Rabu, 27 Juli 2011

Hidangan Pembuka di Bulan Puasa

Bulan Ramadhan sudah menghitung hari datangnya, tanpa terasa waktu begitu cepat berlalu, kegiatan nuansa religi terus mewarnai menyambut bulan yang penuh berkah ini. Selama satu bulan penuh kita akan menjalankan ibadah puasa menahan lapar & dahaga yang tentunya di butuhkan stamina yang ekstra juga di dukung dengan makanan yang kaya gizi, protein,vitamin guna menopang energi untuk beraktifitas selama berpuasa di bulan Ramadhan.

Untuk menyambut bulan Ramadhan tentunya di awal malam kita pasti makan sahur, ini adalah moment yang tepat untuk mempersiapkan hidangan pembuka yang benar-benar tepat di butuhkan tubuh kita selama beraktifitas nantinya.



Ikan sangat baik sebagai hidangan pembuka ketika sahur karena banyak mengandung protein yang sangat membantu membentuk jaringan tubuh dengan kandungan asam aminonya, Enzim protein memecah makanan menjadi zat gizi yang dapat digunakan sel, sebagai anti bodi, mereka melindugi kita dari penyakit, disaat puasa sangat membantu memberikan asupan gizi & energi serta membantu ketahanan tubuh agar tak mudah sakit.


Sebagai hidangan pembuka di saat sahur tentunya sangat bermanfaat,Buah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual di toko-toko, buah jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibanding suplemen yang memiliki fungsi yang sama. untuk sekedar menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh, maupun juga untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit.


Dan yang paling penting sebagai hidangan pembuka ketika sahur adalah air putih, jika kita seminggu tidak makan kita masih bisa hidup dengan minum air, namun jika kita tidak minum air hanya mampu bertahan 3 hari saja, ini merupakan faktor yang sangat vital untuk tubuh kita, saran dokter minimal kita mengkonsumsi 8 liter air setiap hari. Daripada minum suplemen yang cenderung mempunyai efek samping lebih baik minum air putih, di bulan puasa sekian lama menahan dahaga untuk mencegah dehidrasi minumlah lebih banyak air putih ketika sahur, berikut ini manfaat air putih adalah, memperlancar sistem pencernaan,air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, mencegah penyakit batu ginjal dan hati,minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi & lebih bugar serta menyehatkan jantung.

Itulah hidangan pembuka ketika melaksanakan sahur untuk menambah energi juga membantu kesehatan tubuh agar tak mudah sakit. Dan ketika kita berbuka puasa,hindari minum es karena selain membuat lemas, tak jarang tubuh kita mampu menahan serangan penyakit (flu,pilek,batuk), hindari juga makanan pedas & berlebihan demi lancarnya aktifitas shalat tarawih,tadarrus & kegiatan agama lainnya, lebih baik sebelum berbuka puasa sebagai hidangan pembuka makanlah kurma secukupnya & minumlah air putih kemudian sholatlah magrib, setelah itu berbukalah dengan makanan yang mudah di cerna agar lambung kita pun maksimal mencerna setelah beberapa jam istirahat sementara dari proses mencerna makanan.

Semoga di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini kita semua mampu menjalaninya dengan sepenuh hati mengharap Ridho Illahi tanpa ada sedikit pun aral yang menghalau ibadah kita,amin. Akhir kata saya & keluarga besar memohon maaf lahir batin kepada semua sahabat, semoga segala amal & ibadah kita di bulan mulia ini di terima Allah SWT,amin.
Selengkapnya...

Senin, 25 Juli 2011

Nyulut Mercon VS Nyulut Lilin

Assalamualikum sobat netter, kangen nih lama nggak menampakkan batang hidung,hehehe. Alhamdulillah sampai detik ini saya & keluarga dalam keadaan yang membahagiakan tentunya juga saya berharap sahabat blogger semua dalam keadaan yang sama. Menjelang puasa/bulan ramadhan yang tinggal menghitung hari sudah mulai giat kegiataan nuansa religi, dari kemarin saya lihat begitu banyak postingan di blog bernuansa religi rasanya adem banget di hati, mendapat inspirasi & siraman rohani dari sahabat semua.

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah & penuh ampunan semoga kita semua menjadi hamba yang berhasil meraih kemenangan melawan & mengekang hawa nafsu selama bulan Ramadhan hingga di bulan-bulan berikutnya tetap menempel nuansa iman & taqwa dalam diri kita,amin.

Pernak-pernik Ramadahan mulai dari syrup hingga kue-kue yang menggugah selera bertebaran di toko-toko, bahkan toples hias pun turut menghias. Bulan yang penuh berkah ini juga disambut dengan berbagai buah-buahan yang berbuah & mulai menghias & terpajang di pasar buah semata semakin menambah begitu nikmatnya bulan ramadhan. Lama-lama omongan saya kayak kiyai aja,hehehe, sebenarnya apa sih yang mau di bahas....?



Nah selain disambut yang saya sebut diatas, kali ini sambutan negatif juga datang, entah dari zaman apa tradisi meyulut mercon/petasan, kembang api+petasan ini sering dilakukan dari anak-anak,remaja bahkan orang tua tak ingin ketinggalan untuk merasakan sensasi sesaat menyulut petasan. Padahal hanya kesenangan sekejap & lebih mengarah kepada pemborosan, bayangin aja satu petasan kembang api yang meluncur ke awan & meledak paling murah 5000, nggak sampai semenit dah angus deh, daripada duit dibakar & cuma seneng sesaat mending di tabung atau di buat zakat aja kepada kaum dhuafa & saudara-saudara kita yang lebih membutuhkan.

Selain pemborosan, main petasan juga bahaya lho, bayangin aja kalau pas nyulut petasan sampai ada orang jantungan terus koit gimana....? mau bertanggung jawab....?hehehe. Terus kalau di kampungku kan banyak gudang pengasapan tembakau yang terbuat dari jerami coba bayangin kalau ampe kembang api tuh jatuh tepat disana, apa nggak jadi tontonan seru tuh...hehehehe (kok tontonan...??? soalnya pas kebakaran gudang biasanya yang nonton rame, yang bantuin madamin sedikit, budaya yang keliru fatal & gagal total,hehehehe yah semoga aja nggak terus begitu,,,amin).

Cuwww,,,,,,,,,,Diiiiiiiaaaaaaarrrrrrrrrrrrr,

Begitu nyaring terdengar diangkasa mercon-mercon itu berhamburan & memercikkan pelangi di awan (sekilas seneng serasa ada pelangi dimalam hari) tapi kalian tahu nggak ( baca=tukang nyumet mercon di rumahku) gara-gara kalian anakku nggak bisa tidur malem-malem, anakku kaget ketika dia menikmati mimpi indahnya, anakku tersentak ketika dia lelap di pelukan ibunya, rasanya benar-benar kesel banget sama ulah penyulut mercon tersebut kalau ampe ketemu awas (sambil bawa martil,,,,hehehehe), tapi ini kan bulan mulia jadi nggak baik aku mendendam, yah aku maafin kalian sekalian aku sumpahin,,,,(kasih maaf tapi masih berlaku S & K,hehehe), yah aku doain semoga cepet-cepet insyaf dari pada duit di buang sia-sia mending di buat Zakat kalau nggak gitu sumbangin aja ke aku (maunya,,,,hehehehe).

Ardan Sayang, tidur yang lelap ya, nanti kalau sudah besar jangan nyulut petasan ya, simbah kan punya jantung (kalau nggak punya jantung apa jadinya,,,,hehehehe)

Daripada nyulut mercon atau kembang api yang meledak & bikin kaget mending sekarang nyulut lilin diatas kue terus ngucapin selamat ulang tahun buat Uncle Lozz,

Selamat Ulang Tahun Uncle Lozz, Semoga Makin dewasa & ssssssstttt cepet bertemu jodoh,,,hehehehe amien

Hanya sebatas ucapan & doa yang tulus yang bisa ku persembahkan sam, barangkali aku punya salah sebelum ramadhan di moment yang indah ini semoga kita bisa saling bermaafan & mendapat keberkahan di bulan mulia ini, amin. Maturnuwun sam print-prinane winginane, kalau sempat tak traktir kopi lagi soalnya kemarin keliru porsi,,,hehehehe.
Selengkapnya...

Jumat, 22 Juli 2011

Mau Dapet Surat Cinta Dari Allah Nggak.....?

Assalamualaikum sobat netter, semoga di hari yang cerah ini semuanya dalam keadaan yang membahagiakan. mohon maaf jika jarang bersilaturahim ke rumah maya sahabat karena jadwal ngeblog saya sedikit saya rombak untuk lebih fokus dulu merawat buah hati yang sudah diamanahkan kepada keluarga kami.

Kali ini saya hanya ingin berbagi informasi tentang Giveawaynya kang Djangan Pakies yang sudah di gelar beberapa hari kemarin & sudah mendekati ending acara ini. Namun tadi saya melihat ada sebuah informasi di blognya kang Djangan pakies bila acaranya di tambah lagi guna mensyukuri postingan kang Pak Ies yang mencapai 250 posting, saya ucapkan selamat dahulu untuk prestasi jenengan kang, semoga tidak pernah lelah memberi inspirasi & berbagi serta menjalin ukhuwah, syaratnya mudah kok, seperti ini:

1. Silahkan anda memilih satu artikel peserta Suit Sepentin Giveaway Di SINI.
2. Pilihlah artikel yang menurut sampean sangat menarik dan memberikan inspirasi.
3. Jangan melihat siapa yang menulis, tapi lihatlah apa yang ditulisnya.
4. Sampean tinggal ngasih komentar, atau cukup 'saya pilih ini' atau terserah mau nulis apa, yang penting sampean telah meninggalkan jejak di kotak komentar artikel pilihan anda.
5. Komentar anda dibatasi sampai dengan tanggal 26 juli 2011 pukul 18.00 wib

Ini Dia Hadiahnya Surat Cinta Dari Allah SWT

Pemenangnya akan diundi, jadi nunggu apa lagi buruan di pilih & di comment salah satu artikel atau lebih tepatnya sebentuk cinta & kebaikan yang di kirim sahabat blogger semua untuk Kang Djangan Pakies & seluruh keluarga.

Surat Cinta dari Allah menuntun kehidupan kita di dunia & di akhirat nanti, alangkah indahnya bila kita meresapi & menjiwai setiap kata demia kata yang tertulis disana, teringat ceramah ustadz Soulmed di Pesantren & Rock N Roll,

"Ketika kita menerima surat cinta dari orang yang tercinta, rasanya begitu damai & mencoba meresapi kata demi kata & tak ingin terburu mengakhirinya, ketika kita memegang Hand phone bila kita sedang jatuh cinta yang di tunggu cuma satu (sms dari si Doi), bahkan ketika sholat hp berbunyi, dalam hati berbicara "waduh,ini sms dari dia paling ya,,,? waduh kalau nggak ku balas nih marah entar,...?" seperti terlanda kerinduan & ketergantungan begitulah seharusnya membaca Al Quran yang mengharuskan kita benar-benar menjiwai, meresapi serta mengaplikasikannya di dalam kehidupan, jika kita sudah melakukan itu maka kita akan merasa rindu & merasakan manisnya iman untuk selalu membaca Surat Cinta dari Allah sebagai bentuk kebesaranNYA mencintai & menuntun umatnya selamat di dunia & akhirat.

NB: postingan ini hanya sebentuk penghargaan kepada sahabat yang telah banyak memberikan inspirasi di kehidupan saya, gaya postingannya yang ringan, tutur bahasanya yang mudah dimengerti terlebih bernuansa religi, Selamat ya kang, semoga terus eksis berkarya & memberi inspirasi serta menjalin ukhuwah bersama.
Selengkapnya...

Kamis, 21 Juli 2011

Jangan di Aborsi Biarku Adopsi

Seorang anak kurus dengan pakaian compang-camping duduk termenung di pinggiran trotoar halte, disebelahnya sebuah kotak usang berisi semir sepatu & sikat serta lap untuk menyemir sepatu. Dari kejauhan terlintas dua orang anak manusia yang berjalan di trotoar semakin dekat dengan seorang anak yang menikmati duduk di trotoar & mereka terlibat perbincangan ketika sampai di tempat duduk halte.

anak manusia satu : "Woi. elo denger nggak sih gue ngomong...? daritadi mantengin buku usang itu terus, gue jadi kayak pedagang asongan ramai sendiri tawarin barang....."

anak manusia dua : "Wah elu belum ngerti nikmatnya membaca bray, gue lagi hikmat nih, udah diem aja, nggak usah banyak protes, semakin banyak protes semakin memudar konsentrasi gue baca buku ini..."

anak manusia satu : "Lagak lu udah kayak profesor doctor kompor bocor yang lagi asyik dengan kegiatannya di laboratorium, udah nggak usah sok jadi kutu buku, lho mau jadi harry potter berkaca mata tebel gara-gara minus karena mantengin buku... sini bukunya biar gue lihat..."

Ternyata anak manusia satu langsung membuang jauh buku yang dibaca anak manusia dua, mereka pun terlibat cing cong yang nggak karu-karuan. Dengan pelan berjalan, anak penyemir sepatu menghampiri buku yang dibuang tersebut & memungutnya.

Anak penyemir sepatu : "Ini kak bukunya,,,,, " Dengan lembut bertutur kata & memberikan buku tersebut kepada empunya.

Anak manusia dua : "Terima kasih dik...." menerima buku & melemparkan jurus tersenyum manis sekali.

Anak Manusia satu : "Udah-udah jangan pada lebay semua, ayo buruan bisnya udah semakin deket tuh, gue udah nggak sabar pengen buruan nyampek rumah & main game sepuasnya daripada baca buku nggak jelas & ujungnya malah jadi harry potter berkaca mata tebel....."

Akhirnya dua anak manusia itu berlalu seiring dengan bis yang mereka tumpangi terus melaju. Sementara tinggal anak penyemir sepatu merenungi kejadian yang baru ia lihat & ia dengar yang tentunya masih membekas di kepala. Jauh di relung hatinya ia berbicara,

"Seandainya kalian tahu bahwa diriku begitu sangat haus akan ilmu, namun apalah dayaku, aku tak mungkin dengan mudah mendapatkan buku-buku itu, aku tak mungkin bisa dengan leluasa membaca seperti kalian semuanya karena aku hanya anak manusia yang tak punya apa-apa, tapi kalian harus tahu, setiap hari aku selalu ingin membaca, dari koran pembungkus nasi aku baca sebagai informasi, dari kertas bungkusan kacang goreng aku jadikan sebagai bahan bacaan,karena begitu pentingnya membaca, dengan membaca aku membuka jendela dunia meski dari sudut pandangku yang tak akan pernah punya daya"

Waduh aura melaskolis mulai membaur suasana fiksi diatas,hehehehe. Itulah sekelumit gambaran anak manusia yang belum mengerti artinya syukur & tafakkur terhadap apa yang mereka miliki coba bila dibandingkan dengan anak penyemir sepatu dia memang tak punya apa-apa namun semangat bacanya & keingintahuannya sangatlah tinggi. Disisi lain ada yang giat membaca disisi lain penggoda itu datang memusnahkan konsentrasi membaca itu gambaran fenomena yang saya temui dulu waktu SMA (sekarang juga pasti banyak yang kayak gitu yang rajin satu yang males & tukang godain seribu,,,,hehehehe).

Bicara soal buku kebetulan saya punya teman baru yang baru saya temui kemarin, koleksi bukunya sudah seabrek ampe lemarinya aja nggak muat buat nyimpen semua koleksi bukunya (busyeettt, berapa lama ngumpulin segitu banyak buku, yang lebih gue heran berapa lama juga butuh waktu untuk membaca semua buku-buku segitu banyaknya,,,,hehehehe).



Dari seabrek buku-buku tersebut ada lima yang di tawarkan untuk di Adopsi sahabat blogger yang berkenan & beruntung (semoga kelak saya salah satunya,,,,amin....*ngarep setengah mati,,,hehehehe). UTUKKI SAYAP PARA DEWA-Clara Ng,A CUP OF COMFORT FOR FRIENDS (kisah2 indah untuk mengenang persahabatan istimewa)-Collen Sell,DITENGAH INTRIK-S.Mara Gd,MY LIFE-Reiko M& FIRST LOVE FRECKLES AND YOU-Satori T,PALACE STORY-Goong&PHANTASM-Gido A, dari kelima buku yag tersebut diatas saya berminat untuk mengadopsi buku yang berjudul A CUP OF COMFORT FOR FRIENDS (kisah2 indah untuk mengenang persahabatan istimewa)-Collen Sell, yah biar semakin bisa mengartikan persahabatan yang indah & menjalin ukhuwah bersama sahabat di dunia nyata & dunia maya (blogger).

Nah ada yang minat ngak nih teman-teman ikutan ngadopsi buku-buku tersebut,,,,? silahkan meluncur kesini kalau berminat Aishi Lely. Untuk mbak Aishi Lely salam hangat dari jember mbak, semoga awal perkenalan ini menjadi sebuah kebaikan bagi kita semua. Oh ya ngomong-ngomong katanya nih kelahiran jember,,,,? (kenapa emangnya yu?,,,,hehehe), main ke Jember mbak kalau ada waktu tak sediain suwar-suwir sama prol tape,hehehe.
Selengkapnya...

Senin, 18 Juli 2011

Air Mata Bahagia

Assalamualaikum sobat netter, mohon maaf apabila dari kemarin-kemarin saya tidak update & bersilaturahim kerumah maya sahabat semua. Alhamdulillah sampai saat ini saya dalam kondisi yang membahagikan & tentunya saya harap sahabat semua juga begitu adanya. Kali ini saya ingin berbagi kepada sahabat semua mengapa kemarin-kemarin saya tidak update & blogwalking, sudah siap,,,,????? begini ceritanya.

Kemarin seperti biasa jam 08 pagi saya berangkat ke tempat kerja & seperti biasa disamping bekerja saya juga melakukan aktifitas blogging & sempat posting juga blogwalking ke beberapa sahabat. Sekitar jam 09 lebih saya mendapat sms seperti ini dari istri saya.

"Yah , Perutku mules terus nih, mules ilang, mules lagi begitu terus yah...."

Saya pun membalasnya "Iya ma, kalau sudah ada tanda yang seperti Bidan bilang kemarin segera kabari aku...."

Seketika hening, saya pun fokus bekerja hingga pukul 10.30 istriku sms lagi,

"Yah perutku semakin sakit yah gimana nih,,,? "

Karena waktu sudah mepet dengan Sholat Jumat, saya tutup tempat usaha saya & sms istriku saya balas "Ya ma, aku langsung pulang aja kerumah buat jagain kamu,,,".

Sebelum saya pulang saya bermaksud ingin sholat jumat disini, namun ketika saya bertemu ibu saya yang sepertinya dia sudah mendapatkan isyarat ketika selesai sholat shubuh & berdzikir ibu saya mencium aroma bayi, seketika ibu beritahukan kepada saya.

"Kamu pulang saja nak, jagain istrimu, ibu mencium aroma bayi sesudah sholat shubuh tadi, istrimu pasti hari ini akan lahir hari ini,,,,".

Mendengar perkataan seperti itu saya langsung pulang kerumah istri saya, sempat saya ingin tidak sholat jumat namun istri saya menguatkan jika semua pasti baik-baik saja, dengan perasaan was-was campur aduk nggak karuan,saya berangkat kemasjid ntuk menunaikan Sholat Jumat.

Setelah pulang dari masjid, kembali saya menjalankan misi untuk menjadi S5 (Suami-Suami Siaga Setiap Saat) lebih meningkat statusnya dari kemarin yang S3, istri saya sesekali merasa kesakitan namun seketika hilang begitu seterusnya, saya sudah tidak sabar membawanya ke Bidan namun dia menolak, tepat pukul 14.00 hendak terbang ke alam mimpi yang indah namun seketika tersentak karena air ketuban istri saya pecah & berceceran, panik bukan kepalang & segera melaju bersama kuda besi kesayanganku.

Sesampai di tempat praktek sang Bidan, alhamdulillah beliau stand by di tempat & langsung dilayani, karena belum waktunya lahir (9 bulan kurang 3 hari) namun tanda kelahiran sudah ada sang Bidan terpaksa memberi infus guna merangsang lebih cepat proses kelahiran. Sambil menunggu proses kelahiran, saya tak tega melihat istri saya merintih kesakitan, air mata sebenarnya sudah mau berjatuhan namun tetap saya berusaha menahan, menghibur penuh canda agar sedikit melupakan rasa sakitnya.

Hingga alunan adzan magrib begitu nyaring terdengar, kondisi istri saya masih tetap, tak tega meninggalkannya namun saya bilang hanya sebentar saja untuk menunaikan sholat magrib di musholla. Setelah saya sholat kembali menemani istri saya dalam kondisi yang benar-benar merasakan sakit luar biasa, berkaca-kaca linangan air mataku tak jatuh juga imajinasiku terus menerawang membayangkan inikah perjuangan seorang ibu melahirkan sungguh betapa berdosanya aku yang pernah sengaja & tidak sengaja melukai hati ibuku. Adzan isya pun menyeru bertalu-talu semakin terasa dekat kelahiran istriku, erangan kesakitan, cakaran hingga genggaman erat tangan telah ku terima bertubi-tubi, aku ikhlas biar akupun juga rasakan seperti apa yang istriku rasakan.

Tepat hampir pukul 08.00 malam, tangisan lantang anakku pertama kaliku dengar memecah suasana & membuat kami yang ada disana bernafas lega & mengucap syukur sedalam-dalamnya atas kuasa Allah SWT. Sejenak sujud syukur & menunaikan sholat isya, air atau pun mulai berjatuhan ketika aku bersujud mengucapkan rasa syukur, sewaktu sholat pun tangisan anakku semakin lantang terdengar hingga tak ku sadari ketika duduk membaca tahiyat akhir, air mataku terus berjatuhan seperti air mengalir deras & kurasa getaran hati yang makin menggelora didada.

Aku menghampiri anakku, tetap menangis lantang, semakin ku dekatkan wajahku dan aku lantunkan adzan meski suaraku tak begitu merdu namun seketika itu anak diam seperti orang yang sedang menikmati tidur & mimpi indahnya, hati terus berdebar & air mata pun berjatuhan, inikah air mata bahagia itu...? yang jelas aku sangat bersyukur atas karuniaMU & segala kuasa MU di kehidupanku.

Ali Syaban Fardani
(Fardan/Ardan)

Pertama kali ia menghirup nafas di dunia fana ini, ia memiliki berat 3,7 kg, panjang 50 cm dan aku sematkan doa di sebuah nama Ali Syaban Fardani. Dimana di bulan mulia ini aku berharap kamu menjadi anak yang membawa keberkahan yang tinggi, kebijaksanaan hati yang tinggi, pintu ampunan & pintu rizky yang tinggi & tak lupa aku berharap jika kelak engkau menjadi pribadi yang rendah hati & senantiasa memuji Illahi Yang Maha Tinggi dalam memberikan anugerah ini & mengizinkanmu menghirup nafas  di dunia ini dalam keadaan yang sangat membahagiakan.



للَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ ياَ ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ اَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ . اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي وَ اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ. اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ . اَمِيْنَ



Ya Allah, Dzat Pemilik anugrah, bukan penerima anugrah. Wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan. Wahai dzat yang memiliki kekuasaan dan kenikmatan. Tiada Tuhan selain Engkau: Engkaulah penolong para pengungsi, pelindung para pencari perlindungan, pemberi keamanan bagi yang ketakutan. Ya Allah, jika Engkau telah menulis aku di sisiMu di dalam Ummul Kitab sebagai orang yang celaka atau terhalang atau tertolak atau sempit rezeki, maka hapuskanlah, wahai Allah, dengan anugrahMu, dari Ummul Kitab akan celakaku, terhalangku, tertolakku dan kesempitanku dalam rezeki, dan tetapkanlah aku di sisimu, dalam Ummul Kitab, sebagai orang yang beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik dalam melakukan kebajikan. Sunguh Engkau telah berfirman dan firman-Mu pasti benar, di dalam Kitab Suci-Mu yang telah Engkau turunkan dengan lisan nabi-Mu yang terutus: “Allah menghapus apa yang dikehendaki dan menetapkan apa yang dikehendakiNya dan di sisi Allah terdapat Ummul Kitab.” Wahai Tuhanku, demi keagungan yang tampak di malam pertengahan bulan Sya’ban nan mulia, saat dipisahkan (dijelaskan, dirinci) segala urusan yang ditetapkan dan yang dihapuskan, hapuskanlah dariku bencana, baik yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui. Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, demi RahmatMu wahai Tuhan Yang Maha Mengasihi. Semoga Allah melimpahkan solawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat beliau. Amin.


Terima kasih atas doa-doa sahabat blogger semua, restu Illahi di iringi doa dari kalian semua kini aku bisa merasakan anugerah yang begitu besar & tak lupa mensyukurinya sepenuh hati. Semoga ini adalah awal yang baik untuk memulai segala sesuatunya bagiku & juga keluargaku. amin
Selengkapnya...

Kamis, 14 Juli 2011

Menjemput Rejeki

Ku buka mata ini
Kusambut pagi yang cerah ini
Ku langkahkan kaki menjemput rejeki Illahi
Walau dingin begitu merajam sekujur tubuh ini


Aku tak peduli tetap langkahkan kaki
Jalanan demi jalanan aku telusuri
Berharap keranjang ini terpenuhi
Semoga mencukupi anak istriku nanti

Aku datangi rumah demi rumah
mengais sampah demi sampah
Walau mereka memandangku mata sebelah
Tak jarang melampiaskan amarah

Maafkan kami tuan yang baik hati
Kami hanya ingin menjemput rejeki
Cukuplah hina diri ini
Janganlah kau tambah tuduh kami pencuri

Lihat burung itu datang pergi
Menjemput rejeki dari Illahi
Mereka hanya dianugerahi sebatas naluri
Pulang kembali membawa kebahagiaan berarti

Seperti itulah kami
berharap rejeki & kebahagiaan hari ke hari
tak lupa tetap mensyukuri
Dan inilah caraku menjemput rejeki

Selengkapnya...

Rabu, 13 Juli 2011

Kado Pernikahan Terunik & Penuh Filosofi


Kado Pernikahan adalah sesuatu yang kita berikan kepada pasangan yang melakukan pernikahan, bentuknya pun beragam mulai dari barang hingga uang. Namun seiring berkembangnya zaman yang mana semua orang menganggap lebih praktis & efisiens lebih banyak dari mereka memberikan kado pernikahan dalam bentuk uang.

Keanekaragaman dalam memberikan kado pernikahan sangat bermacam-macam, sebagai pasangan yang baru menikah setahun yang lalu saya pun masih ingat dengan jelas apa saja kado pernikahan yang teman saya berikan mulai dari uang hingga barang. Kalau di desa tempat saya tinggal biasanya dalam memberikan kado pernikahan dari orang tua biasanya dinamakan dengan istilah sonjo,koleman atau buwuh. Dimana para tetangga,kerabat ataupun saudara menghadiri pernikahan dengan memberikan beras,mie,gula bahkan uang semata ini mungkin sudah tradisi & mempererat silaturahmi dan semuanya itu bertujuan kebaikan. Sebenarnya dalam memilih kado pernikahan semuanya tergantung dari sang pemberi & penerima juga harus bijak menerima segala apa yang di beri karena semuanya pasti akan bermanfaat bagi shohibul hajat & kedua mempelai.

Menempuh kehidupan rumah tangga adalah sebuah perjalanan babak baru dalam kehidupan. Kado pernikahan yang paling unik dalam suatu pernikahan bentuknya bermacam, contoh yang bisa saya ambil disini waktu saya menikah saya banyak mendapatkan kado unik , bermanfaat & kaya akan filosofi kehidupan.


Ini bukan saya mau promosi handuk lho ya, tapi ini adalah kado pernikahan yang juga banyak saya terima dari sahabat saya & sahabat istri saya ketika kami di pelaminan satu tahun yang lalu. Pertama saya heran memang saya jarang mandi ya, kok banyak yang kasih kado handuk, bukan berarti saya ngresulo atau memandang sebelah mata namun dari sana saya memandang jika pernikahan itu semuanya adalah ibadah & mengharap Ridho Allah maka jika ingin ibadah sempurna mesti harus sering membersihkan diri & mendekat kepada Illahi.


Jangan takut ini bukan macan beneran melainkan ini adalah celengan berbentuk macan yang juga saya dapat sebagai kado pernikahan, dari sini saya memandang jika kehidupan dalam berumah tangga semua keperluan rumah tangga secara otomatis kedua mempelai yang mengatur segala kebutuhan dalam kehidupan berumah tangga, celengan ini berfungsi sebagai pengingat kepada saya & istri untuk gemar menabung karena kebutuhan hidup bermacam lebih banyak kebutuhan yang tak terduga sehingga alangkah lebih bijaknya bila kita bisa menyisihkan sebagian rejeki & penghasilan jika suatu saat membutuhkan dengan mudah kita ambil secukupnya sesuai kebutuhan.


Kado pernikahan yang juga terbanyak saya dapatkan adalah gelas, berlusin-lusin gelas cantik cantik begitu terhampar ketika saya & istri membuka satu persatu kado pernikahan. Apakah dengan dengan ini mereka mengingatkan agar kami senantiasa hidup seperti gelas, yang mana galas-gelas kosong itu harus diisi dengan air & kita bisa meminumnya, filosofinya sebagai dua insan yang mengarungi rumah tangga harus selalu saling mengisi & berbagi ketika kekosongan hati itu melanda, ketika kegundahan itu melanda kita harus mengisi kekosongan itu demi menjaga cinta itu tetap bersemi dihati & menciptakan kesegaran, kesejukan serta ketentraman hati diantara kami.


Kado pernikahan terunik yang terakhir yang kami dapat adalah sandal, jangan ketawa dulu sobat dari sini kembali saya diingatkan jika dalam berumah tangga tentunya kita harus berhati-hati dalam melangkahkan kaki, semua keputusan & kebijakan kita sendiri yang menentukan namun kita juga harus selalu ingat jika dalam berumah tangga harus saling seiring jalan dengan pasangan.



” Artikel ini saya tulis sebagai Wedding Anniversary Gift bagi para sahabat yang mensyukuri hari ulang tahun pernikahannya pada bulan Juli 2011 ” .
Selengkapnya...

Senin, 11 Juli 2011

"Poetry Hujan : Sebanyak Rintik Hujan"

Sebanyak rintik hujan
Terima kasih yang ingin ku persembahkan
Kepadamu yang telah berikan
Kehangatan saat dingin menyerang
Kasih sayang ketika aku menangis lantang


Sebanyak rintik hujan
Terima kasih yang ingin kupersembahkan
Kepadamu yang telah ajarkan
Kebaikan yang kau tanamkan dari indah lakumu
Kejujuran yang kau tanamkan dari manis tutur katamu
Keimanan dalam setiap sembah & sujudmu


Kau bagaikan cahaya didalam gelap
Menuntunku menapaki jalan luas yang masih pekat
Kau bagaikan malaikat
Tak pernah lelah memberiku nasehat


Kini aku tahu
Bagaimana perjuangan kerasmu waktu itu
Kini aku rasakan
Semua pengorbanan & kasih sayang tulus yang kau berikan
Kini aku sadari
Semua apa yang telah kau beri tidak akan bisa terganti


Aku menangis lantang
Engkau pun datang
Ku fikir kau akan mengeluh
Tidak, tidak, aku salah kira terhadapmu
Senyuman itu terpancar dari wajahmu
Pelukan hangat itu mendarat ditubuhku
Kecupan sayang itu berayun-ayun di pipiku


Sebanyak rintik hujan
Terima kasih ku persembahkan
Kepadamu yang mempunyai sosok Tuhan
menuntunku berjalan meraih kebaikan


Terimalah segala maafku ibu
Dengan segala kerendahan hatiku
Aku bersimpuh dikakimu
mengharap RidhoNya atas Surga yang ada di telapak kakimu


Puisi ini diikutsertakan pada Kuis “Poetry Hujan” yang diselenggarakan oleh Bang Aswi dan Puteri Amirillis
Selengkapnya...

Minggu, 10 Juli 2011

Sihir Televisi & Lagu Dewasa Romansa Cinta

Keponakanku Namanya Lora

" Berikan cintamu, juga sayangmu, percaya padaku, kukan menjagamu hingga akhir waktu menjemputku "

" Bertahan satu ciiiiiiiinnnnta,,,,,, bertahan Satu C,,,,I,,,,N,,,,T,,,A"

Itulah sepenggal bait lagu cinta yang seharusnya diperuntukkan khusus remaja & usia dewasa namun ponakanku yang baru berumur lima tahun aja udah fasih menghafal lirik lagu tersebut & menyanyikannya. Aku & istriku sangat heran mengapa anak sekecil ini sudah bisa menghafal lirik lagu cinta yang sedemikian rupa, bukan menyalahkan lagu-lagu mereka namun sepertinya media informasi seharusnya memberikan peran penting dalam memberikan pendidikan yang baik terhadap tumbuh kembang anak & membentuk karakter anak.

Mengapa media informasi sekarang begitu gencar mengekspos sebuah lagu-lagu cinta & tontonan hiburan yang notabene disana tidak ada pendidikan yang baik untuk anak. Seingat ku waktu masih anak-anak lebih begitu banyak lagu anak-anak yang dapat dengan mudah kita dengar & tonton ditelevisi, contoh yang paling aku suka Si jago mogok, terus juga ada Tasya, chikita meidi, joshua & yang lainnya. Namun sekarang sepertinya media informasi ini berlomba dalam mengisi acara untuk orang-orang dewasa dengan tema cinta & tetek bengeknya hingga melupakan acara yang mendidik kreatifitas & imajinasi serta tumbuh kembang anak padahal itu adalah suatu yang penting untuk masa depan bangsa ini karena di tangan anak-anak inilah kelak kita bertumpu harapan menjadikan bangsa yang berkembang & mempunyai jiwa yang baik.

Zaman memang sudah berubah jauh, dari segi teknologi & informasi begitu mudah sekarang kita mendapatkannya namun kita juga harus jeli & memfilterisasi manakah yang layak untuk anak-anak dan manakah yang tidak. Sepertinya lagu-lagu cinta sekarang ini lebih banyak namun lagu anak-anak serta tayangan tentang anak dalam melakukan aktifitas yang menumbuhkan imajinasi,kreatifitas dalam membentuk karakter mereka sepertinya sudah jarang di temui kalaupun ada pastinya mereka sudah di jejali tontonan yang sifatnya menghibur semata nilai pendidikannya tidak ada.


Aku tidak menyalahkan Doraemon,Bernard Bear,Oscar oasis, dan juga Sponge Bob yang selama ini menghibur keponakanku. Dia bisa tertawa riang & berimajinasi namun sayang sekali seandainya saja tontonan itu di isi ataupun disisipkan pendidikan disana pastilah lebih sangat efektif untuk anak-anak. Lihat saja dalam Doraemon ada sosok Nobita yang malas sekali dalam belajar & lebih suka menggunakan kemudahan dengan meminjam alat doraemon, setidaknya itu bisa mempengaruhi karakter anak untuk bermalas-malasan & lebih memilih untuk memudahkan sesuatu dalam melakukan kegiatan.

Apa yang mereka lihat & mereka dengar begitu mudah anak-anak mercernanya & mengimajinasikannya serta mencoba mempraktekkan dikehidupan yang nyata, kalau selama ini hingga nanti mereka terus saja di jejali tontonan seperti ini selayaknya kita harus kembali belajar dari orang tua kita dulu. Dimana orang tua dulu selalu memberikan sesuatu yang baik untuk kita dengar,kita rasakan, & kita contoh serta kita terapkan dalam kehidupan kelak karena darisana orang tua menanamkan kebaikan & membentuk karakter yang baik untuk anak agar kelak menjadi anak yang membanggakan bagi dirinya,orang tua, agama serta bangsa & negara ini.

Orang tua ku dulu selalu bercerita & mendongeng sebuah kisah yang sangat indah & berhikmah. Bukan hanya waktu akan tidur saja mereka bercerita & mendongeng kepadaku mungkin memang begitu pentingnya dongeng & pesan yang ingin disampaikan orang tuaku kepadaku. Orang tua ku memberiku sebuah dongeng tentang Malin Kundang, dimana disana seorang ibu yang penuh kasih sayang mendidik seorang anaknya yang bernama Malin Kundang namun setelah beranjak dewasa dia berpura-pura lupa akan ibunya hanya demi menjaga harga dirinya hingga sang ibu pun dengan kuasa & izin Tuhan mengutuk Malin Kundang menjadi batu. Dari sana aku belajar untuk tidak menjadi sosok Malin Kundang yang durhaka kepada ibunya & belajar lebih jauh tentang kasih sayang & perjuangan seorang ibu dalam memberikan kasih sayang serta menjadi sosok yang baik seperti mereka inginkan. Tidak hanya itu dongeng yang orang tuaku berikan ada kisah bawang merah & bawang putih,kancil, dan masih banyak dongeng,fabel & juga legenda berhikmah yang lain, yang orang tuaku ceritakan padaku.

Melalui tulisan ini saya berharap setidaknya kita semua bisa menyikapi bagaimana seharusnya kita membantu tumbuh kembang anak & mendidik karakter yang baik untuk mereka. Kalaupun media informasi (televisi) telah menyihir mereka dengan tontonan yang seperti itu selayaknya kita berikan mereka sentuhan yang berbeda dari dongeng & cerita. Karena dari sanalah orang tua berharap & membisikkan kebaikan untuk anak agar kelak sang anak menjadi yang membanggakan bagi dirinya,orang tua,agamanya serta bangsa & negara.



Semoga dengan adanya buku dongeng Peri-Peri Bersayap Pelangi
akan merubah keadaan & fenomena serta dilema tentang tayangan & pendidikan anak yang dihadapi saat ini serta melepaskan sihir fatamorgana bagi mereka.

Artikel ini di ikutsertakan giveaway Peri-Peri Bersayap Pelangi yang di gelar Galaksi Pungky
Selengkapnya...

Uji Otak Uji Keberuntungan

Assalamualaikum sobat netter, salam sejahtera, semoga di hari libur ini tetap semangat menjalani aktifitas. Kali ini saya ingin sedikit merefresh kembali otak setelah sekian lama tidak pernah mikirin sesuatu yang njlimet soal berhitung. Bisa bayangin nggak selama tiga tahun di SMA saya selalu menghitung uang ratusan, jutaan, hingga milyaran namun sayang cuma hitung doang uangnya nggak ada (kalau anak IPA biasanya ngledekin anak IPS ngitungin duit setan,hehehehe). Terus apa hubungannya refresh otak sama berhitung....?.

Menjawab tantangan Mbak Fanny di postingan Uji Otak Berhadiah Novel dimana disana mengharuskan menjawab soal berhitung seperti ini,

5+3+2 =151022

9+2+4 =183652

8+6+3 =482466

5+4+5 =202541

6+5+9 =305479

Lha kok bisa, soalnya tambah-tambahan dengan angka kecil bisa menghasilkan angka segitu banyaknya,hehehe. Ini mesti minjam alatnya Doraemon buat nyelidikin, atau minta bantuan detektif Conan aja (udah gede masih aja suka ngayal,,,,hehehehe). Sepertinya ini mesti buka rumus Aljabar & Phytagoras atau buka semua buku akutansi dengan segala rumus keseimbangan neraca (nggak perlu segitunya kalee....hehehe). Tunjek poin aja wes, saya ambil sisi paling gampang aja dari kelima contoh diatas,

5+3+2 =151022

5x3=15 ,5x2=10 ,10+15-3=22
15 10 22

Nah ketemu juga jurusnya,hehehe. Sekarang tinggal menjawab pertanyaan yang diajukan di acara ini,

7+7+7=
7x7=49 , 7x7=49 , 49+49-7=91
jadi jawabannya 494991

Saya yakin pasti benar (pede banget sih lo,,,,hihihihi), Wah akhirnya selesai juga, semoga saja saya beruntung, kalau beruntung saya ingin Novelnya Zona Tsunami karya Dewie Sekar lumayan buat belajar & nambah wawasan,hehehehe

Akhirnya fresh juga nih otak tinggal makan bakso otak biar semakin mantabsss.hehehehe
Selengkapnya...

Jumat, 08 Juli 2011

100 Cerita

Assalamualaikum sobat netter, semoga hari ini hari yang cerah buat anda semua. Tak terasa begitu cepat rasanya bergulirnya waktu hingga sudah menjelang weekend akhir pekan setelah kita semua braktifitas dalam pekerjaan. Kali ini saya hanya ingin sekedar bernostalgia dengan semua catatan yang saya torehkan di blog sederhana ini.

Sejak pertama saya mengenal dunia blogger pada tanggal 26 januari 2010 belum pernah terfikir akan mencapai sebanyak ini catatan diblog sederhana yang saya beri judul Flash Catatan Si Bay dengan url flash-myflash.blogspot.com yang kini berganti Bata Kata Sebuah Nama Sebuah Cerita (http://batakata.blogspot.com/) memang awal pertama ngeblog semangat terus menggebu namun dari catatan yang saya torehkan saya berfikir masih begitu banyak seharusnya saya belajar, dari menulis artikel hingga cerita fiksi.

Sebenarnya dalam menulis apapun yang terlintas di fikiran bisa saja kita torehkan, namun kembali saya teringat salah seorang blogger kawakan memberi nasehat jika blogger jangan cuma nulis namun ada tugas yang di emban, karena disini kita menulis & memberikan informasi maupun berbagi tetap harus memberikan nilai pendidikan karena blog adalah media informasi yang pembacanya terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa. Bagaimana jika tulisan kita sampai keliru dalam penyampaian informasi tentunya pembaca yang dirugikan & di sesatkan.

Disini selama kurang lebih enam bulan saya eksis ngeblog begitu banyak hikmah yang saya ambil dari seluruh sahabat blogger yang eksis sebelumnya. Tak jarang juga sahabat blogger menyampaikan kritik membangun hingga kritikan pedas kepada saya semata mereka hanya ingin saya bertambah wawasan & lebih merenungkan makna dari kegiatan ngeblog itu itu sendiri. Bagi saya ngeblog adalah media untuk kita berbagi informasi,inspirasi, bertukar pendapat, saling memotivasi, menjalin silaturahmi, menambah wawasan dalam belajar yang tetap harus mempunyai tanggung jawab moral etika dalam ngeblog.

Dengan kita membaca posting dari sahabat tak jarang kita menemukan inspirasi & inovasi baru dalam menulis, ibarat padi yang bertatapan dalam mesin penggilingan yang kemudian menghasilkan beras. Membaca adalah suatu kegiatan yang menyenangkan & menambah wawasan, dalam pandangan Islam sendiri mengajarkan agar kita selalu membaca. Melalui media ini mari kita semua semarakkan & giatkan kegiatan menulis & membaca, nggak ada ruginya kita melakukan itu semua, segala sesuatu yang dilandasi ibadah semuanya tidak akan berujung kesia-siaan, sekecil apapun kebaikan yang kita tebarkan isyaallah kita gapai manfaat yang begitu besar bagi diri sendiri maupun orang lain.

Melalui posting ini saya ingin mengucapkan terima kasih & penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh sobat netter yang selama ini sudah memberi input tentang blogging kepada seorang blogger beginner seperti saya. Kalianlah inspirasiku dalam berkarya, imajinasiku dalam menggoreskan kata demi kata.



Terima kasih untukMU Ya Rabb, yang tak pernah berhenti memberiku inspirasi, menjamah hatiku ketika hampa kurasa, berikan secercah cahaya ketika aku terbelenggu gelap, terima kasihku untuk baginda Rasul -MU yang telah mengajarkan seluruh hambanya mencari kebenaran sejati, meniti langkah demi langkah mengharapkan RidhoMu untuk hidup sejahtera didunia & akhirat.

Terima kasih kepada kedua orang tuaku atas semua curahan kasih sayangmu & sosok Tuhan yang ada dalam dirimu yang telah menuntunku dijalan kehidupan, istriku yang tak pernah berputus asa menemaniku dalam suka maupun duka, jangan pernah lelah temaniku, sahabat dunia mayaku Kang Djangan Pakies,Nyayu Amibae,Ratnawati Utami,Hariyanti Sukma,Iffa Hoet,Bunda Loving,MasBro,Lozz Akbar,Brigadir Kopi,Gaphe,Lilyana thia,Ejawantah,Yudi Darmawan,Uni Fitray,Bunda Lili Dont Worry,Sukadi,Yhantee,Sofyan,Aina dan semuanya yang tak bisa kusebut satu persatu kalian semuanya adalah inspirasiku, imajinasi tiada henti menemaniku dalam menumpahkan kata-kata.

Semoga Bata Kata menjadi sahabat kecil yang menemani kalian semua dalam berkarya,berbagi, & menjalin tali silaturahmi

Bukan seberapa banyak Bata Kata berkarya namun seberapa banyak karya Bata Kata memberi manfaat, entah sebesar cahaya lilin entah sebesar cahaya kunang-kunang ataupun seberkas cahaya bintang di langit temaram. Mumpung belum Ramadhan nih, Bata Kata meminta maaf bila selama ini ada karya-karya saya yang tidak berkenan di hati pembaca ataupun sikap saya yang mungkin kurang tepat di hati sahabat semua ketika bersilaturahmi di rumah maya sahabat semua. Indahnya hidup ini bila saling berbagi & saling memaafkan segala kesalahan.


Selengkapnya...

Kamis, 07 Juli 2011

Kejutan dari Kota Tulung Agung

Assalamualaikum sobat netter, semoga di hari yang cerah ini semua dalam keadaan yang baik-baik saja & tak kurang satu apapun. Kali ini saya sedikit bercerita tentang ke isengan beberapa hari yang lalu (iseng ngapain yu...? jadi penasaran...?). Begini ceritanya, waktu saya berangkat pagi-pagi ke tempat kerja, seperti biasa saya langsung duduk manis dimeja komputer & melang lang di dunia maya. Karena ide bikin postingan sudah ngadat, bumpet bin buntu saya pun membuka akun facebook, mau update status di fb saya juga bingung mau nulis apa, selang beberapa menit saya melihat update status salah satu teman saya di fb yang berisi tautan.

Iseng-iseng saya klik tautan teman saya tersebut, ternyata isinya adalah sebuah pengumuman kontes Secret Gvieaway dimana dalam acara tersebut saya semuanya serba dirahasiakan (hadiahnya rahasia, pemenangnya juga rahasia, mungkin biar lebih surprize...hehehe). Setelah saya baca syarat & ketentuannya saya pun iseng coba-coba ikutan & langsung mengirim email kepada shohibul hajat.


Saya yang belum mempunyai ide apapun untuk posting di Flash Sebuah Nama Sebuah cerita yang sekarang berganti Batakata (http://batakata.blogspot.com/), Akhirnya saya iseng nyari ketersediaan nama url untuk sebuah blog dokumentasi yang akan saya persiapkan untuk buah hati saya kelak. Namun disana saya tidak menemukan nama url yang cocok & tersedia akhirnya tiba-tiba dua kata melintas diotak Batakata, saya cek ketersediannya juga ada, terlintas ingin membuat blog baru namun sepertinya sayang banget karena postingn di flash sudah begitu banyak akhirnya url flash-myflash.blogspot.com itu yang saya rubah menjadi batakata.blogspot.com, jadi buat sobat netter yang masih masang link flash-myflash segera di ganti aja dengan batakata.blogspot.com (promosi dikit,,,,hehehe).

Semangat baru terasa kembali di sanubari, hampir setiap hari saya posting sehingga sedikit lupa dengan event yang saya ikuti secara iseng kemarin (hehehe). Akhirnya ketika sehabis sholat ashar saya pun membuka outlet saya, setelah saya buka tak lama kemudian hape saya berbunyi saya lihat nomornya tak dikenal (sapa ya...? jangan-jangan teroris,,,hehehe). Saya pun tak ragu menerima panggilan tersebut.

Saya : "Hallo , assalamualikum.... ..."
Penelpon : "Walaikum salam, mas Arif Bayu ya...?"
Saya : "Iya benar, maaf ini dari sapa ya,,,,?"

Penelpon : " maaf mas, saya dari Tiki, mau mengirimkan paket dari tulung agung, saya sudah ada di tutul (nama desa tempat tinggal saya), rumah mas arief sebelah mana nih...?"

Saya : "bapak sekarang posisinya ditutul mana ya,,,?"
Penelpon : "saya berada didekat Mts MIBU,,,,"
Saya : "Wah kejauhan itu pak, bapak kembali lagi setelahnya SMPN 1 Balung ada sebuah outlet cat merah disana..."

Penelpon : "oh ya mas , saya segera kesana....."


Tak berapa lama kemudian petugas pengirim paket tersebut datang, saya pun bertanya-tanya. Ini kiriman dalam rangka apa ya pak....? siapa yang mengirim ini pak....?, namun sang petugas hanya jawab "saya sendiri nggak tahu" (wah ini orang tahu apa pura-pura dalam perahu, masak nama pengirimnya gak ada). Setelah saya menandatangani nota tanda terkirim & diterimanya barang petugas pun memberikan paket tersebut & langsung cabut.

Kiriman Paket dari kota Tulung agung yang saya terima

Ternyata setelah saya buka disana ada sebuah surat yang di muka amplopnya tertulis http://ameliasaga.blogspot.com "The Winner Of Secret Giveaway" barulah saya ingat kalau kemarin yang secara iseng daftar & ikutan acaranya mbak Amelia Saga, ternyata saya termasuk yang beruntung dari empat pemenang yang di undi oleh mbak Amelia Saga. Terima kasih banyak mbak, Secret Giveaway telah membuat saya terkejut sore kemarin.


NB: Postingan ini bukanlah untuk pamer ataupun riya, ini adalah ketentuan sebagai pemenang yang diwajibkan posting setelah kirimannya terkirim secara tiba-tiba.
Selengkapnya...

Selasa, 05 Juli 2011

Sebuah Nama Sebuah Cerita

Assalamualaikum, semoga hari ini sahabat blogger semuanya dalam keadaan yang membahagiakan & tak kurang satu apapun. Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang perjalanan kecil kehidupan seorang front liner (kuli jaga toko) yang merangkap sebagai blogger tepatnya blogger beginner.

Saya adalah seorang pemuda kelahiran 1989 di Jember, aktifitas saat ini sebagai front liner & marketing disebuah usaha dagang & jasa pengisian pulsa yang sudah saya rintis selama 4 tahun bersama kakak kandung saya. Memang ketika saya lulus SMA di tahun 2007, orang tua saya berusaha & berharap saya bisa melanjutkan ke perguruan tinggi untuk menambah ilmu & kelak bisa menjadi Pegawai Negri seperti sosok ayah saya yang selama beberapa tahun yang lalu mengabdi & menjadi guru yang penuh inspirasi mendidik & memberikan ilmu kepada anak didiknya (sekarang beliau pensiun). Namun hati nurani saya seakan berontak melihat keadaan orang tua saya yang usianya semakin senja & masih harus memikirkan biaya pendidikan anak-anaknya (kami terdiri 4 saudara), memang kakak saya semuanya telah mengenyam pendidikan perguruan tinggi, tentunya orang tua saya juga ingin saya bisa seperti mereka & menjadi penerus ayah yang menginginkan salah satu anaknya kelak menjadi guru (kakak saya tidak ada yang ingin jadi guru).


Semua saudara dari ayah saya (paman,bibi, dll) banyak menasehati saya untuk bisa kuliah & menuntut ilmu lebih tinggi namun hati ini sudah tak bisa dipaksa lagi karena saya tidak ingin orang tua saya diusia senja masih memikirkan biaya pendidikan & saya fikir saya bisa belajar dimana saja & kapan saja. Akhirnya kakak saya pun yang juga baru lulus dari STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negri) & sudah menikah serta punya momongan namun belum bekerja mempunyai ide kreatif mengajak saya terjun di dunia usaha (biar nggak nambah deretan nama pengangguran). Melihat kondisi pasar waktu itu begitu gencar bisnis jasa pengisian pulsa (outlet,counter), saya & kakak saya mencari informasi kemana pun tentang bagaimana membuka usaha seperti itu (waktu itu memang minim sekali informasinya, selain itu prosesnya juga lama), saya bertanya-tanya kepada outlet-outlet yang telah lama berdiri dikota saya namun mereka seperti tutup mulut & acuh tak acuh (mungkin merasa akan tersaingi).

Saya & kakak saya tak putus asa & akhirnya Allah memberikan kuasanya, kami pun mendapatkan info tentang bagaimana cara mendirikan sebuah usaha yang ingin kami geluti, lewat sosok yang benar-benar belum kami kenal dekat sebelumnya tapi sudah seperti saudara, beliau menjelaskan detail banget cara-caranya & berdagang yang baik dalam pandangan Islam (beliau ini masih famili ulama ternama di Jember, selain mengajar santri beliau memiliki bisnis sampingan outlet), subhanallah hidup benar-benar penuh kejutan, orang-orang yang menyerukan kebaikan ternyata masih bertebaran.

Akhirnya tepat tanggal 27 agustus 2007 kami pun berhasil mewujudkan keinginan kami untuk mendirikan usaha dagang & jasa (telekomunikasi), alhamdulillah usaha kami berjalan lancar sehari bisa menghabiskan 1-2,5 juta pulsa yang terjual tak ayal setiap hari kami bisa mengantongi 200 ribu lebih keuntungan bersih menjual pulsa (belum hp & aksesoris) & begitu banyak penghargaan dari operator yang kami terima. Roda terus berputar begitu istilah orang bilang tapi memang benar perlahan saya rasakan penghasilan kami terus merosot & semakin banyak outlet-outlet bertebaran disamping itu kebijakan operator dalam tarif semakin murah sehingga sangat berpengaruh dalam penjualan pulsa, ternyata sekarang sudah jauh berubah namun saya hanya bisa memetik hikmah bahwasannya dunia ini terus berputar kadang kaya kadang miskin begitu pula sebaliknya hanya sikap bijak & pandai menyikapi serta tetap bersyukur pada Illahi.


Itulah intermezzo jati diri saya, berkaitan dengan kegiatan ngeblog saya akan coba jabarkan. Pada awalnya saya tidak tahu menahu tentang ngeblog karena sudah begitu asyik dengan situs facebook, secara tak sengaja saya melihat tautan kang Lozz Akbar , saya pun mengkliknya, saya pun terkesima begitu indah tulisannya & begitu banyak komentar dikolom komentar, karena penasaran ketika kami chat saya pun menanyakan banyak hal tentang blogger kepadanya, Alhamdulillah beliau berkenan memberikan informasi tentang ngeblog kepada saya. Akhirnya tepat tanggal 26 januari 2010 telah saya rintis sebuah blog Flash catatan sibay (sekarang berganti http://batakata.blogspot.com/).

Sejak saat itu semangat ngeblog & berbagi lewat tulisan begitu menggebu dibenakku, hampir setiap hari saya posting bahkan satu hari bisa dua posting (ini orang kemaruk banget ya,hehehe) yah selagi ide itu masih berhamburan. Saya pun terus mencoba belajar dari kang Lozz Akbar dalam menulis diblog, lalu kemudian saya bertemu mbak Nyayu Amibae pemilik blog cerita hujan dari sana saya belajar menulis fiksi (cerpen,cerbung dll) & dari sanalah saya mengenal kang Djangan Pakies..

Berhubungan dengan kang Djangan Pakies yang kemarin memposting artikel Suit Spentin Giveaway , pertama saya ingin mengucapkan Selamat ulang tahun yang ke 17 untuk kang Djangan Pakies, semoga di usia dewasa ini semakin matang dalam membina rumah tangga, diberikan kemudahan dalam segala hal, menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah serta mendapat kebahagian & keselamatan dunia akhirat (amin, saya berharap seluruh sahabat blogger yang membaca ini ikut mendoakan).

Menurut saya artikel pembuka awal kang Djangan pakies di postingan Suit Spentin sangat bagus & sangat perlu direnungkan bagi setiap insan ( termasuk saya sendiri, kepala keluarga yang baru membina rumah tangga & masih perlu banyak belajar dari mana saja, kapan saja, apa saja). Saya juga kurang setuju dengan orang yang mengambil keputusan untuk mengakhiri bahtera rumah tangganya dengan alasan sudah tidak ada kecocokkan, apalagi saya sangat tidak suka bila ada orang berkata "barangkali jodohku dengannya cukup sampai disini", lalu kenapa menikah & berikrar dihadapan penghulu & banyak orang dalam satu ikatan suci jikalau akhirnya harus kandas seperti itu. Dua insan yang berikrar dalam satu ikatan suci itu sudah jodoh selanjutnya tinggal dua insan tersebut membawa jodoh (ke jalan yang di ridhoi Allah atau sebaliknya).

Menikah bukanlah hal yang main-main, karena bukan sehari dua hari kita menjalaninya tetapi untuk selamanya, hingga usia senja tetap memegang teguh ikrar suci, suka maupun duka lalui bersama itulah warna warni kehidupan. Hidup penuh kejutan, satu menit satu detik masih gaib & kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi, sebatas manusia hanyalah kepadaNya kita berserah diri dari segala daya & upaya yang telah kita usahakan, dari segala khilaf yang kita perbuat.

Bagiku sosok kang djangan pakies tentunya lebih dewasa & begitu banyak pengalaman dalam mengarungi rumah tangga, merasakan pahit manisnya kehidupan, gigih & getirnya perjuangan seorang kepala rumah tangga yang memikul tanggung jawab keluarga, semoga saya bisa mengambil pelajaran dari jenengan kang & sungguh bukan maksud hati saya menggurui namun hanya ingin sekedar berbagi & menorehkan inspirasi, Semoga pernikahan jenengan langgeng & Ridho serta Hidayah Allah selalu bersama keluarga anda.

Berkaitan dengan aktifitas ngeblog saya nih kang, yang sebagai front liner (kuli jaga toko), pekerjaan saya nih memang bisa dikatakan santai ya santai, sibuk ya buk mesibuk,,,,hehehe. Saya sendiri sangat mensyukuri, saat ini melalui media blog saya banyak menemukan sosok yang penuh inspirasi disini yang bisa membuat saya memaknai hidup lebih berarti, mensyukuri nikmat Illahi sepenuh hati.

Saya bekerja kalau dulu waktu pertama buka usaha ini, setiap jam 06.00 pagi saya buka tempat usaha ini & tutupnya jam 09.00 hingga 10.00 malam, menjemput riski lebih awal biar rejekinya nggak dipatok sama ayam. Namun sekarang sudah jauh berubah ketika saya menikah saya sudah tidak tinggal bersama keluarga di tempat usaha saya kang, sehingga saya sedikit merubah jadwal, kakak saya yang buka jam 07.00 pagi, saya datang di outlet sekitar jam 08.00 (maklum mempersiapkan semua kebutuhan rumah tangga sama istri & sarapan bareng sama istri) selebihnya saya jaga full hingga jam 08.00 kadang sampai jam 09.00 malam.

Pertama saya datang di outlet saya biasa bercanda bersama kakak & orang tua saya, namun jika harus stand by saya pun langsung menuju meja komputer & langsung online di temani secangkir kopi melang lang ke dunia maya,

Saya beraksi di dunia blogging bersama komputer yang setia menemani saat bekerja & melang lang di duni maya

Saya pun memulai ngeblog pagi biasanya lebih sering blogwalking (terkadang juga posting) karena biasanya pagi lumayan banyak pelanggan yang ingin isi pulsa, jadi saya tak ingin konsentrasi membuat postingan itu terpecah ketika pelanggan datang & juga konsentrasi pengisian pulsa bisa optimal (kalau nggak optimal pulsanya nyasar terus sapa yang mau ganti,,,hehehe)

Front liner sedang melayani customer disela-sela blogging

Saya biasanya melakukan aktifitas ngeblog (blogwalking & posting) biasanya 2-3 jam selanjutnya saya biasanya memilih bersantai, bernyanyi dengan iringan gitar walaupun nada sumbang yang dihasilkan (yah itung-itung refreshing). Ketika asyik-asyik bernyanyi tiba-tiba melintas didepan outlet saya,


Sosok itu menjemput rejeki

Saya pun tertegun sejenak & menghentikan alunan nada sumbang saya, photo ini saya ambil bukan bermaksud mendeskreditkan & mencari sensasi ataupun lainnya namun dari sinilah saya belajar berkaca diri mencoba meresapi nikmat Illahi yang tersaji selama ini, selama ini saya masih begitu nikmat bekerja dengan santai, duduk menikmati kopi, main game dikomputer, online,blogging & menunggu pelanggan (didatangi rejeki) sementara di depan saya melihat sosok itu orang yang sudah tak muda menjemput rejeki dengan sekuat tenaga ia kayuh sepeda & ia susuri jalanan demi jalanan berharap ada sebuah rongsokan kemudian ia kumpulkan, tak jarang ia dituduh mencuri jika ia masuk rumah kerumah mengais sampah demi sampah. Subhanallah, sungguh Allah itu maha adil dalam membagi rejeki, saya sejenak berharap & berdoa semoga sosok itu mendapatkan rejeki yang ia harapkan mampu mencukupi keluarganya amin (saya harap ikut mendoakan ya yang membaca ini).

Allah maha adil dalam memberikan pelajaran kepada umatnya semata agar mata hati kita peka terhadap lingkungan & orang-orang disekitar kita. Kita boleh berkhayal terlalu tinggi namun sepatutnya kita berkaca diri melihat kebawah bukan mendongak keatas seraya tak peduli & membusungkan dada karena semua ini hanyalah titipan Illahi,bijak menyikapi, pandai membaca hati bukan cerdas diatas kertas culas diatas pentas.

tepat pukul 13.30

Saya pun menutup sementara outlet saya & memajang tulisan diatas

Kalau di awal pertama kami membuka usaha biasanya full jaga hingga malam dengan sistem bergantian dengan kakak saya, kali ini sedikit merombak di karenakan saya lebih sering jaga sendiri sekarang & biasanya kalau siang memang agak sepi. Dari sini saya menyikapi, di sela kegiatan ngeblog & melayani pelanggan saya sejenak meresapi alunan Adzan dhuhur yang menggema di rongga dada setiap muslim ini begitu hikmat & damai, saya hanya ingin ada senggang waktu buat istirahat sebentar antara jam 13.30-15.00, saya bisa sejenak mandi, sholat & berdzikir menyebut asma Allah & makan serta beristirahat hingga menunggu Adzan ashar terdengar kemudian sholat & membuka usaha ini. Ini saya lakukan semata agar tidak begitu cinta terhadap duniawi & lebih mensyukuri nikmat Illahi, saya yakin jikalau rejeki takkan kemana & ternyata itu sangat bernilai positif bagi diri kami & usaha kami.


"Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Allah akan beri kelapangan dan rejeki tak terduga. Dan siapa bertawakal kepada Allah maka Dialah yang mencukupinya, Sesungguhnya Allah sangat tegas dalam perintahNYA dan Dialah mentaqdirkan segala sesuatu"

Itulah sedikit perjalanan kecil kehidupan blogger beginner sekaligus frontliner disebuah outlet. Semata bukan untuk menggurui namun hanya berbagi & menorehkan inspirasi. Kita disini tak hidup sendiri dengar bisikan kebaikan hati abaikan ajakan syetan jadilah blogger yang penuh inspirasi, hidup bukan seberapa banyak apa yang kita dapat melainkan seberapa banyak kita memberi manfaat.

Djangan Pakies

Artikel ini diikutsertakan Suit Spentin Giveaway kang Djangan Pakies
Selengkapnya...

Senin, 04 Juli 2011

S3 (Suami-Suami Siaga)


Assalamualaikum sobat netter, semoga awal hari yang penuh aktifitas tetap semangat pagi yang menyeru dalam hati. Sudah lama juga saya tidak bercerita tentang my darling yang sedang menanti buah hati, memang sejak beberapa bulan kemarin saya sering mengisi postingan mengenai kondisi kehamilan istri saya, kali ini saya ingin sedikit berbagi kabar terkini kehamilan istri saya.

Ketika pertama kali saya menikah, saya memang tak ingin menunda memiliki anak karena seorang ulama yang saya temui sebelum saya menikah beliau mewanti-wanti saya "jika pertama menikah jangan nunda anak, istilahnya doa sang pengantin baru sangat di ijabah Allah Swt, soal rejeki ora usah kuatir gusti Allah iku adil lek bagi", kurang lebih seperti itu wejangan yang saya dapat, setelah bertunangan selama satu tahun saya memantapkan hati untuk menikah dengan niat memperbaiki ibadah & karena mengharap ridho Allah semata.

Awalnya ibu mertua saya berkeinginan agar kami menunda anak dulu, namun rupanya bukan saya saja yang ingin cepat punya anak, istri saya juga sudah tidak sabar ingin memiliki anak. Setelah beberapa bulan menikah kami juga belum juga dikaruniai anak, kondisi seperti saya tidak ingin berburuk sangka terhadap illahi & istri, kamipun mencoba introspeksi diri, kakak kandung saya pun memberikan pendapat mungkin aktifitas diantara kami terlalu sibuk terhadap pekerjaan yang sama-sama ditekuni saat itu, saya sebagai front liner yang sok sibuk,hehehe, istri saya sebagai tutor bimbingan belajar dirumah & sebuah lembaga.

Setelah berintrospeksi diri perlahan saya pun menyuruh istri saya untuk sedikit mengurangi aktifitas dalam bekerja sebagai tutor bimbel yang banyak menyita waktu,tenaga,fikiran (muridnya ketepatan waktu itu banyak banget), dan saya pun juga menerapkan pola itu. Alhamdulillah menerapkan pola banyak beristirahat & menghindari stress kamipun berhasil melihat hasilnya, siang-siang istri saya merasa mual, saya pun merasa kalau dia pasti hamil, karena tak ingin hanya penasaran saja, saya pun pergi ke apotek membeli test pack, alhamdulillah hasilnya positif (jingkrak-jingkrak,mencak-mencak,hehehe).

Jadi bercerita dari awal nih,hehehehe, sebelumnya saya kan nggak certa awalnya nah diatas sudah saya ceritain. Kemarin hari Jumat saya mengantar istri ke bidan buat periksa kandungan, sebelum magrib saya mendapat sms dari istri saya yang mengatakan dia pusing banget & pengen cepet periksa ke bidan (tensi darahnya turun), selepas adzan Magrib saya pun bergegas pergi, sesampainya dirumah istri, sejenak kami sholat magrib kemudian langsung ke TKP.

Budayakan Antri, antri kok dibudayakan,,,hehehehe

Sesampai di tempat praktek bidan kami mesti bersabar, karena sudah banyak antrian ibu mengandung & menyusui yang juga ingin periksa. Kami pun duduk dikursi ruang tunggu, asyik-asyik nyantai salah satu ibu-ibu yang saling kenal berbincang-bincang kurang lebihnya seperti ini,

Ibu 1 : "umur berpa bulan anakmu sekarang...?"
Ibu 2 : "Udah 3 bulan, ini aku periksain soalnya pilek & batuk"
Ibu 1 : "anakmu yang pertama gimana...? sudah sekolah belum...?"
Ibu 2 : "masih Tk...."

*pembicaraan mereka terhenti sejenak, tiba-tiba ibu 2 nyeletuk begini,

Ibu 2 : " Perasaan, orang yang melahirkan tiap hari selalu ada, yang hamil juga gitu semakin banyak yang periksa kandungan "

Ibu 1 : "Iya, sekarang melahirkan,besoknya ada lagi, sekarang ada yang periksa kandungan besoknya ada lagi.."

Pembicaraan yang cukup aneh itu membuat saya berkata dalam hati "orang indonesia pinter banget ya bikin anak.... nggak sukses tuh KB nya"hehehe.

Ditengah obrolan mereka saya pun iseng-iseng jeprat-jepret photo istri saya,

Sedikit gemukan, perut yang sudah membesar & turun kebawah


Itulah kondisi istri saya saat ini diusia kandungannya menginjak 9 bulan, perutnya sudah semakin besar & melorot (saya berharap semoga Allah beri kemudahan kelak istri saya melahirkan). Setiap pagi tak pernah lupa istri saya bangun pagi & jalan-jalan, olahraga kecil-kecilan (persiapan buat melahirkan). Namun kondisi yang saya khawatirkan sekarang adalah tensi darah istri saya yang rendah, saya pun tak pernah berhenti menasehatinya untuk makan ikan & daging buat nambah darah, suplemen & multivitamin juga ta lupa. Saya berharap semoga diberikan kelancaran dalam proses persalinan, bayinya selamat ibunya pun selamat,amin.

Aku pun tak akan pernah lelah menjadi suami siaga, bukan karena aku suami takut istri (sussis), bagiku tidak ada suami takut istri tapi mereka menghargai & menghormati istri sebagaimana wanita bukan diciptakan oleh tulang kaki & akan dijadikan alas kaki, wanita itu diciptakan dari tulang rusuk, untuk dipeluk & dijaga kehormatannya.
Selengkapnya...

Minggu, 03 Juli 2011

Ganti Nama

Assalamualaikum sobat netter, semoga dihari yang cerah ini tetap semangat menjalani aktifitas apapun dalam keadaan tak kurang satu apapun. Kira-kira sudah pada kemana nih acara liburannya...? semoga apapun yang anda lakukan akan membawa dampak positif bagi diri anda sendiri & orang-orang disekeliling anda.


Langsung aja wes, kali ini saya hanya ingin sekedar bercerita tentang sebuah nama yang sudah saya gunakan di blog yang sudah saya rintis beberapa bulan kemarin, sebenarnya dari awal saya merasa ada sedikit yang rasanya mengganjal dari nama blog yang saya pakai, ketika pertama kali ingin menamai blog saya saat pertama membuka situs WWW.BLOGGER.COM difikiran saya hanya terlintas nama FLASH, yang nota bene adalah nama Redaksi majalah dinding tempo dulu ketika masih SMA, namun ketika saya mengecek ketersediannya ternyata tidak ada, yang tersedia hanya flash-myflash.blogspot.com, saya fikir tak apalah namanya sedikit panjang & ada tanda penghubungnya.


Namun kemarin-kemarin secara sengaja saya membaca postingan Komandan Blogcamp yang menuliskan tentang sebuah nama url yang mudah diingat, awalnya saya tidak begitu mempedulikannya karena saya fikir sudah terlanjur memberi nama blog saya flash dengan url flash-myflash.blogspot.com. Berawal dari keinginan mempersiapkan sebuah blog untuk dokumentasi buah hati saya kelak, saya pun mengutak atik kata untuk mencari ketersediaan url di blogspot, sekiranya saya tidak menemukan nama yang cocok dengan selera saya buat buah hati saya kelak, tiba-tiba iseng-iseng cek ketersediaan nama url, terlintas dibenak saya dua kata yaitu BATA KATA, saya pun cek ketersediaannya ada, tiba-tiba saya berfikir mengapa saya nggak bikin blog baru lagi...? tapi saya kembali berfikir dua kali apalagi sudah begitu banyak catatan yang terkumpul di flash-myflash.blogspot.com. Saya pun berfikir ingin mengekspor seluruh postingan flash-myflash.blogspot.com ke blog yang akan saya buat namun sepertinya itu mustahil (alah emang elunya aja nggak bisa, ngaku aja deh,,,,hehehehe).

Iseng-iseng saya googling, tiba-tiba saya menemukan postingan cara mengganti nama url blogspot, saya kembali berfikir gimana kalau url flash-myflash.blogspot.com saya ganti dengan batakata.blogspot.com (karena saya fikir tidak perlu repot mengekspor seluruh postingan saya di blog yang baru), entah apa yang terjadi saya pun menggerakkan jari jemari saya untuk masuk ke dashboard akun blogger saya, dan jadilah


http://batakata.blogspot.com/


Bukanlah bermaksud apa-apa dengan mengganti url namun saya hanya ingin berganti nama yang pas & sekiranya gampang diingat dengan harapan & semangat baru berbagi lewat tulisan.  Walau terpaksa kembali memperkenalkan lagi nama url yang baru.


Selengkapnya...

Sabtu, 02 Juli 2011

Ketika Burung Bernyanyi


Lihat burung itu, begitu ceria menyambut pagi, seolah tak ada yang membebani, ia tetap bernyanyi menyambut pagi walau dingin terus menyelimuti.

Ketika burung itu bernyanyi, suatu pertanyaan membisik dihati, mengapa engkau begitu ceria menyambut pagi...? bukankah pagi ini dinginnya embun pagi masih begitu sangat terasa, apa yang sekiranya membuatmu begitu bahagia...? tidakkah kamu lihat di sekelilingmu masih begitu banyak manusia yang terlelap & menutup rapat tubuhnya dengan selimut....?


Ia seolah tak peduli dengan isi hatiku, ia kepakkan sayapnya tinggi diawan & semakin jauh dari pandanganku. Seandainya aku punya sayap sepertimu akau akan mengejarmu & bermain bersama di atas awan, dibias sinar sang mentari, menukik kanan kiri, memandangi anugerahi Illahi yang Maha Tinggi.



Ah begitu bodohnya aku yang berkhayal terlalu tinggi, tapi setidaknya hari ini kau memberiku pelajaran berarti wahai burung pagi yang bernyanyi.

Ketika engkau bernyanyi sempat aku berburuk hati kepadamu, seolah kau mengejekku dengan semua ketidakmampuanku saat ini. Tapi aku tepis jauh perasaan itu, karena tak baik buatku berburuk hati kepadamu yang tak akan mengerti keadaanku. Mengapa kamu bernyanyi & terus bernyanyi, kepakkan sayapmu, semakin bingungku terhadapmu, seketika mata hatiku pun terbuka.


Terima kasih yang begitu besar & teramat dalam Tuhan, kau telah menegurku lewat burung pagi yang bernyanyi.



Selengkapnya...