Rabu, 29 Juni 2011

Produk Unggulan Kota Jember


Assalamualaikum sobat netter, hari ini saya khususkan memposting artikel spesial acaranya pakde yang berinovasi kembali setelah ASKAT kemarin kini berganti ADUK.

Bicara soal produk unggulan tentunya masing-masing orang berfikir begitu banyak yang bisa dibidik untuk dijadikan objek dalam menulis di acara ini, namun saya hanya ingin mengambil contoh kecil yang sering saya temui di kota Jember tercinta.

Tape Singkong

Tape Ketan Hitam

Apakah tape singkong & ketan hitam produk unggulan kota jember...? saya sendiri juga tidak tahu adanya tapi kota Jember & Bondowoso memang akrab banget dengan yang namanya tape, sampai-sampai Kota Jember bergelar sebagai kota Suwar-suwir (apa hubungannya suwar-suwir sama tape). Suwar-suwir adalah makanan khas jember yang bahan dasarnya dari tape / produk unggulan jember yang bisa dijadikan oleh-oleh jika anda berkunjung di Jember, nggak perlu takut kecut karena suwar suwir ini rasanya legit & manis, yah sebelas duabelaslah sama dodol garut (belajar jadi salesnya suwar-suwir,,,hehehe).

Produk unggulan Jember (suwar-suwir)

Selain Suwar-suwir jember juga memiliki produk unggulan yang bahan dasarnya dari tape, Prol Tape nama produk unggulan tersebut, berbeda dengan suwar-suwir yang bentuknya seperti dodol, prol tape lebih berbentuk kue yang dihias dengan keju,krim coklat,kismis, dll.

prol tape keju

prol tape choco chips

prol tape keju kelapa

Selain makanan, Jember juga punya produk unggulan lagi di bidang kerajinan, nggak percaya langsung aja ke TKP.

Tasbih kayu aren



Satu set lengkap alat dapur dari kayu aren

gelang cantik dari kayu aren


wadah bumbu dapur unik juga dari kayu aren

Foto diatas adalah produk unggulan Jember dibidang kerajinan yang letaknya didesa tutul, kecamatan Balung (tempat yang saya tinggal). Disana tiap hari bisa kita temui para pengrajin tiap hari menghidupkan mesin untuk membuat kerajinan yang berbahan dasar kayu aren, katanya sih ada yang sampai ekspor lho.

Nah Itulah produk unggulan kota Jember barangkali sahabat bloggr berkunjung ke Jember jangan lupa beli suwar-suwir sama prol tapenya ya, jangan lupa juga beli kerajinannya juga yang keren abis (promosi dengan bangga untuk Jember tercinta ,,,hehehe). Kalau udah beli semunya jangan lupa mampir di wisata jember yang merupakan produk unggulan Jember.

Watu Ulo Beach

Tanjung Papuma Beach dari atas

Papuma beach dari bawah (nuansa pasir putih)


Nah keren kan wisata baharinya kota Jember, apakah sudah ada yang tertarik...? silahkan visit ke Jember. Buat pakde & semuanya deh kalau lagi ke Jember sekali lagi jangan lupa beli oleh-oleh khas jember & mumpung suasana masih liburan nggak ada salahnya menjadikan Jember(Watu Ulo & Papuma Beach) sebagai objek berlibur.



25 komentar:

  1. wah,banyak juga produk unggulannya ya...

    tapi paling gak tahan liat kuenya...bagi dong??

    BalasHapus
  2. ikutan kontes di blogcamp juga ^_-^....selamat...semakin rame.....dengan gaya penulisan masing-masing...

    salam hangat dari Balikpapan

    BalasHapus
  3. owh jadi yang dari kayu2 itu khas jember yah :).
    hidup dodol Garut #lho :D

    BalasHapus
  4. Saya sudah membaca artikel sahabat
    Dan sudah langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi anda yang hebat
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    BalasHapus
  5. banyak juga ya produk unggulannya. boleh dong cicipi satu :)

    BalasHapus
  6. wah sabtu kemarin sahabat saya datang dari jember dan bawa oleh-oleh suwar-suwir dan tape paku sari.
    manteb.
    watu olo, dah luaamma sekali ndak ke sana
    moga menang ya Kang

    BalasHapus
  7. wuaaa semua produk jember,,, kenyang dh kalo ke sono ..

    moga sukses dek ..

    kirimannya dah nyampe trims ya .. :D

    BalasHapus
  8. saya baru tahu makanan khas jember dari sini,thanks :D

    BalasHapus
  9. Saya paling suka Prol tape nya... :) dan pantai2nya keren abiss...pantes jd produk unggulan ya...
    Semoga sukses di ADUK ...

    BalasHapus
  10. waduh... aku panik nih ... semuanya suka .. terutama aneka prol tape... trus kopi cantik itu

    BalasHapus
  11. Salam
    Dulu teman kerja saya saya yang dari Jember sering banget bawa Suwar - Suwir kalo habis pulang kampung kesana. Tapi sayang dia sekarang udah keluar, ngga bisa nitip lagi nih
    Salam Masjier

    BalasHapus
  12. prol tape, dulu suka bikin. rahasianya memang mesti pake tape berkualitas tinggi, yang lembut merata. hidup tape.. aku penggemar tape...

    BalasHapus
  13. Pengen tape dan ke Ulo watu-nya.
    Kapan ya bisa kesana. Ah.. ah.. betapa indahnya Indonesia

    BalasHapus
  14. Aku tertarik, kapan ya ke Jember ;)

    Semoga sucses ADUK nya...

    BalasHapus
  15. wah,,,banyak juga ya produk unggulannya... aku paling suka yang Satu set lengkap alat dapur dari kayu aren thuuuu..... pengen punya....

    BalasHapus
  16. Prol tape itu spt cake tape ya? Cake tapi emang enak bgt! Klo gak inget diet bisa abis sama aku sndiri kli.. Hehehe...
    Diliat dari fotonya kayaknya Jember emang wajib dikunjungi ya... Insya Allah ingin bgt jln2 ksana.. :-D

    BalasHapus
  17. ooh jd khas ny dr bhan tape y,
    uhm..syg,q gk gt suka tape
    =)
    tp pantai ny bgus th

    BalasHapus
  18. jember meskipun jauh dan lama dicapainya *terutama kalo dari surabaya* ternyata memang menyimpan banyak hal yang bisa dieksplorasi lebih lanjut. nggak cuman makanan, tapi juga alamnya

    BalasHapus
  19. Wah, ketan hitam... >.<
    Nda nyangka masuk salah satu unggulan... :D

    BalasHapus
  20. wah, dari semua makanan yang disebutkan Mas Bayoe kayaknya blom satupun yang pernah Bang Pendi cicipin. Bang Pendi usul deh, bagaimana kalau Mas Bayoe yang kirimin buat Bang Pendi, hehe

    BalasHapus
  21. ikut acaranya Pak dhe, dengan produk unggulan lokal dapat minimal dapat 2 manfaat :
    1. mempererat persahabatan blogger
    2. promo daerah
    salam sukses n BW

    BalasHapus
  22. banyak bener ya produk unggulannya,
    yang bikin laper, semua olahan tapenya :)

    BalasHapus
  23. bener2 produk unggulan deh...ternyata setiap daerah makanannya hampir sama ya..aku jd pengin tape hitam...

    BalasHapus

Berkata jangan terbata-bata
Bertutur jangan ngelantur
Bicara nggak pake spam ya
Bukan mengatur, budayakan berbudi luhur