurma ama minum :D *itupun klo ada kurma

    tp hidangan pembuka, pasti ikan.. nyummiii..

    BalasHapus
  5. Nia ...jangan bingung, tambah gak dapat pansit ayamnya lho..
    Maaf Lahir Bathin dan selamat menyambut puasa ramadhan ya Bay.
    Moga kita bisa menjalaninya dengan hati bersih

    BalasHapus
  6. untuk sahur yaa...iya terkadang salah makan membuat puasa kita jadi lemes malah ya mas...salam saya ..^^

    BalasHapus
  7. Waduhhh.... ikan mas goreng kalo saya mas,,, apalagi digoreng kriuk gitu alamak...

    Alhamdulillah udah biasa ya jadi biasa... makanya gak lemes...

    BalasHapus
  8. Wah puasa segera tiba...mari persiapkan hidangan2 yang bergizi dan berprotein supaya puasanya bisa kuat...

    BalasHapus
  9. sudah bau2 Ramadhan aja nih pak,,, heheh

    smoga sukses di Aduknya

    BalasHapus
  10. SEtuju,, Air!!! Banyak-banyaklah minum air..
    Pas puasa itu lebih berat menahan haus daripada menahan lapar

    BalasHapus
  11. ada bagi2 pangsit ya disini? :)

    BalasHapus
  12. aduh,jadi gak sabaran nunggu bulan puasa^^

    BalasHapus
  13. Berasa udah Ramadhan nih...

    Good luck, Bayu...

    BalasHapus
  14. berbukalah dengan yang manis

    BalasHapus
  15. yep mas, selain itu..mesti mempersiapkan hati pula...mohon maaf lahir dan batin yo mas....semoga ibadah kita kelak berkah...:)

    BalasHapus
  16. Makin terasa dekatnya bulan puasa ya...

    dd bayi dah bisa apa? Oya siapa ya namanya?

    btw, semoga sucses ADUKnya ya ;)

    BalasHapus
  17. setuju kalau air putih itu penting. semoga menang kontes.

    BalasHapus
  18. Mohon maaf lahir batin juga yah Bay,,,
    istri nggak puasa dong yah... ASI full buat Ardan kan? Salam... ^_^
    Sukses ADUKnya yah!

    BalasHapus
  19. selama puasa memang harus tetap memperhatikan gizi bagi tubuh. jangan sampai malah sakit pas puasa gara2 makanan enggak cukup nutrisi. smoga sukses kontesnya.

    BalasHapus
  20. wah udah gak sabaran nih menyambut Ramadhan...
    Mas Bayoe ... aku setuju dgn info ini, dan dirumah menu wajibnya buka puasa dirumah adalah KURMA dan SALAD BUAH, pas banget tuh utk menjaga stamina selama puasa.

    BalasHapus
  21. menjelang bulan ramadhan...mas arief mohon maaf apabila ada komentar yang kurang berkenan selama ini....sukses terus ya...terutama dengan kontes aduk nya

    BalasHapus
  22. bener juga,, aku harus beli kurma dulu dek buat persediaan ..

    sekalian aku juga mohon dimaafkan segala kesalahan ..

    salam :)

    BalasHapus
  23. Hehe... Kadang pas kerja aku makan indomie untuk sahur, padahal jelas2 kurang sehat untuk perut. Kadang gak sempat bawa bekal dari rumah :(

    BalasHapus
  24. Selain hidangan pembuka yg sangat bergizi dan nikmat tersebut, niat dan hati yang tulus untuk menyambut datangnya bulan ramadhan sangat dibutuhkan.

    BalasHapus
  25. wah sang bapak rajin juga update info masakan, hehehe

    BalasHapus
  26. hiks,,,magrib masih lamaaaaa

    BalasHapus

Berkata jangan terbata-bata
Bertutur jangan ngelantur
Bicara nggak pake spam ya
Bukan mengatur, budayakan berbudi luhur