Minggu, 13 Maret 2011

Lewat Radio

Wah ini terinspirasi dari Mas Bro karena dari komentar beliau kapan hari maka saat ini saya wujudkan ke dalam posting ini. Dulu sewaktu saya masih SMP saya cenderung lebih suka dengerin radio,dari radio juga yang memacu saya untuk belajar lebih tentang musik. Ketika kelas dua SMP saya merasa iri dengan teman saya ketika saya lihat dia begitu lihai memainkan senar gitar & menghasilkan irama yang indah. Seketika itu saya ingin bisa main gitar,kebetulan kakak sulung saya beli gitar pada waktu itu jadi saya bisa sambil belajar.


Hehehehe....sory ya sobat blogger gitarnya udah tua banget,ini aja saya baru ngambil dimuseumnya,(lebai.com). Berapa tahun sudah usia gitar ini & kondisinya sudah 60% rusak,jadi ya terpaksa saya museumkan,hihihihi. Tapi walaupun begitu saya sangat sayang dengan gitar ini,banyak banget kenangannya. Pada awal saya belajar main gitar dulu saya pakai gitar ini, saya masih ingat lagu favorit & lagi hits waktu itu adalah lagunya peterpan mimpi yang sempurna & ungu jika itu yang terbaik, dua lagu itu yang memotivasi saya belajar gitar,tiap hari saya mantengin radio nunggu lagu itu diputar(ndeso.com)hihihihi. Keseringan dengerin radio jadi mudah menghafal lirik lagu tersebut jadi saya tinggal belajar kunci/grip, kebetulan dua lagu itu gripnya gampang banget. Setiap hari saya nyanyiin lagu itu,sampai-sampai teman saya bilang,"Awan bengi,mati orep lagu iku ae yu seng koen nyanyikne...",wah temen saya ini mengkritik saya,ya saya santai saja jawabnya maaf ya lagi belajar dengan sedikit tengsin.hehehehe

Perlahan-lahan saya mulai terbiasa main gitar & mencoba lagu-lagu lain dengan bermacam-macam grip yang berbeda. Alhamdulillah walau tidak semahir Andra Ramadahan & Piyu PADI tapi lumayanlah buat ngilangin stress saya mainkan gitar seenak mungkin,hihihihi. Karena termotivasi ingin tahu & melangkah lebih jauh,akhirnya saya waktu kelas 3SMP membentuk sebuah grup band yang personilnya teman satu kelas saya. Karena faktor saya banyak & mudah hafal lyrik lagu mereka menunjuk saya sebagai vokalis dalam grup band tersebut,awalnya saya nggak pede namun lama terbiasa jadi enjoy. Sama-sama dalam proses belajar waktu itu saya benar-benar merasa kesulitan namun karena saya tidak malu bertanya akhirnya ada temen yang cukup mahir yang selalu memotivasi saya & grup band saya agar tetep eksis. Tiba saatnya show time,ketika itu saya masih inget waktu perpisahan sekolah saya membawakan lagunya THE RAIN "Dengar Bisikku" & sebuah lagu aransemen teman saya yang mahir ciptain lagu. Alhamdulillah teman-teman cukup terhibur dengan penampilan perdana saya & teman-teman waktu perpisahan walaupun awalnya sempat tidak izinkan karena saya tidak mengikuti gladi bersih,hehehehe(asline mekso).

Kebiasaan mantengin channel radio itu saya teruskan menginjak SMA & sampai kini karena ternyata saya rasakan banyak manfaatnya. Sewaktu SMA dulu saya sering kirim salam di acara SAPA(salam para muda PROSALINA) merupakan suatu wadah buat anak-anak muda untuk berbagi salam & request lagu. Stasiun yang sering saya pantengin memang PROSALINA karena saya suka lagu-lagunya update & penyiarnya yang ramah & bersahabat,("Jadi kangen Silvy sama Yeni,penyiar yang gokil banget & akrab sama saya...maaf ya buk...kira-kira tau nggak ya mereka aku omongin...hihihihihi").

Ketika saya lulus dari SMA,kebiasaan dengerin radio tidak saya tinggalkan,saya masih ingat waktu itu ada sebuah lomba di radio prosalina yang membuat jingle lagu untuk sponsor produk operator seluler. Saya sangat tertarik mengikuti lomba tersebut, waktu itu langsung saya gerak cepat dengan teman-teman saya membuat sebuah jingle,dalam tempo sesingkat mungkin jingle itu jadi & saya kuasai lyriknya,langsung saya daftarkan lewat sms,setelah beberapa hari saya ditelfon dan harus siap menyanyikan jingle tersebut live via telpon. Alhamdulillah saya lolos babak penyisihan & langsung masuk ke jajaran 25 besar,disitu saya masih harus bersaing ketat dengan peserta lain lewat dukungan sms. Alhamdulillah teman-teman saya banyak yang mendukung sehingga saya lolos masuk kejajaran 5 besar setelah melewati persaingan yang begitu ketat. Ketika masuk 5 besar saya harus menyanyikan jingle tersebut secara live didepan halaman prosalina & langsung dinilai dewan juri,tidak pernah menyangka ketika dewan juri mengumumkan bahwa saya yang terpilih menjadi juara 1 waktu. Tidak terbayang betapa sangat bahagia, waktu itu saya dikasih hadiah satu buah handphone cukup elegan,("Sayang g bisa didokumentasi soalnya hpnya udah aku jual...hihihihihi...(lebai.com)").
Ini dia radio yang menemani saya membuat saya jadi termotivasi untuk berbagai hal yang memicu kreatifitas saya,("Radio butut gitu elu pamerin yu.... gak papa dech.....narsis.com....hehehehe").

Lewat radio itu saya terus pantengin,semua channel & acara radio sering saya cari karena saya ingin memperkaya informasi,eh ternyata betul juga dengan begitu saya sering ikutan kuis interaktif diradio,hadihnya lumayan lho, pernah dapet uang,kaos,kaset,merchandise & souvenir dll.("pamer.com")hihhihi nggak sia-sia siang malem mantengin radio. Ditahun 2010 kemarin saya juga secara tidak sengaja dengerin radio tepatnya masih dichannel kebanggaan saya,ternyata digelar lagi lomba membuat jingle dari operator selluler yang sama,tertarik kembali saya ingin mengikuti lomba tersebut,dua hari setelah saya dengar informasi tersebut saya langsung berangkat kejalan karimata jember untuk daftar & langsung record jingle yang sudah saya siap nyanyikan. Jingle itu langsung diputar dimalam harinya diacara SAPA & mulai banyak kontestan yang tertarik mengikuti lomba ini. Sekitar ada 15 grandfinal termasuk saya yang terpilih & akan tampil secara live di jalan kalimantan didaerah kompleks ruko. Dengan penuh semangat saya berangkat semobil sama kakak & tunangan saya malam itu,langsung saya daftar ulang & nunggu giliran unjuk gigi. Wah ternyata seru banget acaranya & banyak juga bonusnya,ketika tiba waktu pengumuman sangat merasa grogi & deg-degan saya,ketika menginjak pengumunan juara 2 saya langsung maju dengan gembira karena saya fikir waktu itu nomor urut daftar ulang saya yang dipanggil ternyata bukan,("ampun dj mau taruh dimana ni muka....kelaut aja dech,hihihihi"),penyiarnya langsung olok-olokin aku dengan gaya becandanya yang sok cool...("Maaf ya Yen...hihihi"). Ketika juara satu yang diumumkan,alhamdulillah saya berhasil menjadi juara bertahan dilomba jingle tersebut selama dua periode.
Ini dia hadiahnya brade yang masih bisa saya pertahankan sampai saat ini.(Pamer+lebai.com).

Ternyata lewat radio saya merasa bebas berekspressi & lebih tahu terhadap kreatifitas saya. Saya rasa memang berawal dari ketelatenan semua itu,dengan saya telaten mendengarkan radio saya jadi lebih berani mewujudkan semua harapan saya & alhamdulillah itu berhasil. Saat ini saya jadi terobsesi jadi vokalis dadakan seperti brade Lozz Akbar
yang sudah memiliki dua single lagu yang keren banget. Dalam hati saya sangat ingin sekali bisa langsung record & menikmati lagu yang sudah diciptakan sejak lama namun masih terkendala soal dana,mungkin suatu saat nanti saya akan menyusul brade Lozz akbar dengan merecord lagu-lagu yang udah saya ciptain lumayan buat koleksi & saya buat kenang-kenangan nanti anak cucu saya,(mimpi kali yee...).


Waduh foto sapa nech....? Sudah mulai terobsesi jadi musisi apa pengamen jalanan.hehehehe

Lewat radio atau lewat apa aja yang bisa merangsang kreatifitas kamu jangan pernah ragu untuk menggapai semua itu. Kita tidak akan pernah tahu jika kita tidak berani mencoba,jangan takut akan sebuah kegagalan karena kegagalan adalah sukses yang tertunda. Wah udah dulu ya sobat blogger, kayaknya aku mesti nganterin istriku pulang kerumah & melepas segala kepenatan hari ini.


13 komentar:

  1. wah ,aku juga seneng denger radio , kadang meski gak aku dengerin materi siaran ,yg penting serasa ada temen yg nemenin hihihi ...

    BalasHapus
  2. wah anak band yo Mas hehehe

    BalasHapus
  3. keren dan manteb mesti genjrengannya..bisa sampe menang gitu. dulu saya pengeen beli gitar, pas SMP udah punya gitar sekalinya semangat banget di awal.. sampe sekarang udah lupa gimana cara mainnya..cuman apal kunci D aja,

    laah, itu radio mirip punya saya dirumah.. merek Poly**on kan yak?

    BalasHapus
  4. Brigadir Kopi@ hehehe ya buat rileks aja mas .... biar gak suntuk....hhihihi

    Brade@ mantan mas....heehehe sekarang ben ngono....ben ngene...hheheheheh

    Gaphe@ iya mas merk itu ....hehehehe radio kuno ini mas....yapi banyak kenangannya....

    BalasHapus
  5. kayaknya di ranah blog radio lagi jadi topik hangat

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum sob...

    hmmm... duh, denger radio aku dah jarang karena dulu aku kerjanya di kabupaten gitu,, masih desa... memang ada sih, beberapa stasiun radio, tapi cuma sampai pukul 23.00, setelah itu bunyinya kresek..kresek.. alias ga da siaran, jd males... sampe sekarang jg jarang, paling juga streamingan klo koneksi ga lemot..wkwkwk

    nak, klo soal gitar, tuh aku punya,, tapi ga bisa mainnya,, waktu kuliah sih terobsesi pingin bisa main gitar, malah pake privat sama pengamen bus,,,tapi ya gitu.. karena kerjanya diluar kota,, sekarang malah lupa semua kunci grip nya,, paling yg ingat cuma C dan G , bisa lagu apa tuh pake C dan G,, wkwkwkwk

    BalasHapus
  7. hingga sekarangpun masih sering dengarkan radio sambil ngeblog...

    BalasHapus
  8. Walaikum salam mbak....
    hehehehe ...... buat nyegerin kuping sambil online mbak..... kalau lagi suntuk ya main gitar kebiasaan saya....hihihi

    Mas joe@ hehehehe sama berati mas....

    BalasHapus
  9. radio kadang menjadi teman keseharian kita, bahkan sampe tidurpuan selalu menemani pendengarnya. Itu dulu sekarang saya sudah jarang dengerin radio hehehe..

    BalasHapus
  10. Ass.wr.wb.
    Ini namanya hoby yg membawa berkah ya sob.

    Ditunggu dah rilies albumnya...^^

    BalasHapus
  11. keren ya bisa bikin tulisan sepanjang ini!
    radio saya di rumah dah ga pernah dihidupin, karena khawatir dioprek-oprek ma si kecil! :)

    BalasHapus
  12. Yayack@ hehehehe sekarang serba canggih memang mas tapi saya memang lebih suka dengerin radio....

    Mbak iffa hoet@ alhamdulliah mbak begitu..... insyaallah secepatnya jika semua udah siap....

    BalasHapus
  13. Bunda Mahes@ hehehehe salam kenal bunda terima kasih kunjungannya..... wah itulah masalahnya,,,,,hehehehe selamat pagi bunda semoga menyenangkan hari ini....

    BalasHapus

Berkata jangan terbata-bata
Bertutur jangan ngelantur
Bicara nggak pake spam ya
Bukan mengatur, budayakan berbudi luhur