Kamis, 24 Maret 2011

BBC




Berikan cintamu juga sayangmu.
Percaya padaku, kukan menjagamu.
Hingga akhir waktu menjemputku.

Kuberikan cintaku juga sayangku.
Percaya padaku, kukan menjagamu.
Hingga akhir waktu menjemputku.


Terdengar alunan lagu dari sebuah handphone BBC (Black Berry Cina)yang Rudi bawa disekolah & dia pamerkan keteman-temannya di jam istirahat sekolah.
"Wah keren sekali hp kamu Rud, ada lagunya ungu lagi" Rico membuka obrolannya dengan Rudi.
"Iya dong, ini hadiah dari ibuku yang kerja di malaysia, jadi biar enak aku ngomong sama ibuku yang jauh dimalaysia sana" jawab Rudi.
"Wah itu pasti mahal,boleh nggak aku pinjam sebentar? aku pengen lihat Rud" bujuk Rico.
"Ah nggak kok Ric,hp ini murah & terjangkau, ibuku ngirim uang ke bapakku, terus bapak sama aku yang beli di outlet hp dekat pasar krempyeng desa kita, cuma 300 ribu aja udah bisa dengerin musik,bisa foto lagi, ini kalau kamu pengen lihat hpku" Rudi memberikan hp Beri Berinya kepada Rico.
Rico memandangnya dengan sangat antusias, sesekali dia memainkan lagu-lagu dihp tersebut.
"Wah bagus sekali hp ini,andai aku punya hp seperti ini, aku pasti senang sekali" gumam Rico dalam hati.

Terdengar dering bel sekolah berbunyi, Rico & Rudi masuk kedalam kelas untuk mengikuti pelajaran selanjutnya di SD Tunas Bangsa. Pelajaran demi pelajaran telah berlalu. Rico pun pulang kerumah, dalam perjalanan Rico terus memikirkan andai dia punya hp seperti Rudi. Setelah dia sampai kerumah, Rico masih memikirkan tentang hp Beri Beri milik Rudi. Akhirnya malam itu ketika dia ingin belajar,Rico memberanikan diri untuk membicarakan keinginannya untuk memiliki hp Beri Beri.

"Yah selama ini kan aku nggak pernah minta apa-apa sama ayah & mama, aku ingin minta sesuatu sama ayah,nanti kalau aku juara 1 lagi dikelas aku minta beliin hp Beri Beri yah" ungkap Rico pada pada Ayahnya.
"Memangnya mau buat apa kamu megang hp? Kamu kan masih SD nak" jawab Pak Dolly.
"Iya kamu kan masih kecil nak, jadi nggak begitu penting pegang hp" ibu Rico menambahi.

"Tadi Rudi bawa hp bagus banget disekolah ma, kan Rico juga pengen ma punya hp kayak Rico biar bisa dengerin lagu & bergaya didepan teman-teman Rico"
"Itu nggak baik buat kamu sayang nanti kamu malah malas belajar karena keasyikan main hp, nanti kalau prestasi kamu turun gimana?" Pak Dolly balik bertanya kepada Rico.
"Aku janji yah kalau prestasiku turun, aku nggak akan pegang hp lagi & akan belajar rajin, gimana?" rayu Rico.

"Ya sudah ayah pegang janji kamu nak,pokoknya kalau prestasi kamu merosot ayah tidak izinkan kamu pegang hp lagi, ya sudah sekarang kamu belajar nak, ujian kan sebentar lagi, buktikan sama ayah kalau Rico berprestasi baru nanti ayah beliin hp".
"Asyik, terima kasih ya yah, ya sudah Rico mau belajar dulu" Rico berlari kegirangan & masuk kedalam kamar untuk belajar.

Tiba saatnya terima rapor ujian semester 1, ternyata Rico berhasil menjadi juara satu dikelasnya. Akhirnya Rico mendapatkan hp Ball Beri dari ayahnya karena telah memenuhi janjinya.



Ibu-ibu bapak-bapak siapa yang punya anak.
Tolong aku,kasihani aku, tolong carikan diriku kekasih hatiku.
Siapa yang mau?.


"Wah kamu punya hp juga Ric? keren sekali, aku boleh pinjam nggak" ujar Rudi.
"Pasti dong, ini hp keluaran terbaru mereknya Ball Beri, yang jelas lebih bagus ini dari Beri Beri kamu" jawab Rico dengan sombong.
Rico pun tiada henti memamerkan hp barunya pada semua teman-temannya dikelas. Dia juga tidak begitu mendengarkan pelajaran yang diterangkan malah lebih asyik memainkan hpnya.

6 bulan Kemudian


Tiba saatnya kenaikan kelas,begitu terkejut ayah Rico melihat prestasi Rico yang merosot drastis. Rico tak lagi juara satu,bahkan dia tidak masuk jajaran dari 5 besar prestasi kelas.

"Lihat sekarang, prestasi kamu turun kan Rico, ini karena kamu tidak menggunakan waktu belajar kamu dengan baik, dengan terpaksa ayah harus mengambil hp ini dari kamu". Pak Dolly berkata pada Rico seraya mengambil hp dari Rico.
"Iya yah, Rico minta maaf,gara-gara hp Rico tidak serius dalam belajar, sekarang Rico sadar hp tidak begitu penting buat Rico, Rico janji yah Rico akan belajar lebih giat lagi untuk meraih prestasi lagi" Jawab Rico.

Sejak saat itu Rico tak lagi memegang hp,ia sadar bahwa hidup sebagai pelajar harusnya belajar ,Rico lebih sering membaca buku-buku pengetahuan sekarang. Dengan sering membaca buku Rico semakin bertambah luas wawasannya.

Hikmah:
  • Tidak sedikit perhatian orang tua & anak yang terlena dengan hadirnya hp BBC yang menawarkan kesan murah fitur lengkap & gaya.
  • Seorang anak kecil belum bisa betul memanfaatkan teknologi dengan efisien tanpa pengawasan & bimbingan orang tua & guru.


Cerita ini diikutkan Kontes Cerita Anak,dengan tema Teknologi Tepat Guna dan Bermanfaat dalam Kehidupan Sehari-hari.


Sekiranya teman-teman sudi memberikan tanggapan baik terhadap cerita ini, monggo kita share.







33 komentar:

  1. hmmm... betul tuh sob,, btw,,, ikutan lomba ya?? hmmmm,, jadi pingin ikut juga,,, ke TKP dulu aaah.... trims ya... semoga menang!!!

    BalasHapus
  2. Ceritanya menarik bnget gan...Aku suka !

    BalasHapus
  3. Aku suka ceritanya sangat mendidik,,,,
    dan lagunya lagi aq suka dengerin tiap pagi jd semanat hehehe

    BalasHapus
  4. Ceritanya keren banget mas,,,Kebebasan memang harus di batasi,,terutama bagi seorang pelajar,,,!!
    Like this story,,,!!

    BalasHapus
  5. Inspiratif mas Bay, kebanyakan orang sekarang emang gampang termakan iklan, kalo produk ini ngeluarin ini, pasti deh pada ngeburu...beruntung sekali jika kita bisa memanfaatkan apa yang sudah kita punya,

    BalasHapus
  6. BBC saya kira yg siaran itu td, rupanya Black Berry china.hhaha:D

    BalasHapus
  7. Wah ikut kontes ya ..
    semoga menang ..

    kalo inget HP sama sekolah jadi inget jaman SMA .. pertama pegang HP ... hahahaha ..
    sekarang mah banyak bgt anak kecil yg pegang HP sambil dengerin MP3 nya tuh ...

    semoga postinagn kamu ini membawa berkah ya ..

    BalasHapus
  8. Nyayu amibae@ iya mbak..... amin....

    Inasn@terima kasih

    anisayu@hehehehe terima kasih... iya aku juga suka mbak lagu ini....

    mimi taria@terima kasih sob apresiasinya....

    BalasHapus
  9. Ajeng sari rahayu@ iya betul sekali mbak ajeng....

    Nova@hehehehe

    hoedz@ iya mas.... amien.... makasih ya mas...

    BalasHapus
  10. Wah, setuju tuh. anak2 semakin terlena dan melupakan kewajiban belajarnya hanya karena mempunyai hp...

    Semoaga sukses kontesnya...

    BalasHapus
  11. terima kasih sobat..... amin... semoga Allah meridhoi & mengabulkannya....

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaikum Kang
    kisah ini mungkin banyak terjadi di masyarakat, orang tua tanpa menyadari bahwa pemenuhan kebutuhan teknologi tanpa pendampingan dan bimbingan justru berdampak negatif pada perkembangan anak.
    moga menang ya Kang, artikelnya ispiratif

    BalasHapus
  13. Saya paling nda setuju ngliat anak sekolah mbawa hp ke sekolah, apalagi hp multimedia, sepertinya lebih banyak nilai negatifnya dibandingkan fungsi hp sebagai alat komunikasi.

    Kontes menulis ya Kang? Wah, boleh tuh ikut nyoba. Moga menang ya. amin.

    BalasHapus
  14. wah kalau saya daripada bbc mending hp yang jadul saja tapi merk nya global...

    semoga sukses untuk kontesnya

    BalasHapus
  15. moga menang ya..amin,klu ada waktu,mampir keblog ane ya

    BalasHapus
  16. nah loo gara-gara keasyikan main teknologi, jadi prestasinya menurun.. habisnya, yang didengerin lagunya seleranya kayak gitu sih.. coba kalo dengerin shalawat, atau doa sehari-hari.. minimal nilai agamanya jadi bagus kaan.
    #halah!

    BalasHapus
  17. nah ini nie contoh anak yang gak tahan ama godaan dunia...wkwkwkk....tapi bagus ceritanya kuk...sip..terus berkarya...

    BalasHapus
  18. Kang Pakies@ walaikum salam kang, benar kang apa yang samean katakan... amin terima kasih doanya kang..............

    Abi Sabilla@ iya juragan, terima kasih gan....amin...hehehe

    Joe@ terima kasih brade

    I-one@ amin....

    Gaphe@ hehehehe iya mas gaphe lagunya anak2 ga ada sih sekarang....

    Nit Not@ Thanks brade....

    BalasHapus
  19. alhamd. bila zico sadar akan kesalahannya.
    suka sama ceritanya. sukses ya sob dg kontesnya.
    jadi pengen ke TKP:)

    BalasHapus
  20. salam sahabat
    waj jadi BBC nya bisa dijadikan bahan untuk menerapkan langkah yang tepat nuh,semoga sukses ya maaf telat

    BalasHapus
  21. Wits@ ...terima kasih.....amin........

    Dhana@ salam sahabat mbak, hehehehe amin.... makasih mbak....

    BalasHapus
  22. maaf telat .....
    moga menang deh.....

    BBC

    BalasHapus
  23. amin ....terima kasih mbak..........

    BalasHapus
  24. Flash Fiksi iku opo mas? kok baru denger saya :D

    BalasHapus
  25. cerita pendek kayak CERPOD ku iku lho mbak.... kata-katanya gak ampe ribuan.... pendek mengena tapi tema & topiknya....

    BalasHapus
  26. Bunda doain semoga menang....krn ceritanya cukup mendidik kok....

    BalasHapus
  27. terima kasih bunda semoga dikabulkan Allah

    BalasHapus
  28. Cerita yang mendidik.. :-)

    BalasHapus
  29. pesan yg menarik..
    makasih partisipasinya ya..

    BalasHapus
  30. cerita yang keren Arief

    BalasHapus
  31. Julie@ terima kasih mbak Julie...

    BalasHapus

Berkata jangan terbata-bata
Bertutur jangan ngelantur
Bicara nggak pake spam ya
Bukan mengatur, budayakan berbudi luhur