Minggu, 17 April 2011

THE ESQ WAY 165

Rahasia Sukses Membangun
Kecerdasan Emosi & spiritual

The ESQ Way 165
1Ihsan,6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam





Buku ini karangan Ary Ginanjar Agustian seorang praktisi sejati yang berkiprah kedunia usaha & terjun langsung kepersaingan dunia bisnis yang sangat kompetitif & penuh tantangan. Ia seorang otodidak yang belajar langsung dilapangan dan dalam ketatnya persaingan dunia usaha. Kemampuannya dalam bidang pelatihan sumber daya manusia telah sangat teruji diberbagai training, dimana ia tampil sebagai trainer utama.

Ia bukanlah jebolan pesantren ataupun seorang psikolog, namun 2(dua) bidang itu dipelajarinya dengan kemandirian,didukung semangat belajar yang tinggi & sifat tawadhu terhadap ilmu pengetahuan. Pernah menjadi pengajar tetap di Politeknik Universitas Udayana,Jimbaran,Bali selama lima tahun. Kuliah di Universitas Udayana,Bali dan di Tafe college Adelaide,South Australia,juga STP Bandung. Mendalami bidang keagamaan melalui "kemerdekaan berfikir" selama sepuluh tahun atas tuntunan HS Habib Adnan,Ketua Majelis Ulama Bali saat itu. Kini,ia yang lahir tanggal 24 maret 1965,adalah Presiden Direktur PT Arga Bangun Bangsa dan Pendiri ESQ Leadership Center yang berkedudukan di Jakarta.

Membaca The New Edition dari buku Best Seller terdahulu ini,seperti menguak tabir rahasia tentang adanya korelasi sangat kuat antara dunia usaha,profesionalisme & manajemen modern,dalam hubungannya dengan intisari Al Islam,yaitu Ihsan,Rukun Iman dan Rukun Islam. Pemahaman dan pendalaman ketiga unsur inti inti,telah melahirkan sebuah pemikiran baru yang segar yang ia beri nama ESQ (Emotional Spiritual Quotient) atau Kecerdasan Emosi dan Spiritual.

ESQ adalah sebuah icon, dan Ary Ginanjar telah mengenalkan paradigma baru dalam bidang SDM yang menyinergikan science,sufisme,psikologi dan manajemen secara Qur'ani dalam satu kesatuan yang terintegrasi dan transedental.

Yang menarik dari buku ini adalah begitu sangat rinci menjelaskan tentang sebuah kehidupan dimana disana kita dihadapkan pada suatu proses yang tentunya sedikit atau banyak pasti ada kendala. Begitu sangat bijak pengarang memberikan pencerahan kepada pembacanya dengan berbagai konflik yang sering terjadi yang diulas kemudian ada solusi dari peristiwa tersebut. Sesuai dengan judulnya "Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual" buku ini banyak mengulas berbagai permasalahan kehidupan yang kompleks dengan solusi yang tepat berdasar Ihsan, rukun Iman, dan rukun Islam serta Al Qur'an. Dimana seorang manusia harus bisa menyikapi dengan bijak setiap permasalahan tanpa ada satupun pihak yang merasa dirugikan. Contoh yang bisa digambarkan dari buku ini,sedikit cerita yang saya kutip dari buku ini sebagai berikut:

Agus yang menjabat sebagai General Manager sebuah perusahaan asing radio panggil nasional. Suatu hari,seorang pelanggannya di Medan (posisinya penting dan sangat berpengarauh dilembaga keamanan nasional) merasa kecewa dan marah karena sebuah rahasia pribadinya telah dibocorkan oleh salah seorang operator radio panggil perusahaan tersebut. Sang pelanggan dari Medan tadi menuntut dengan memberi dua alternatif pada perusahaan:
1.menutup kantor radio panggil tersebut.
2.Memecat si 'operator bermasalah'.

Kepala cabang wilayah Medan tidak bisa menangani masalah tersebut, karena begitu keras dan seriusnya ancaman tersebut. Kemudian sang kepala cabang menghubungi Agus yang berada di Kantor Pusat Jakarta, dan menugasinya untuk segera terbang ke Medan. Agus harus Menimbang tiga faktor secara bersamaan. Pertama, ia harus menyelamatkan perusahaan; kedua,ia harus mampu menenangkan pelanggan; dan ketiga,ia juga harus memperhatikan masa depan operator bermasalah itu.

Keputusan yang diambil Agus kemudian: sang operator harus menjelaskan duduk permasalahan yang terjadi kepada sang pelanggan dengan sebenar-benarnya, sekaligus meminta maaf kepada yang bersangkutan. Kemudian, karena kesalahan & kelalaian operator, maka Agus memintanya untuk undur diri dari perusahaan. Agus mengeluarkan surat pemberhentian kerja yang ditandatangani oleh operator tersebut dan dirinya sendiri selaku General Manager. Namun ia masih memberi kesempatan kepada si operator untuk bekerja kembali pada perusahaan, dengan syarat ia harus menemui sang pelanggan untuk meminta maaf atas segala kesalahannya, dan harus mendapatkan tanda tangan darinya. Tak lupa Agus mengajarkan kepada si operator untuk berani dan menjunjung tinggi sikap kesantunan dalam meminta maaf serta bertanggung jawab atas kesalahan yang telah diperbuatnya secara jantan.

Selanjutnya, sang operator menemui sang pelanggan. Ketika bertemu, ia langsung menjelaskan bahwa ialah yang bersalah telah membocorkan rahasia tersebut secara tidak sengaja,kemudian ia pun meminta maaf. Sang pelanggan langsung menampar wajahnya,namun si operator tetap diam & menunduk (sesuai anjuran Agus sang General Manager). Sang pelanggan melampiaskan amarahnya dengan kata-kata kasar, dan itu berlangsung satu jam. Setelah puas melampiaskan uneg-unegnya, si operator yang sedari tadi diam itu pun berkata:

"Saya minta maaf atas segala kesalahan saya. sekarang saya sudah diberhentikan dari perusahaan tempat saya bekerja, tempat dimana saya mencari nafkah untuk anak dan istri saya." Senyap sesaat. Sang pelanggan tampak diam & reda amarahnya.

"Pak, sekarang saya sudah meminta maaf & mengakui semua kesalahan saya. Saya pun sudah kehilangan pekerjaan sesuai permintaan Bapak. Namun saya sangat membutuhkan pekerjaan itu untuk menghidupi keluarga saya... Maafkanlah saya! Mohon dengan segala hormat, kiranya Bapak bersedia menandatangani surat yang saya bawa ini, bahwa saya telah Bapak maafkan." Sang pelanggan diam sejenak menatap, menatap operator kemudian berkata,

"Sini saya tandatangani!".
Setelah kejadian itu, keesokan harinya si operator langsung melapor kepada sang bos, sambil memperlihatkan surat yang sudah di tandatangani oleh pelanggan di Medan tersebut. Operator tersebut langsung diterima kembali bekerja, sesuai janji sang General Manager.

Dalam peristiwa ini, Agus telah menyelamatkan tiga pihak; perusahaan tidak jadi ditutup; si operator yang bekerja kembali; dan pelanggan puas karena telah diperhatikan serius. Inilah contoh keputusan bijaksana yang berhasil memperhatikan semua sisi. Ia tahu bahwa sebenarnya manusia suka memaafkan apabila orang sudah mengakui kesalahannya, iapun tahu bahwa pelanggan membutuhkan perhatian, penghormatan, dan penghargaan. Keputusan yang diambil Agus sangat tepat, operator bersalah itu harus berani bertanggung jawab, dan berani meminta maaf. Perusahaan harus tetap diselamatkan karena menyangkut ratusan nasib karyawan, dan masa depan operator itu pun tetap diperhatikan.

Dibuku ini juga sangat kental nuansa religius yang digambarkan sang Penulis, begitu banyak Ayat-Ayat Al Qur'an yang menjadi gambaran untuk menjadi pedoman yang menuntun pembaca memahami setiap permasalahan yang diulas penulis.

Diharapkan setelah membaca buku ini pembaca mampu mencerna apa yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca, menjadi pribadi yang merdeka dalam berfikir, bijaksana dalam mengambil langkah & keputusan, pentingnya peran Tuhan dalam hidup seorang manusia.

Selain buku ini ada sebuah buku lagi yang sangat ingin saya baca saat ini, judulnya DI ATAS SAJADAH CINTA karya Habiburrahman El Shirazy, alasannya buku itu sangat bernuansa religi & penuh cerita berhikmah didalamnya yang bisa menginspirasi.



Judul: Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual
Penulis: Ary Ginanjar Agustian
Penerbit: ARGA
Cetakan: Februari 2007
Tebal: 420



"Diikutkan dalam Kita Berbagi yang di selenggarakan Cyber Dreamer"

36 komentar:

  1. aku punya bukunya. keren banget ESQ!

    BalasHapus
  2. Aku punya bukuna juga...
    Panjang penjelasannya, dengan kegigihan akhirna agus bisa juga menyelesaikannya..yang di petik adalah kebijaksanaan itu, tidak merugikan yang lainnya..

    BalasHapus
  3. pernah liat gak sempat baca tpi setelha liat postingan ini jadi penasran ew

    BalasHapus
  4. anak bunda jg udh punya bukunya..dan ia juga sudah jd alumni teen's nya ( angkatan 78) dan terakhir kali ikut lagi di menara 165 jkt / wkt angkatan ke 82...

    BalasHapus
  5. kalo saya jadi pelanggan yang infonya dibocorkan mungkin saya juga akan marah, tetapi untung manajer perusahaan itu mengambil keputusan yang bijak. ini namanya win-win solution..

    keren juga kayaknya bukunya..

    BalasHapus
  6. aku jarang beli buku. suka nongkrong aja di mall toko buku. kakakku yang ikutan training ESQ... aku diceritain..

    BalasHapus
  7. Buku Pak Ari tersebut memang layak dibaca. saya sendiri membacanya pada 2008 silam.
    sayangnya, banyak yang belum mampu diaplikasikan.

    BalasHapus
  8. Hai...
    makasi udah berpartisipasi dalam "kita berbagi"

    untuk dapat menjadi bagian dalam kita berbagi, mohon dilengkapi beberapa syarat yang belum ada yaitu :
    Tuliskan satu buku yang sangat ingin kamu baca, dan juga alasannya.

    tak perlu merubah link, hanya menambahkan bagian yang kurang diposting ini saja

    terima kasih ^^

    BalasHapus
  9. Akan saya buru buku ini, Mas.

    BalasHapus
  10. Aku juga sdh pernah ikut training ESQ tersebut dan sdh punya bukunya juga .... emang bagus banget kok utk renungan kita.

    BalasHapus
  11. Saya punya yang ESQ edisi pertamanya, sepertinya yang new edition juah lebih komplit yaa :)

    BalasHapus
  12. pernah lihat di toko buku udah lama juga sih tp belum beli, jadi pengen beli... Terimakasih udah berbagi brader...

    BalasHapus
  13. Nova@ wah punya juga mbak..... iya mbk keren abis penuh hikmah didalamnya..

    Sarah Azahra@ betul sekali mbak Zahra... semua karena penggabungan 3 unsur diatas yang diaplikasikannya dengan dunia modern & tantanga global.......

    Insan@ buruan baca sobat,,,,, seru bukunya...... :)

    Bunda LOving@ wah anaknya alumni juga ya bunda, ini kakak saya dulu waktu kuliah dari universitas ada training ESQ alhamdulillah kakak saya kena.... dan saya baca bukunya....:)

    Gaphe@ hehehehe betul...betul....betul.....bukan kayaknya mas Gaphe memang keren....:)

    BalasHapus
  14. Ami@hhehehe .........:)

    Lomba berhadiah Domain@ memang perlu proses mengaplikasikan buku ini dalam kehidupan setidaknya ada pencerahan berarti buat diri......

    Inge@ iya mbak sudah saya perbaiki......:)

    Mursyid PW@ monggo pak guru.....

    Hariyanti Sukma@ wah benar sekali mbak.....:)

    Ysalma@ iya mbak lebih lengkap pembahasannya

    Zan Insurgent@ terima kasih kembali brade..... silahkan nggak rugikok brade.... banyak petuah berarti.....

    BalasHapus
  15. aaanjriitttt...berkaca mata saya membaca cerita diatasss......wowww...asli bagus dan sangat inspiratif sekali....tulisan yang bagus...harus dilanjutkan yang seperti ini...

    salam :)

    BalasHapus
  16. Nufri@Waduh brade.... dilarang mengumpat dirempat umum....hehehehe terima kasih brade.....:)

    BalasHapus
  17. angkatan 33 nih :D
    sudah punya bukunya, tp lom dibaca :(

    BalasHapus
  18. Terima kasih udah mengikuti "kita berbagi"

    Semoga apa yang kita tuliskan selalu dapat memberikan manfaat tersendiri bagi pembaca dan juga berbagi ilmu melalui tulisan lebih digalakkan lagi ^^

    BalasHapus
  19. Mb sempet baca tapi belum sampai habis karan kebetulan punya temen sekerja yang mendadak keluar karna mendapat pekerjaan baru.

    semoga berhasil ya...

    BalasHapus
  20. Bayuuu... aku punya bukunya dan aku juga udah jd alumni ESQ 165... Wah keren sekali memang...

    kapan2 aku ingin tulis pengalaman ikut Training ESQ ini... Bayu udah pernah belom? Kalo belom, recommended banget deh... Emang banyak orang yang antipati, tapi banyak juga yg simpati dengan ESQ...

    Kalo rajin,nonton "Islam itu Indah"... Training ESQ mirip2 dengan itu... hanya saja Training ini "lebih"... ya iyalah... 3 hari... Habis2an air mata terkuras... Dan bagi yang bersyukur mendapat hidayahNya setelah mengikuti Training ini... Bisa berubah menjadi orang yang sama sekali berbeda... Seperti papaku.. *curcol* :-D

    Makasih review nya... Eh, kalo ikutan ESQ kabar2in yah.. :-)

    BalasHapus
  21. Nique@ buruan dibaca pasti ada yang bermanfaat..........:)

    Inge/Cyberdreamer@ sama-sama mbak.... iya semoga kita semua bisa saling berbagi lewat sebuah tulisan....:)

    Ibu Dini@ wah sayang mbak tapi setidaknya mbak pernah baca, disitu banyak banget solusi dari setiap permasalahan mbak...:)

    Lyliana@ wah itu bisa diposting ,aku nggak pernah ikutan trainingnya cuma baca bukunya doank,,,, cuma lihat di TV ONE kadang-kadang....hehehe

    BalasHapus
  22. boleh jg ni buku jadi referensi. salut sama agus, juga terharu sama apa yg dialami oleh operator, jrg2 ada org yg bisa bersiteguh seperti itu, biasanya kebanyakan org lbh mengedepankan egonya meski ia berada pada posisi 'sang operator' seperti ini.

    DI ATAS SAJADAH CINTA miliknya kang Abik, memang inspiratif sekali mas cerita2 di dlmnya, bahkan udh difilmkan di transtv. ini buku memang layak buat dibaca semua kalangan, kental dg nilai2 islami dan menumbuhkan semangat hidup LUAR BIASA:)

    BalasHapus
  23. sy pernah baca bukunya sebentar.. memang bagus ya.. :)

    BalasHapus
  24. Wits@ iya mbak bisa dipetik hikmahnya jika kita dihadapkan masalah tenang & fikirkan matang2 biar gak ada yang merasa dirugikan. iya mbak saya penasaran dengan buku itu sehabis baca kutipan dipostingan samean kemarin...... ceritanya sungguh sangat berkesan......:)

    Dhila@ iya mbak.......:)

    BalasHapus
  25. aku juga udah baca, udah lama lupa kapan tepatnya,
    bukunya bagus banget, semoga bisa direalisasikan meskipun akan sangat susah

    BalasHapus
  26. Nadia meutuah@ yang penting dala dulu & ngerti mbak kalau soal merealisasikan panjang proses & waktunya....:)

    BalasHapus
  27. wah buku bagus tuh.....esq seri keberapa ya...?
    n harganya berapa kalu boleh tahu...?

    BalasHapus
  28. Aslim@ seri the new Edition cetakan 2007 soal harga gak tau saya mas soalnya ini dapet dari training ESQ

    BalasHapus
  29. hmmmm... wajib punya ni buku....
    eh, ada award en tag... jika berkenan mohon diambil en tugasnya dikerjain yaaa....hehe

    BalasHapus
  30. Aina@ hehehehe wah dapet award lagi nih saya makasih mbak segera meluncur......:)

    BalasHapus
  31. salam sahabat
    sangat memberikan sebuah motivasi yang bagus dan tegas mas terima kasih yach esq nya

    BalasHapus
  32. Salam sahabat mbak Dhana, terima kasih kemabli mbak dhana.....:)

    BalasHapus
  33. ESQ memang keren Rif! di kantor saya pernah ada meskipun cuma 2 hari

    BalasHapus
  34. Mas Bay, saya dulu nyari buku karangan Ary Ginanjar kok ndak dapet2, semoga nanti dapet...saya suka penyampaiannya, dua buku di atas tuk sementara saya list dulu.

    nabung2, semangat nabung >.<

    BalasHapus
  35. Ajeng Sari Rahayu@ hhehehe memang sulit mbak ini saya aja dapet dari training...... samean check di gramedia mbak kalau sekarang mungkin ada yang erbaru punya saya ini sudah lama mbak cetakan 2007......hehehe tapi seri New Edition

    BalasHapus
  36. Bundamahes@ iya bun memang keren banget.... wah enak donk bun,,,,, saya juga kepengen sekali ikutan training ini........:)

    BalasHapus

Berkata jangan terbata-bata
Bertutur jangan ngelantur
Bicara nggak pake spam ya
Bukan mengatur, budayakan berbudi luhur