Sabtu, 26 Maret 2011

Tv kabel dan Antena Parabola


Aku ingin aku ingin begitu
ingin ini ingin itu
banyak sekali....
semua,semua,semua dapat dikabulkan
dapat dikabulkan lewat kantong ajaib.


"Ridwan, sudah kamu jangan nonton tv terus,kamu kan sudah kelas 3 SD, tugas & tanggung jawab kamu semakin besar nak" bu Arini berkata pada Ridwan yang sedang asyik menonton acara kesayangannya.
"Ya ma, sebentar lagi ma, Ridwan pengen nonton Doraemon ma" jawab Ridwan yang tetap asyik menonton Doraemon.
"Ya sudah , habis nonton Doraemon, kamu jangan lupa belajar ya nak, mama masih mau nyuci pakaian".

Ting... Tong....
Terdengar bel berbunyi,Ridwan bergegas membukakan pintu. Ternyata tamunya teman sekelas Ridwan.
"Lagi ngapain kamu Wan?" tanya Rama.
"Aku lagi nonton Doraemon Ram" jawab Ridwan.
"Wah kamu masih suka kartun doraemon? itu kan kartun yang ketinggalan zaman" ledek Rama.

"Ya nggak juga Ram, aku suka ceritanya lucu, kadang aku juga nonton Laptop Si Unyil, lucu & nambah pengetahuan lagi Ram".
"Hihihihi, acara aneh gitu masih saja kamu tonton Wan, itu acara udah nggak zaman sekarang, oh ya Wan, papaku sekarang masang Antena Parabola lho, enak banget Wan, aku bisa nonton semua acara didunia" ujar Rama sombong.
"Wah enak dong Ram, jadi pengen lihat Tv dirumah kamu".
"Ya udah nanti atau kapan aja kamu bisa kerumahku Wan, ya udah aku mau pulang dulu Wan, soalnya aku udah nggak sabar pengen nonton acara tv pake antena parabola". Rama pun beranjak pergi dari rumah Ridwan.

Menjelang malam seperti biasanya Ridwan belajar ditemani mamanya.
"Ma, mama gak pengen masang antena parabola? kan enak kita bisa lihat acara tv seluruh dunia" Ridwan membuka pembicaraan.
"Buat apalagi tho nak, lha wong kita sudah punya Tv kabel, kan sudah banyak channelnya disitu" Jawab bu Arini.

"Iya sich ma, tapi kan kalau pakai antena parabola kan lebih banyak lagi ma channelnya kan lebih asyik kalau milih acara Tv yang bagus" eyel Ridwan.
"Sayang nonton Tv itu jangan sering-sering, apalagi kamu kan masih anak-anak, acara ditelevisi itu sekarang jarang yang sifatnya mendidik, mama nggak pengen kamu lihat acara tv yang nggak baik buat kamu" bu Arini memberi penjelasan & nasehat pada Ridwan.

"Ya ma, Ridwan mengerti, Ridwan sering nonton acara Unyil ma tapi disitu banyak pengetahuannya nanti mama nonton bareng sama Ridwan ya? biar nanti mama ajarin juga Ridwan belajar".

"Iya sayang, mama pasti akan nemenin kamu buat belajar,kamu juga gitu harus sering baca-baca buku biar kamu nambah wawasan,buku itu gudang ilmu sayang, ya sudah sekarang mama bantu kamu buat belajar" jawab bu Arini sambil membuka buku pelajaran Ridwan.

***
Ting...Ting....Ting
Terdengar bel jam istirahat berbunyi, seperti biasanya Ridwan & teman-temannya bermain dihalaman sekolah. Tiba-tiba Rama datang & langsung membanting Joni teman bermain Ridwan. Joni pun menangis & mengerang kesakitan, akhirnya Rama pun dibawa keruang kepala sekolah.

"Kenapa kamu melakukan itu Rama? bukankah itu sangat membahayakan keselamatan temanmu" tanya Kepala sekolah.
"Maafkan aku pak, aku cuma ingin bermain karena aku melihat acara Smack Down di Tv Parabolaku itu nggak apa-apa meski dibanting-banting" jawab Rama sambil menangis tersedu-sedu karena takut dimarahi.
"Itu acara tidak semestinya kamu tonton nak, ya sudah nanti bapak kerumah orang tua kamu untuk memberi pengarahan agar kamu tidak sembrono dalam menonton acara Tv, sekarang kamu minta maaf sama Joni & masuk kedalam kelasmu".

Melihat kejadian itu,Ridwan semakin mengerti bahwa tidak semua acara televisi itu baik untuk ditonton & tidak perlu banyak channel untuk mencari sebuah acara yang patut ditonton. Kini ia selalu menonton televisi bersama ibunya untuk mencari acara yang berpengetahuan & bermanfaat untuk belajarnya. Disisi lain yang paling utama Ridwan juga belajar dari membaca buku.

Hikmah:
  • Tidak semua acara Tv itu perlu ditonton anak-anak karena anak-anak dengan mudah menyerap imajinasi tersebut & cenderung ingin tahu dengan mempraktekkannya.
  • Manusia makhluk visual yang belajar melalui melihat apa yang sudah ada dalam penglihatan & fikirannya.
  • Peran orang tua sangat penting dalam mengarahkan anak untuk memilih acara yang benar-benar bermanfaat bagi anak.



Cerita ini diikutkan Kontes Cerita Anak,dengan tema Teknologi Tepat Guna dan Bermanfaat dalam Kehidupan Sehari-hari.


Sekiranya teman-teman sudi memberikan tanggapan baik terhadap cerita ini, monggo kita share.






38 komentar:

  1. semoga sukses ya dengan kontes ceritanya

    BalasHapus
  2. Mas, rajin banget ngebuat ceritanya >.<

    moga salah satu artikelnya mas Bay menang, amin.

    BalasHapus
  3. Amin... terima kasih mbak ajeng,,,, memang aku sengaja mau ngirim tiga cerita buat kontes ini.... setelah itu santai lagi,,,,hehehehe

    BalasHapus
  4. Jadi perlu bimbingan ya ...
    eh iya sob .. boleh kritik gak ... ?
    Mr. Bean mu menggangu pas saya baca postingan hehehe .. maaf kalo cerewet ..

    semoga menang ya ..

    BalasHapus
  5. Acara TV, pengaruhnya sangat besar sekali jika orang tua tidak mendampinginnya.

    BalasHapus
  6. sama seperti Mas Hoedz... mr Beannya sangat mengganggu tuh

    BalasHapus
  7. Mantap imaji ew..Semangat ya postingannya kren..

    BalasHapus
  8. sukses buat kotesnya mas, moga menang yah:)

    BalasHapus
  9. untuk keadaan apapun, yg namanya anak kecil memang perlu bimbingan dari kita-kita yang sudah dewasa agar mereka gak jadi salah kaprah dsb mas ya :)

    BalasHapus
  10. hehee.. aduh koq sampe dibanting banting segala.. kan bukan smack down. gawat yah kalo sampe anak-anak nonton tv yang tidak untuk umurnya. perlu pengawasan ortu tuh.

    goodluck then!

    BalasHapus
  11. Moga-moga ceritanya menang yah...

    BalasHapus
  12. wah,aktif banget posting ama kirim cerita,moga menang.klu ada waktu,kunjungi blog ane ya

    BalasHapus
  13. Hoedz@ iya mas makasih dah tak delete mas.... makasih atas saran baiknya...hehehehe

    Zahra@ iya mbak betul sekali....

    Btade lozz@ oyi sam tak remove makasih sam masukkannya....hehehehe

    Insan@ terima kasih kasih sobat....

    Nova@ terima kasih mbak.... amin....

    BalasHapus
  14. Merliza@ sip.... benar sekali mbak....thanks ya...

    Gaphe@ iyaq betul...betul...betul,,,, thanks brade,,,,

    Ami@ terima kasih mbak..... amin semoga doa tulus mbak Allah ijab bayi....

    I-one@hehehehehe thanks.... oke nati au bewe kesana......

    BalasHapus
  15. gerojokan acara TV mengumbar segala mimpi membuat banyak orang terlena dari segala umur. Bener orang tua lah yang harus melakukan pengawasan dan bimbingan.
    Semoga menang Kang

    BalasHapus
  16. ceritanya bagus...semoga berhasil...

    BalasHapus
  17. Bagus banget ceritanya, mantap sangat....

    BalasHapus
  18. sukses ya ikut lombanya, n menang... :)

    BalasHapus
  19. Djangan pakies@ terima kasih akang... semoga doa akang didengar & dikabulkan ,,,, amienn

    Bunda loving@ amin... terima kasih bunda......

    Anisayu@ terima kasih mbak...

    Yhantee@ maien... terima kasih mbak...

    BalasHapus
  20. Ceritanya bagus nih.. memang acara televisi tak semuanya mendidik bagi anak2. Orang tualah yg harus selektif dalam hal ini.

    BalasHapus
  21. Banyak juga yg ikutan kontes menulis cerita anak ya? Aku sih pengen ikutan juga tapi gak pernah sukses nih buat nulis fiksi.
    OK... Semoga berhasil...!

    BalasHapus
  22. wahhh qu nonton sinetron terus,, berarti qu salah ya, besok qu harus nonton dora emon aja ..hehe

    sukses ya bayu dg kontes nya,, jangan lupa bakso mas jangkung kalo menang,, sate madura aja kalo kalahhhh .. yuaaaa :)

    BalasHapus
  23. siang-siang sembari makan siang ngeluyur blogwalking kesini mas..
    salam kenal..

    BalasHapus
  24. Acara TV sangat mempengaruhi perilaku anak, smacdown pernah terjadi disekolahku, sampai masuk berita TV nasional dan kehilangan biaya untuk urusan di polsek mas.

    makasih atas kujungannya, semoga berlanjut.
    saya juga follow

    BalasHapus
  25. the others@ coba aja mbak barang kaali berhasil mbak kan jago nulis....hehehehe terima kasih mbak Reni.......

    Uni@hehehehe bisa aja Uni, ya Uni semoga aku menang.... luamayan buat kasih istriku biaya melahirkan,,,,ehehehe

    Meidhy@ terima kasih salam kenal balik mas......

    Nyach@terima kasih kembali sobat.... segera ke tkp...

    BalasHapus
  26. sejak masih kecil sampai sekarang, ntar lagi punya anak aku masih suka nonton doraemon hhe..

    kadang banyak chanel TV malah bingung mau nonton apa..
    cuma pencet2 remote

    BalasHapus
  27. Geafry@ hhehehehe saya juga masih suka mas cuma sekarang jaang nonton..... terima kasih kunjungannya sob......

    BalasHapus
  28. Wah seru tuh.. kalo pada niru Smackdown

    BalasHapus
  29. ya maksudnya biar gak nonton acara yang gak patut ditonton anak-anak mas gitu... kok malah seru????????

    BalasHapus
  30. meskipun acara tv kabel adalah dunia anak, tapi saya rasa memang tetap butuh bimbingan orang tua.

    cerita yang sangat mendidik mas

    BalasHapus
  31. Yang penting jangan suka nonton sinetron aja..masalahnya jalan ceritanya suka gak jelas. Untungnya Diniku sampai sekarang tak suka akan nonton TV apalagi sinetron kecuali ipin upin, barbie dan dora.

    BalasHapus
  32. Negeri anak@ betul sekali,,,, terima kasih....

    Ibu Dini@hehehehe betul ibu Dini, ngajari gak baik tuch buat anak-anak isinya cinta2an gak jelas.....hehehe

    BalasHapus
  33. assalmualaikum sob...

    halaaah.. sdh lama aku ga ke sini ya... ini jg cuma bisa sebentar,, abis tertarik sama doraemon.. kan aku juga selalu nonton doraemon tiap hari minggu,,wkwkwkwk

    soal tv, aku jadi ingat waktu masih pendampingan di desa dulu,, desa ku itu sama sekali ga bisa nonton klo ga pasang antene parabola... sekalipun tetap maksa mau pake antene luar,, mesti pasangnya pake bambu panjang yang disambung2 setinggi langit.. itu juga semut di tv masih banyak...

    hikmahnya ga nonton ternyata berdampak baik tuk anak2,, karena mereka akan bermain aktif bersama teman2nya di luar rumah... ga cuma duduk anteng di depan tv.. hehe

    sampe sini dulu ya.. sebetulnya mau baca semua postingan,, tapi ga sempet... ntar aku balik lagi,, bye,, jember.... tetap semangat!!! semoga menang :)

    BalasHapus
  34. Walaikum salam mbak Amibae,hehehehe iya sudah lama aku kngen sama postingan & komen samean mbak.... iya mbak zamanku kecil malah cuma bisa nonton TVRI tok...hehehehe, terima kasih mbak dukungan & doanya ....amin

    BalasHapus
  35. semangat semangat semangaaat :D

    BalasHapus
  36. Julie@ terima kasih mbak julie....... :)

    BalasHapus
  37. Begini aja, acara2 di tipi lokal untuk anak-anak, acara2 di tipi luar (via tipi kabel) buat orang tua. :D

    BalasHapus

Berkata jangan terbata-bata
Bertutur jangan ngelantur
Bicara nggak pake spam ya
Bukan mengatur, budayakan berbudi luhur