Rabu, 25 Mei 2011

Mencari Arti Blogger Sejati

Blogger Return Contest

Pertama kalinya saya kenal dengan dunia Blogging, berawal dari kebiasaan saya menggunakan situs jejaring sosial (facebook). Secara tak sengaja saya melihat tautan dari seorang sahabat yang sudah lama saya kenal, sekilas melihat tautan kemudian saya pun tertarik, maka saya mengkliknya untuk lebih jelasnya, darisana saya melihat rangkaian tulisan yang menarik ditambah kolom komentar yang sudah banyak komentar-komentarnya. Kemudian saya mencoba untuk komentar dari akun facebook saya ternyata tidak bisa, karena penasaran tingkat tinggi saya pun mengkonfirmasi teman saya lewat chat yang tersedia di situs facebook.


Sedikit informasi yang saya dapat, saya pun mencoba mendaftar, karena belum begitu berpengalaman dalam mendaftar blog, saya pun merasa kesulitan, pasalnya berulang-ulang kali saya daftar selalu gagal, setelah saya konfirmasi teman saya ternyata letak kesalahan terhadap email yang saya gunakan, karena pada waktu itu saya mendaftar menggunakan email dari yahoo. Teman saya menyarankan untuk lebih mudahnya agar membuat email melalui Gmail (google mail), seketika saya pun mendaftar di Gmail  agar mudah dalam registrasi.


Tepat saat itu juga setelah akun blog saya pun langsung jadi,sayapun mencoba menulis tulisan yang bisa dibilang catatan nggak penting atau bahkan tulisan tak berarti. Saya tidak berputus asa begitu saja, tidak ada kata malu untuk bertanya itulah istilah yang saya terapkan untuk memahami dunia blogger. Saya tidak cangung-canggung bertanya kepada teman saya yang lebih dulu eksis diblogger. Akhirnya begitu banyak saran & kritikan yang saya terima, saya jadikan motivasi untuk terus memacu semangat berkarya lewat sebuah tulisan di blog.


Dunia blog memang mengasyikkan membuat saya semakin semangat membaca & terus belajar terhadap membuat tulisan & berbahasa yang baik & benar sesuai dengan EYD walaupun semuanya itu terlalu jauh dari kata sempurna. Disana saya juga bisa mengekspressikan semua gagasan yang ingin saya curahkan semua dalam bentuk cerita pendek,cerita bersambung,artikel dll. Berikut ini penjabaran saya tentang Blogger Nggak Cuma Ngeblog

  • Hikmah Membaca.
Sudah pasti tujuan utama dari ngeblog adalah membuat tulisan namun disini juga dibutuhkan aspek penunjang yang lain karena bagus tidaknya sebuah tulisan tergantung kita mengolah kata & menyajikannya sesuai karakter kita serta mampu diterima bagi narablog yang berkunjung & membaca tulisan kita serta mendapatkan informasi & hikmah. Tentunya peran aktifitas membaca sangatlah penting disini karena dengan membaca wawasan kita semakin luas, memunculkan inspirasi baru serta memacu semangat lebih giat dalam berkarya. Tidak jarang saya menemukan banyak inspirasi baru & hikmah dari artikel,fiksi,tips,info yang diposting teman-teman blogger.

Membaca membuka wawasan,informasi & pengetahuan

  • Menemukan arti sebuah persahabatan & tali silaturahim yang kuat.
Pada awal ngeblog saya tidak tahu apa arti BW, ternyata itu singkatan dari Blog Walking yang artinya jalan-jalan ke blognya tetangga. Pertama awal menulis saya hanya sekedar menulis sehingga tidak ada pengunjung di blog saya, sahabat saya memberi kritikan seperti ini "Gimana mau eksis ngeblog kalau empunya blog gak mau jalan-jalan, jangan cuma nulis, ayo kunjungi teman lain", dengan kritikan seperti itu saya pun mencoba beranjak keluar berkunjung ke blognya teman-teman yang saya belum kenal sama sekali. Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang kalimat tersebut yang menjadi dasar saya untuk saling mengenal para bloggerwan & bloggerwati untuk menjalin persahabatan & tali silaturahim yang kuat sesama blogger. Ternyata setelah beberapa bulan saya jalani, alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan sayapun seperti ada ikatan & memiliki sebuah keluarga baru didunia maya yang saling menginspirasi,memotivasi & berbagi.

Tetap semangat jalin sahabat



  • Berbagi lewat tulisan,giveaway, & kontes.
Blogger nggak cuma ngeblog,selain dua penjelasan diatas dalam ngeblog kita bisa berbagi lewat tulisan selain itu dalam satu wadah ini juga terdapat berbagai kegiatan menarik seperti giveaway & kontes. Tentunya setiap bloggerwan & bloggerwati mempunyai suatu moment penting dalam hidup ini, seketika terlintas ingin mengenang kemudian mereka membuat acara giveaway ataupun kontes yang mengundang para blogger untuk mengikuti acaranya dengan penawaran yang hadiah menarik yang bisa kita raih nantinya jika kita berhasil dalam acara tersebut. Selain sebagai pemacu kreatifitas acara ini juga banyak menginspirasi karena tidak jarang para bloggerwan & bloggerwati mengangkat berbagai tema dalam giveaway ataupun kontesnya (sosial,religius,budaya,humanisme dll). Dalam suatu kontes bukanlah ajang mencari popularitas namun kita harus bijak menyikapinya, jadikan sebuah kontes adalah awal kita menggalang persahabatan. Biar nggak stres yuk kita ngontes, biar nggak kecewa ingat kata legawa.

Kita semua adalah saudara.


  • Menambah pundi-pundi uang.
Blogger nggak cuma ngeblog, masih ada lagi yang menarik dalam ngeblog, selain kita fokus membuat tulisan,menjalin silaturahim & menggalang persahabatan kita bisa menambah pendapatan selain pendapatan dari keberuntungan ikutan kontes jika kita berhasil, kita juga bisa menambah pundi uang kita lewat ngeblog dengan berbagai fasilitas yang ada diblog (Google adsense,Adsense camp,idblognetwork dll). Dimana disana ada fasilitas periklanan yang akan terpasang di sidebar blog jika kita memang menggunakan fasilitas ini.

Alhamdulillah,  bersyukur biar nikmat semakin bertambah

Jadi, menjadi seorang blogger itu mengasyikkan bukan...?, namun disini kita harus tetap memperhatikan banyak hal dalam menjadi seorang blogger apalagi untuk menjadi seorang blogger sejati tentunya itu tidaklah mudah semudah membalik telapak tangan. Tentunya menjadi seorang blogger bukan cuma membuat tulisan namun darisana kita belajar & mempunyai tanggung jawab yang diemban dalam membuat tulisan.

Kang Damar lagi jalan-jalan
Mari berikan sinar lewat tulisan

Bang Pitung makan lumpia
Ini nggak bersambung semoga bisa diterima

Artikel ini diikutsertakan dalam acara Blogger Return Contest yang disponsori oleh Denaihati.

61 komentar:

  1. salam...
    begitu ya awalnya ngeblog..
    saya juga baru belajar. tolong donk diajari ngeblog yang asyik, kak...

    BalasHapus
  2. saya ngeblog karena pengen bisa dan pengen selalu belajar hal baru ..
    eh .. bukannya contest ini sudah tutup tanggal 18 Mei kemaren ya mas .. ?

    Semoga menang .. :)

    BalasHapus
  3. yangs sudah menemukan dunia blognya...oh iya semoga menang ya..

    BalasHapus
  4. wah.. Semoga sukses buat lombanya mas.. Dan jayalah blog indonesia.

    BalasHapus
  5. hihihii, pantunnya itu lho...bikin tambah semarak mas :D

    sukses buat yang ini ya.

    BalasHapus
  6. salam kenal,..ngeblog emang asyik Mas,..banyak keuntungannya daripada meruginya, setidaknya menurutku :D
    oia, kontes ini diperpanjang sampai mid juni ya??

    BalasHapus
  7. Waah...saya pgn ikutan malah blm buat jg hihihi..
    Sukses ya Bay ;)

    BalasHapus
  8. pengen ikutann...:D
    sukses ya kontesnya moga menang.. :D

    BalasHapus
  9. wah,seru ceritanya bang...moga menang bang

    BalasHapus
  10. dulu saya di aawal ngeblog juga ga tahu kalo bisa maen2 ke blog yang lain, ga tahu apa itu blogwalking..^__^

    BalasHapus
  11. wah ikutan juga yach kontesnya...selamat yach, smoga sukses....

    BalasHapus
  12. wah kontes lagi nih,,,hehehe sukses dah dengn kontesnya,,ngeblog juga bisa kita menjadi pintar dan bersabar karena kita harus membaca isi blog itu sendiri,,,pokoknya nambah ilmu dan wawasan dah..

    BalasHapus
  13. Assalammu'alaikum, pa kabar mas bayu?
    maaf saya baru BW. seteleh kemarin2 jarang OL.
    moga sukses mas, and getting the best :)
    ngeblog, bisa melatih pemikiran, dan melatih daya analis. mendaptkan pengetahuan dari tulisan2 yang di tulis oleh para blogger lain. juga bisa menambah teman2/dulur2.

    BalasHapus
  14. kalo aku mengalir..saja hihhih

    BalasHapus
  15. sekilas saya baca "mencari istri blogger sejati"
    hihi..
    ternyata...

    BalasHapus
  16. Wah penjabarannya asik sekali Bay... Begitulah asiknya ngeblog... kegiatan dengan sejuta manfaat... So, it's time for a blogger return... :-)

    BalasHapus
  17. lam kenal mastah2 semua

    Nubitol lg blajar blogwalking nih

    BalasHapus
  18. Selain mengasyikan juga menghasilkan yh :)
    semoga menang ^_^

    BalasHapus
  19. saya boro-boro blogger sejati Bay,, blogger emak-emak, yang ketika ditantang si Bay untuk membuat tips untuk sebuah kado, masih kebingungan menulisnya sampai sekarang :(

    BalasHapus
  20. Pencari Ilmu@ sama fren saya juga belajar, jadi kita bisa sling sama-sama belajar..........:)

    Hoedz@ diperpanjang hingga akhir mei mas........ amin....terima kasih mas.......:)

    Nyit-nyit@ belum mbak masih belajar,,,, amin terima kasih mbak Nyit-nyit......:)

    Ardian Bumi@ amin.....terima kasih frenz.......:)

    Ajeng@hehehehe ketagihan bikin pantun yang kemarin mnbak,,,,,,hehehehe amin terima kasih mbak........:)

    BalasHapus
  21. Seru ya, ngeblog yang sangat banyak manfaatnya....
    Jadi makin sadar bahwa masih harus banyak belajar, tapi suka malu nanya ama ahlinya, hikss....
    Semoga sucses ya :)

    BalasHapus
  22. kenia Huwada@betul....betul....betul...... mari kita bersemangat ngeblog.......... akhir mei mbak:)

    Orin@ buruan teh Orin ikutan juga.... amin terima kasih teh..........:)

    Funnie@ silahkan mbak..... masih ada lowongan....hehehehe amin.,,,, terima kasih mbak.....:)

    I-one@ amin terima kasih bang iwan fals...hehehehe

    Fairsyha@ wah sam berarti kita mbak........hehehe

    BalasHapus
  23. Nia@ iya mbak,,,,, amin terima kasih mbak Nia........:)

    Sofyan@ iya kang bulan penuh kontes,,,,hehehehe samean gak ikutan juga kang..... bener banget kang,,,,,

    Zico@walaikum salam mas Zico, gak papa mas , amin terima kasih mas Zico,betul sekali mas Zico

    BalasHapus
  24. Ternyata begitu bisa ngeblog, ngebut ya... Komennya selalu banyak deh...

    BalasHapus
  25. kalo aku nemu blog karna ga sengaja liat iklan blogdetik di detikcom. jadi deh sampe sekarang awet ngblog di detik hehe

    BalasHapus
  26. Brigadir Kopi@ wah itu malah yang lebih afdol kang....hehehehe saya jugaTunsa@ begitu kok bang...........:)

    Tunsa@hahahahaha aku doain ente segera menemukan istri sejati......:)

    Lyliana Tia@ betul fren,,,,,,,,,, semangat.....semangat....semangat.........:)

    Hika-Host@ waduh saya tak begitu mengerti bahasanya,,,,hehehehe

    Celotehan@betul frenn... gak percqaya buktiin aja....hehehehe terima kasih fren........:)

    Ysalma@ masak sih mbak, tulisan samean bagus lho.... mengalir & real,,,,,,:)

    Yunda Hamasah@ iya bun,seru banget.... kita semua juga dalam proses belajar juga bun.....:)

    BalasHapus
  27. salam kenal, konten yang menarik! semua tulisannya sangat berayun dan membuat penasaran.. salam blogging semua info bisa anda dapatkan di sini

    BalasHapus
  28. Semangat...semangat..Smoga menang ^_^

    BalasHapus
  29. semua butuh proses dan ketika sudah pada jalurnya maka akan menjadi banyak hal menarik yang tidak terduga sebelumnya. Sukses Kang, teruslah berkarya

    BalasHapus
  30. kalau sekarang sudah ahli ya ngeblognya

    BalasHapus
  31. oh begitu ya gan blogging juga banyak prosesnya tapi yang terkhir tuh dapet duit wenak tenan hehehe

    BalasHapus
  32. menaaang! menaaaang! menaaaanggggg!!

    nah, karena sy sudah berteriak 3 kali, besok2 pas menang beneran, wajib traktir saya..

    hohohohohoh...

    BalasHapus
  33. masing-masing blogger punya cerita dibalik kenapa dia memulai ngeblog.. dan pastinya manfaat yang dirasakan relatif, tergantung dari tujuannya..

    rata-rata sebagian besar yang kamu sebut, sama juga sih sama saya. *sependapat

    BalasHapus
  34. Ami@kayak balapan aja mbak....hehehehe mumpung ide masih fresh mbak............:)

    Easy@hehehehe masing-masing pengalamn berbeda yang jelas tujuannya sama menjadi blogger........hehehehe:)

    Coretan Rizal@ salam kenal balik ...terima kasih mas......:)

    Amy@ a terima kasih mbak.....amin......:)

    Djangan Pakies@ betul sekali kang..... matur nuwun kang,,,,,, amin........:)

    Lidya@ enggak mbak masih perlu banyak belajar dari yang lain......:)

    Warsito@ coba aja gan gunakan fasilitas adsense....:)

    Accilong@hahahahah amin.... semoag aja menang tar kalau say menag aku kasih pulsa aja wes......hhehehehe

    Gaphe@tosss dulu brade..... kita sehati.....hehehehehe

    BalasHapus
  35. bukan blogger sejati kalau ga blogwalking dan berkomentar memberi apresiasi ^^

    BalasHapus
  36. Bay...bunda setuju dg pendapat2 mu...
    sekarang bunda jd lebih banyak pengetahuan, ilmu, tip,info2 selama BW...dn juga tambah ilmu....maklum biar hanya seorang ibu RT..tapi skrng jd banyak mengetahui dunia luar..

    Moga berhasil lombanya...

    BalasHapus
  37. weeeeew mananggapi koment dari R10.... berati aku bukan termasuk blogger sejati ya, coz akhir2 jarang BW.. sukses ya buat kontesnya.. ^_^

    BalasHapus
  38. Sukses buat kontesnya ya.

    Salam.. .

    BalasHapus
  39. saya masih baru di dunia blogging mas, tapi ada beberapa poin yang mas sebutkan tadi benar-benar saya rasakan sewaktu ngeblog, membaca, memperbanyak teman serta mengeluarkan apa yg ada di otak kita sebagai tulisan ini merupakan pengalaman yg mengasyikkan buat saya.. :)

    salam blogging.. :D

    BalasHapus
  40. Numpang promo ya gan…… D
    LOWONGAN KERJA SAMPINGAN GAJI 3 JUTA/MINGGU
    Kerja management dari program kerja online ( Online Based Data Assigment Program / O.D.A.P ) Membutuhkan 200 karyawan diseluruh Indonesia yang mau kerja sampingan online dengan potensi penghasilan 3 JUTA/Minggu + GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan. Tugasnya hanya ENTRY data, per entry @10rb. Misal hari ini anda kirimkan 200 data dari O.D.A.P yang harus di entry berarti kita dapat hari ini @ 10rb x 200 = 2 JUTA. Lebih jelasnya kirimkan NAMA Lengkap & EMAIL anda
    Buka http://www.penasaran.net/?ref=92vcnd

    BalasHapus
  41. mas... semuanya benar ttg blogger ...
    Ok ...smg sukses ya diajang lomba ini

    BalasHapus
  42. ma kasih infonya...mau ikutan lombanya ah.... mariiiiii...

    BalasHapus
  43. Asik, menyenangkan, nyaman, lucu dan mengesankan..
    sukses utk kontestnya ya....

    BalasHapus
  44. R10@hehehehe betul....betul.....betul.......:)

    Bundaloving@alhamdulillah bunda...... amin.... maturnuwun bunda.......:)

    Yhantee@hehehehe blogger juga manusia mbak,,,, bisa saja nggak blogwalking memang lagi sibuk......dll,,,ehehe:)

    Mood@ terima kasih bang .......:)

    Fajar@ alhamdulillah mas jika memang begitu.... ngeblog memang mengasyikan........:)

    Alay@ wah ente bener-bener gan....... promosi biasanya bayar gan....hahahhaha

    Hariyanti Sukma@ terima kasih mbak Sukma.... amin.....:)

    Necky@silahkan monggo mas ....hehehe:)

    BalasHapus
  45. tulisannya mudah banget di pahamin mas , anak sastra yah ?
    btw , trimakasih informasinya .. tiap point - point sangat bagus di baca ..
    salam kenal mas :)

    BalasHapus
  46. betul betul betul....setujuuuu..
    Moga menang dah kontesnya

    btw si Jaka Sembung uda diganti peran ama si Pitung yaaa...:))

    BalasHapus
  47. betul betul betul....setujuuuu..
    Moga menang dah kontesnya

    btw si Jaka Sembung uda diganti peran ama si Pitung yaaa...:))

    BalasHapus
  48. betul betul betul....setujuuuu..
    Moga menang dah kontesnya

    btw si Jaka Sembung uda diganti peran ama si Pitung yaaa...:))

    BalasHapus
  49. betul betul betul....setujuuuu..
    Moga menang dah kontesnya

    btw si Jaka Sembung uda diganti peran ama si Pitung yaaa...:))

    BalasHapus
  50. Bagi saya blogger sejati adalah blogger yg membuat konten dengan tulus dari hati :)
    Nice article sob, selamat sore selamat beraktivitas

    BalasHapus
  51. Ibu Dini@ betul mbak... terima kasih mbak.....:)

    Tunsa@ amin juga,,,,, terima kasih brade........:)

    Ichsan@ bukan anak kuliahan kok mas,,,,hehehehe salam kenal balik mas .......:)

    Iffa Hoet@Amin....terima kasih mbak...... ganti pemeran mbak,,,,hehehehe

    Syahrini DAniel@ iya sob betul itu.......:) terima ksih sob.......:)

    BalasHapus
  52. awal seorang blogger menulis di blog ternyata motivasinya macem2 ya... kalo Bayu awalnya karena penasaran, kalo saya malah dulunya isinya puisi curhat....

    BalasHapus
  53. waa ikut kontes lagi ya dek ..

    semoga sukses ya ,, :)

    BalasHapus
  54. beruntung dirimu dek, punya teman tempat bertanya,, kalo qu dulu bener2 ndirian .. kebingungan .. heheh

    salam :)

    BalasHapus
  55. MANTAP mengiyakan tulisan mas bayu..bener banget, lewat blog menjalin persahabatan, tukar ilmu, berbagi....dan banyak hal lainnya..sip sip semoga berjaya dikontesnya kali ini :)

    BalasHapus
  56. Semoga kontesnya berhasil ya, Ms..
    Saya ngeblog karena dikomporin temen2, eh lama2 jadi kebiasaan juga, hihi..

    BalasHapus
  57. Aina@ yang penting tujuan baik mbak,,,,hehehehe:)

    Uni@ ya uni, nggak ikutan juga Uni?

    Mam KInan@amin terima kasih mbak........:)

    AS Budiman@ amin terima kasih mas......... hehehe

    BalasHapus
  58. Wah analisis yang cermat ne\mengenai arti seorang blogger :D
    Sukses dengan kontesnya mas.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  59. Ngeblog sangat menyenangkan. :)

    BalasHapus
  60. aku kopi tulisanmu, salam maksimal bloger sejati yang selalu ngopi artikelnya orang lain

    BalasHapus

Berkata jangan terbata-bata
Bertutur jangan ngelantur
Bicara nggak pake spam ya
Bukan mengatur, budayakan berbudi luhur