Rabu, 01 Juni 2011

1 Juni 1945

Seorang Reporter Tv mewancarai mahasiswi X dengan pertanyaan sebagai berikut;

"Mbak hari ini tanggal satu juni, menurut mbak sekarang hari apa......?" tanya sang Reporter.
"Wah tentu masih ingat mbak, hari ini Hari Kelahiran Pancasila" jawabnya dengan lugas.

"Wah masih ingat juga mbak, oh ya kira-kira masih hafal semua nggak mbak lima sila dalam Pancasila?" sang reporter kembali melempar pertanyaan.
"Ehhm.... kalau nggak salah sila yang pertama Ketuhanan Yang Maha Esa terus apa ya....?" dengan sedikit malu & tersenyum-senyum akhirnya sang mahasiswi mengakui nggak hafal Pancasila.


Selamat Hari Kelahiran Pancasila
Semoga kedepan tidak ada dilema seperti yang diatas.

33 komentar:

  1. Iya....hari ini adalah hari Pancasila, sempet lihat juga tadi pagi ada beberapa yg di tanyak utk ini.
    Nyoba dulu ..apa aku masih inget atau gak ya

    BalasHapus
  2. baru tau kalo sekarang hari kelahiran pancasila. makasi udah diingetin

    BalasHapus
  3. idem Nuellubis ... saya juga bartu nyadar tadi pagi .. hehehehe ..

    BalasHapus
  4. walah..
    5. Keadilan so' sial bagi seluruh rakyat indonesia.
    Hehe.. Yang terakhir koq gak enak banget yak, Ooalah, salah toh. Hahai.
    Asli baru tau kalo 1 juni kelahiran pancasila.
    Makasih mas.

    BalasHapus
  5. alhamdullilah masih hafal pancasila

    BalasHapus
  6. wahh gawat yachh...sila dalam pancasila aja ngga hafal...gimana kalo ditanya pembukaan UUD45....lebih ngga hafal lagi hehehe....

    BalasHapus
  7. wah, memperingati hari pancasila zaman sekarang gak sama kayak dulu...
    daerahku sepi2 aj tuh.... gak ngliat anak2 pergi upacara.....

    BalasHapus
  8. 1 Juni hari kelahiran Pancasila ya?
    Hampir lupa :)

    Lebih inget hari kesaktian Pancasila.
    Sebab dulu ada filmnya...

    BalasHapus
  9. Masih mending saya dong, lupa bahwa tanggal 1 juni adalah hari kelahiran pancasila, tapi saya hafal di laur kepala kelima sila. :)

    BalasHapus
  10. Akhirnya posting juga,hehe..
    wah,kalau aku kebalik,gak tau hari ini hari pancasila*sambil ngorek tanah karena malu,tapi kelima sila hapal bangetzz (Baca=Bangga)

    BalasHapus
  11. memang harus dihafal ya???
    dulu sieh sempat hafal, tapi .....

    BalasHapus
  12. Luar biasa,,jiwa nasionalisme harus selalu ditegakkan...mampir ke blog saya bayoe

    BalasHapus
  13. Selamat hari Pancasila

    Artikel yg bagus mengingatkan lagi yg telah lupa....

    BalasHapus
  14. bagaimana dengan butir pancasila yang 37 items yah???

    BalasHapus
  15. waaaaah bukan warga indonesia, klo gak ingat ama yang mananya PANCASILA.... ^__^

    BalasHapus
  16. mungkin tidak disebutkan bahwa mbaknya lama tinggal di luar negeri.. tidak pernah mengenyam PPKn atau PMP *doh jaman kapan itu??..

    jangan salahkann mbaknya.. yang penting bukan hapal, tapi pengamalannya kan ya?

    BalasHapus
  17. jiahhhh,,,,nasionalisme negeri ini sudah mulai luntur ternyata,,hmmmm

    BalasHapus
  18. Pancasila... Hehehe... Jadi ingat jaman awal kuliah ada penataran P4. Sampe sekarang gak tau manfaatnya apa... Mending pelajaran budi pekerti jauh lebih baik..

    BalasHapus
  19. aku juga harus inget2 dulu baru bisa hapal.. soalnya dalam keseharian saja nilai2 nya aja udah pada ilang,, terus buat apa hapal kalo gak ngerti ??

    BalasHapus
  20. pengennya bapak2 terhormat itu kasih contoh dulu dek,, mereka hapal tidak pancasila ,, memahami tidak ? terus dipraktekkan tidak ?

    hehe

    salam :)

    BalasHapus
  21. Pancasila ternyata masih ada yang gak hafal? Kalau implementasi sih memang terasa memprihatinkan.

    BalasHapus
  22. kok jawabnya kalau ga salah, kurang meyakinkan sekali ya

    BalasHapus
  23. Alhamdulillaaah, saya masih hafal ke-lima sila itu :D

    BalasHapus
  24. yup stuju ma gaphe, orang2 cenderung buat hapalin tapi gk ngamalin.. hehehe
    coba tengok sila ke-5, "keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia". sudahkah keadilan dirasakan bagi seluruh rakyat indonesia? hmmm

    salam kenal yap!

    BalasHapus
  25. Mb datang mau memebrikan award ..jangan lupa untuk di ambil disini ya..
    http://barbiedini.blogspot.com/2011/06/award-dari-alqoerina.html

    BalasHapus
  26. mahasiswi bisa lupa pancasila?? mahasiswi apa tuh? kok tidak memiliki nasionalisme begitu sih?

    :(

    Selamat hari lahirnya Pancasila
    :)

    BalasHapus
  27. Yaaa... setidaknya dia masih ingat hari lahir Pancasila :)

    Hei, apa kabar? Semoga masih ingat padaku... :)
    Maaf banget lama menghilang.. dan baru nongol lagi sekarang. Ini juga masih sibuk mengumpulkan serpih2 semangat blogger yg terserak dimana-mana.

    BalasHapus
  28. yang penting gimana kita ngamalinnya juga donk...gak cuma apal aja...

    BalasHapus
  29. sampai lupa pada hari lahir pancasila
    selamat ya Kang...

    sedj

    BalasHapus
  30. selamat hari pancasila untuk indonesiaKu tercinta>>>

    BalasHapus
  31. Mantafff, artikelnya. salam kenal mampir balik ya. Thank's

    BalasHapus

Berkata jangan terbata-bata
Bertutur jangan ngelantur
Bicara nggak pake spam ya
Bukan mengatur, budayakan berbudi luhur