Senin, 07 Maret 2011

Suwe Ora Jamu.

Dua hari ini cuaca benar-benar tak bersahabat, pagi,siang,sore ujan ditambah ujan abu gunung bromo, malam dingin banget. Kalau sudah seperti itu alamat kagak nahan jatuh sakit juga diriku.hiks....hiks.....(Lebay.com). Seharian aktifitas pulang agak malam dengan cuaca seperti itu hanya membuatku 2hari bertahan, alhasil tiap malam saya minta kerokin istri saya.hahahhaha (2lebay.com)

Biasanya kalau lagi sakit begini waktu masih kecil ibuku sering buatinku jamu tradisional yach walaupun rasane puaaaaittt puuuuollll, tapi terpaksa aku minum kalau nggak gitu ibuku bisa mencak-mencak..hihihihi(iam sorry mami bukan maksud hati). Tapi kalau sudah minum jamu khasiatnya langsung berasa, ibuku juga sering nasehati "Sering-sering jamu le, jamu iku apik nang awak, gak ono efek sampinge, coba kamu nguntal pil suwe-suwe koe lak budek", jadi tertawa sendiri kalau denger nasehat ibuku.

Waktu kecil dulu akupun sering susah buat makan, kasih makan lauk ini gak mau, itu gak mau, akhirnya ibuku bikin jamu dari temulawak,kunir,sedikit kencur & temu ireng yang diparut,diperas langsung diminumkan. kalau inget itu aduuuuuuh rasanya blekenek,hihihihi rasanya pahit sekali namun selang beberapa menit saja nafsu makanku pun sangat bergairah terhadap makanan kalau laper sedikit saja perut ini rasanya bernyanyi berjoget bersama cacing-cacing didalamnya.....(3lebay.com). Makan apa aja jadi lahap.

Kalau lagi sakit demam seperti ini ampun dah, ibuku yang sabar sering aku buat jengkel. Pasalnya kalau udah demam dulu wich nyusahin banget ortuku, minum obat gak mau,makan gak mau, apalagi jamu aduh ampun dj.....(Alay.com). Soalnya waktu kecil aku akrab dengan thypus kalau sudah menyerang penyakit itu waduh gak enak banget makan apa aja rasanya pahit, panas demam tinggi kalau nggak salah aku dulu dua kali masuk rumah sakit & menjalani rawat inap selama 10 hari gara-gara thypus.
Setiap hari diam terbujur dimatras kamar inap pasien & dilayani dokter yang sedikit membuatku jengkel. Betapa tidak setiap pagi,siang,malam dokter datang selalu bawa injeksi ketika panas & demamku menyerang langsung aja tancepin tu jarum. Aduh bayangin 10 hari dirumah sakit disuntik 3x sehari rasanya benar-benar menyakitkan udah demam gak turun-turun. Hari kesepuluh aku udah gak kuat wes bosen banget dirumah sakit, siang-siang itu aku tekad bilang sama ibuku,"Bu, balek ae wes, opo gak waras-waras percuma guwak biaya, gak ono asile blas", ibuku cuma diam aja tapi aku sudah tekad harus pulang saat itu juga, akhirnya selang infus & oksigen aku lepasin dari tubuh terus langsung pamit sekalian ngurus administrasinya. Lega banget terbebas dari tempat yang membuatku nelangsa.

Sesampai dirumah ibuku tak berputus asa untuk mencarikan aku obat agar cepat sembuh, ayahku pergi kepada orang pinter atau tabib yang metode pengobatannya lewat jamu. Ketika itu ayahku dapat resep seperti ini Kumis kucing, daun meniran, rumput alang-alang dll direbus jadi satu terus diminum. Awalnya aku tidak mau minum karena kufikir itu pasti sangat pahit sekali, faktor paksaan ibu & dorongan ingin cepet sembuh bonek wes langsung kuteguk jamu itu. Ternyata tidak begitu pahit rasanya,alhasil aku langsung ketiduran & keringat terus membasahi tubuhku. Alhamdulillah aku terbebas dari thypus yang menyiksa diriku berhari-hari.

Kini seiring bertambahnya usia, thypus tak lagi menyerangku tapi ganti radang tenggorokan yang seperti apa yang kurasakan saat ini. Radang tenggorokan ini mulai kukenal sejak aku masih status pelajar kelas 1 SMA, mungkin karena sering merokok & makan pedes,kecut, & air dingin tenggorokanku yang sensitif tak mampu bertahan. Rasanya juga gitu mau makan males,kemasukan makanan & buat ngomong sakit, badan meriang & nyeri pokoknya komplit dech rasanya.


Waduh kok ada gambar jamu kayagitu.hihihihiihi (2alay.com), tapi lucu juga ya, temen-temen barang kali aku punya salah maafin ya. Kalau punya resep jamu radang tenggorokan kasih tahu ya. Biar gak cenat-cenut ini tenggorokan & kepalaku biar bisa bloggeran lagi.(Maunya.com) Udah dulu ya sob.... Aku istirahat dulu.... Doain cepet sembuh yow....

Cerita ini hamya sekedar sharing & berbagi bukan untuk maksud & tujuan tertentu.
Sumber Gambar: Mbah Gugel

Google Translate:
"Sering-Sering jamu le, iku apik nang awak, gak ono efek sampinge,coba kamu nguntal pil suwe-suwe koe lak budek."= Sering-sering minum jamu nak, itu bagus dibadan, tidak ada efek sampingnya, coba kamu minum pil lama-lama bisa kurang pendengaran alias tuli bin hora krungu.hihihihi
"Blekenek"= g enak (iklan mie sedap mode on)hihihihi
"Bu, balek ae wes, opo gak waras-waras percuma guwak biaya, gak ono asile blas"= bu, pulang aja wes, apa gak sembuh-sembuh percuma buang biaya, tidak ada hasilnya sama sekali.

12 komentar:

  1. ahaahh, nasehate ibumu emang lucu...blak2an


    cepet sembuh ya, radang tenggorokan cobain adem sari aja :)

    BalasHapus
  2. Sue ora jamu rasanya ngelu
    Karena mikirin kamu
    Minum jamu ketemu
    Hilanglah rasa rindu

    Hehehe aku suka artikelmu, bagus....

    BalasHapus
  3. kesehatan adalah hal yang paling berharga dan penuh makna. yuk, kita jaga kesehatan dengan olahraga, berpikir positif, juga terus meningkatkan sisi spiritualitas kita pada-Nya. agar dia selalu memberikan kesehatan yang penuh berkah pada kita.. Amin..

    tetep semangat, karena sesungguhnya ketika kita sakit, itu adalah anugerah....

    salam persahablogan..

    BalasHapus
  4. Mbak ajeng@ hehehehe ya begitulah my mother.....
    makasi mbak sarannya ini udah agak mendingan...

    Mbak Anisa ayu@ Wah lihai sekali mbak samean bikin kata-kata jadi puisi....hihihihi terima kasih mbak .....

    Kang zico@ wah betul itu..... terima kasih kang sarannya..... salam persahablogan.....

    BalasHapus
  5. Karena jamu yang manjur darimu
    Mudah meluncurkan kata2 untukmu
    Semoga ga pada jemu dg coretanku
    Trimakasih untukmu....

    BalasHapus
  6. sing jelas jamu paling mujarab iku.. pijetane bojone dewe-dewe le hehehe

    BalasHapus
  7. wew, hobi ma jamu rupanya, saya seumur2belum pernah minum jamu,hehhe...:D

    salam kenal:)

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum Kang,
    kalo saya masuk angin serinya malah dikerok, padahal menurut dokter kurang baik. tapi semenjak mulai berolahraga dan istirahat yang cukup, ALhamdulillah jarang masuk angin

    BalasHapus
  9. Cuaca memang lagi nggak bersahabat. Moga2 kita semua diberi sehat, Amin..

    BalasHapus
  10. Mbak Anisaayu@ iya mbak terima kasih kunjungannya...hihihihi

    Brade Lozz@ Betul....betul.....betul....hihihihi

    Mbak nova@ makasih mbak kunjungannya..... enak lho jamu itu mbak gak ada efek sampingnya,,, salam keal juga mbak....

    Kang pakies@ Iya kang katanya sich gitu g baik kerokan.... terima kasih kang sarannya.....

    Masbro@ Amin mas.... thanks mas....

    BalasHapus
  11. balik ke jamu tradisional yah.. aman, sehat tanpa efek samping bahan kimia..

    satu jamu yang paling saya benci : brotowali.. yucks, gak enak banget rasanya.

    saya follow balik yah

    BalasHapus
  12. hihihihih betul mas Gaphe,,,, itu sangat pahit sekali mas gaphe...hihihihihi Trima kasih mas Gaphe follbacknya

    BalasHapus

Berkata jangan terbata-bata
Bertutur jangan ngelantur
Bicara nggak pake spam ya
Bukan mengatur, budayakan berbudi luhur