Selasa, 24 Mei 2011

Izinkan Aku Menjadi Sahabatmu

Assalamualaikum,

Sungguh rasanya saya sangat tidak pantas menyebut saya sebagai sahabat dari mbak Susindra karena memang saya belum begitu kenal & akrab sama beliau. Tak kenal maka tak sayang begitu pepatah mengatakan namun lewat tulisan ini saya sampaikan salam hangat persahabatan untuk mbak Susindra sekaligus permohonan maaf saya karena memang saya jarang main keblognya padahal beliau udah sering kesini & malahan sudah ikutan giveaway saya.

Persahabatan bisa berawal dari apa saja,kapan saja & siapa saja, semoga mbak Susindra berkenan menerima saya sebagai sahabat yang akan menyambung tali silaturahim & berbagi lewat tulisan. Jujur saya pertama kali masuk hanya melihat sekilas tampilan blog mbak Susindra yang rapi & hanya melihat satu postingan aja, namun tidak meninggalkan komentar hanya menjadi silent reader aja (kayak teroris aja saya ini....hehehehe).

Alhamdulillah dipagi hari yang cerah ini, sepeti biasa sambil nunggu customer saya pun menghidupkan komputer & langsung happy blogging. Ternyata internetnya berjalan normal, biasanya mbak internet saya ini lemot banget jadi jangan heran kalau sekarang jarang blogwalking & ataupun ada dua komentar saya dalam postingan teman-teman atau malah komentar saya tidak muncul di postingan, itu sudah sering terjadi. Mungkin ini tes kesabaran aja ya mbak.....hehehe (semakin lama kok semakin mblarah ya saya ini....hehehe).


Tunjek poin aja wes, berawal dari internet yang nggak lelet saya pun berangkat & mengurak-arik semua postingan mbak Susindra (kurang ajar banget ya saya...hehehehe) untuk mencari satu postingan terbaik mbak Susindra versi saya. Alhamdulillah ternyata saya menemukan yang menurut saya pas dihati saya & saya sangat suka itu. Kira-kira postingannya apa ya........?


Mengapa posting tersebut begitu saya sukai, menurut saya posting tersebut sangat bernilai budaya & mengandung unsur sejarah karena memang negara ini sangat kaya dengan budaya sangat perlu kita sebagai orang Indonesia paling tidak tahu bahkan kalau bisa mengerti & melestarikan budaya tersebut sebagai harta yang berharga & mempererat persatuan & kesatuan bangsa. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai budaya & sejarah bangsa itu sendiri. Jangan nunggu budaya kita dicaplok negara lain baru kita menyesal & berteriak sungguh itu terlalu seperti bang Haji Rhoma bilang.

Nggak Panas itu mas.....?


Jangan meniru adegan ini, hanya untuk yang profesional

Foto diatas saya culik dari postingan mbak Susindra, sekilas atraksi itu seram ya, kalau saya ikutan begituan bisa melepuh semua badan saya, hehehehe. Tapi yang namanya atraksi pasti sudah ada persiapan terlebih dulu, setelah saya baca tuntas, disini mbak Susindra membahas rinci tradisi perang obor & membahas semua ritual yang dijalani sebelum event ini di gelar. Meski saya bukan orang jepara asli namun saya juga terlahir sebagai orang jawa yang sedikit tahu budaya ini & sering mendapat informasi tentang perang obor dan terlebih saya sangat suka atraksi ini, menurut informasi yang saya dengar tradisi ini sebagai bentuk mengusir pagebluk & kesialan.

Sejak saya kecil saya juga suka mbak nonton kesenian Jaranan ataupun Sandur, saya melihat dengan teman-teman begitu antusias. Seperti orang kesurupan & tak sadarkan diri, para pemain kesenian Jaranan menari mengikuti alunan musik yang terdiri dari gendang,kenong,terompet & gong. Tidak hanya itu mereka juga tampil dengan atraksi memakan beling (pecahan kaca),memakan bara api, mencambuki sekujur tubuhnya dll.



Foto ini saya culik dari google, soalnya waktu kecil saya gak punya hp kamera mbak....hehehe

Tidak munafik jika acara ini selain menegangkan juga sangat menghibur, sekarang apakah faktanya yang terjadi....? masihkah generasi muda suka & antusias terhadap kesenian semacam ini...? masih adakah segelintir orang tetap mempertahankan kesenian asli ini....?. Memang seiring derasnya teknologi terus menggempur pasar dalam negri ini ditambah kemudahan dalam menjangkau & mengakses hal tersebut sepertinya memang hal ini sedikit demi sedikit menggilas budaya asli bangsa ini. Anak-anak muda rasanya sudah jarang menyukai kesenian ini, mereka lebih menyukai parade band dsb. Baru kalau sudah ada yang mengklaim budaya kita itu milik negara lain kita semua sadar & berteriak bahwa betapa berharganya budaya kita, sungguh itu terlalu kawan.

Melalui tulisan ini juga saya berharap kepada semua generasi bangsa ini agar tetap mempertahankan budaya kita & menjadikannya kebanggaan dinegri sendiri maupun diluar negri. Waduh saya jadi mblarah banget ya mbak,hehehe. Tidak melenceng dari tema sebuah posting yang diharapkan mbak Susindra saya ucapkan selamat untuk segala karyanya, selama ini bagi saya mbak Susindra sudah meorehkan ide dalam sebuah tulisan itu adalah sebuah sesuatu yang berharga karena darisana kita bisa belajar, berbagi, & menjalin kerukunan sesama. Saya juga berharap & doakan mbak Susindra semakin semangat & terus menghasilkan karya terbaik. Kesan pertama saya melihat blognya mbak Susindra adalah malu, karena saya mesti banyak belajar dari mbak Susindra yang mana lebih dulu mengenal dunia blogger, yang kedua saya juga malu karena saya bukanlah seorang yang begitu kenal & akrab tapi langsung ujuk-ujuk ikutan nimbrung di acaranya mbak Susindra ditambah lagi saya jarang bewe kesana mohon dimaafkan ya mbak.

Jaka Sembung Makan Bakpia
Tidak bersambung Sudah dulu Ya,,,,,

Salam Hangat "Tetap Semangat Jalin Sahabat"

Artikel ini diikutsertakan Susindra Giveaway

36 komentar:

  1. kadang2 kita malu ... krn banyak bangsa lain yg belajar ttg budaya kita, eh kita yg punya budaya cuek...
    nice post, mas.... smg sukses ya ...

    BalasHapus
  2. waaah jadi kepingin ikutan juga

    BalasHapus
  3. hmm, tapi generasi sekarang lebih bangga kalo bisa miripin budaya barat,
    kenapa gak budaya kita aja yang jadi trend..

    salut juga buat tulisan mbak Susindra itu..

    BalasHapus
  4. wahahah, bagus mas pantune :p

    jago juga ternyata :D
    sukses ya mas buat kontesnya, ngomongin jaranan aku dulu pas masik kecil juga suka mas..nonton tuh bela2in panas2an, soale jauh dari rumah yang ngadain pertunjukan jaranan. tapi seru kalo dah liat, kadang juga takut...

    BalasHapus
  5. Aku cuman ketawa aja bacanya, hahaha... Ternyata uneg-unegnya memang seneng ngelibatin Jaka Sembung. Aku sendiri kalo ngebahas topik kadang konsisten gak ngebahas yang lain, kadang ngelantur pake curhat (sejak mencari ridho Allah kok orang2 ngehindar aja dari aku, ckckckck, untungnya masih nemu yang sepaham)

    BalasHapus
  6. izinkan aku juga jadi sahabatmu
    salam kenal :)

    BalasHapus
  7. justru ini bisa jadi awal persahabatan,kedepannya tinggal menjaga tali silaturahmi agar terus terjaga

    BalasHapus
  8. wah betul banget tuh mas, penggilasan jaman terhadap budaya daerah semakin banter.
    Semoga postingan ini menjadi tali silaturahim yang baik mas.

    BalasHapus
  9. Waah...Bayu ikutan jg, rame nih ;)

    BalasHapus
  10. Bay, posting yg bagus... Dan memang qta hrs melestarikan budaya qta,.. dimulai dari anak sendiri ;-)

    Bay, mau ngingetin aja nih... kayaknya Mba Susi mensyaratkan minimal ada 3 kata Susindra, Yang.. Di-Link ke blognya Mba Susi ... hehehe... oke deh...

    semoga qta selalu menjaga silaturahmi yah... amin :-)

    BalasHapus
  11. semoga menang nih...musim giveaway ya skr heheh

    BalasHapus
  12. Sukses untuk kontesnya....semoga kita semua bisa menjadi sahabat baik ya Om

    BalasHapus
  13. jadi terinspirasi membuat event dikampus untuk lomba bertema seni daerah.
    terimakasih mas,postingannya sangat menginspirasi saya.

    Salam sejaterah dan sukses selalu

    BalasHapus
  14. Moga moga sukses ya Bay.. Tulisanmu tambah apik saiki, mengalir.

    BalasHapus
  15. Ohya ada yang lupa. Kapan kapan maen2 lah nang omah (panaongan)

    BalasHapus
  16. terus terang, postingan mbak susindra tentang perang obor itu paling saya suka, apalagi night photographynya bagus...
    semoga saya juga bisa jadi sahabatmu, dan sukses di ajang giveawaynya... :)

    BalasHapus
  17. terkesan gambar-gambarnya
    rasanya dulu pernah melihatnya langsung

    sedj

    BalasHapus
  18. semoga menang kontes gan

    BalasHapus
  19. sering lihat atraksi yg begituan di tv, kadang agak serem jg sih lihatx tp terhibur..

    BalasHapus
  20. Semangat ya mas,,,,semoga menang ya mas,,,,

    BalasHapus
  21. waaah ada giveaway lg ya? kpn ya sy bisa ikutan? moga sukss ya mas kontesnya..

    BalasHapus
  22. Mas bayu, terima kasih ya uluran tangan persahabatannya. Tentu saja Susi terima dengan tangan terbuka karena itulah salah satu tujuan kita menjadi bloggerwan-bloggerwati, untuk menjalin persahabatan dan persaudaraan.
    Terima kasih tak terhingga karena berkenan ikut Giveaway Susindra.

    BalasHapus
  23. Hariyanti Sukma@ iya mbak lha kok empunya budatya malah malu-malu terhadap budayanya sendiri ini yang perlu digaris bawahi................ terima kasih mbak Sukma........:)

    Elsa@ monggo mbak biar tambah rame acaranya mbak Susindra........:)

    Yudi Darmawan@ lah ya itu ne sob, mestinya kita punya filter terhadap budaya asing yang rasanya tidak perlu kita terapkan diwilayah kita yang masih memegang teguh adata ketimuran.......... terima kasih sob......:)

    Ajeng Sari Rahayu@ hehehehe sekedar guyonan aja mbak biar gak garing, sebenarnya saya juga takut mbak, lha wong saya lihat dulu ,tiba-tiba orang di sebelah saya kesurupan & ikutan melakukan atraksi

    Ami@hehehehehe jaka sembung emang enak buat becandaan tapis ebelumnya say minta maaf ya akang jaka sembung saya nggak bermaksud apa-apa cuma guyonan saja,hehehehe masing-masing orang punya karakter bagi saya yang penting kita bisa bersahabat mengapa tidak.....?ghehehehe tulisan mbak juga bagus kok mbak banyak info agamanya lagi.......:)

    BalasHapus
  24. Uli@ dengan senag hati aku izinkan kok mbak,,,,hehehehe salam kenal balik ya mbak.........:)

    Lidya@ betul sekali mbak Lidya, terima kasih sarannya mbak......:)

    Ardian Bumi@ betul...betul....betul,,,,amin ... terima kasih sob........ :)

    Orin@ iya mbak.... hanya untuk berbagi aja mbak.... soal kalahmenang gak usah dikirka yang penting kita turut meramaikan acara sahabat....:)

    Lyliana Tia@terima kasih fren, udah tak kasih link,,,,hehehehe betul banget kita mesti melestarikan budaya bangsa kita............ amin......:)

    Sofyan@amin.... terima kasih kang, samean nggak ikutan juga kang........?

    BalasHapus
  25. negeri kita memang kaya budaya ya Rif, namun sayangnya banyak juga yg tak langgeng krn kurang diminati oleh generasi muda sekarang, padahal banyak juga orang luar negeri yg mempelajarinya.

    semoga sukses diacara giveaway ini Rif:)
    salam

    BalasHapus
  26. Ibu Dini@ amin.... iya mbak semoga kita senantiasa menjaga tali silaturahim & mempererat tali persaudaraan........:)

    Andi peace@ terima kasih banyak mas, semoga tar acranya sukses ya mas.........:)

    MasBro@amin,,,, suwun mas bro,,, apikan tulisane samean mas, aku lagi proses belajar mas.... termasuk aku juga banyak belajar dari samean & bang Lozz, insyaallah kapan2 aku main kesana.......:)

    Mama Aline@ wah berarti kita sehati mbak....hehehe dengan senag hti mbak saya bersahabat dengan samean karena saya perlu banyak belajar dai anda mbak..... amin terima kasih mbak.........:)

    Sedjtee@wah kalau samea sudah past tahu kang dikota jenengan kan sangat kental budaya asli jawa.......:)

    Warsito@amin.... thanks gan,...................:)

    Amisha@memang serem mbak tapi ini seru banget,,,,,,,,, hehehehe:)

    Mimi Taria@amin terima ksih mbak Mimi, gak ikutan juga samean mbak.............:)

    Adi Ar raihan2 itu ada linknya mas,,,,, coba ikutan juga,,,,

    Susindra@Alhamdulillah mbak,,,, terima kasih kembali saya ucapkan buat jenengan mbak,,,,, semoga kedepan kita semakin erat tali silaturahimnya........amin........:)

    BalasHapus
  27. Bunda Dontworry@ iya bun betul banget,,,,,,, semoga kedepan generasi bangsa ini lebih memperhatikan budyanya sendiri, & lebih menyaring budaya luar yang masuk......... terima kasih bunda.........:)

    BalasHapus
  28. Kau tak meminta
    Ku jadikan kau sahabatku dg rela
    Sudikah sekiranya....hehehehe :D

    Semoga menang kontesnya n sukses untukmu

    BalasHapus
  29. Pastilah mau punya sobat sebaik dirimu...
    hehe...moga menang Bay kontesnya ya..
    Salam ukhuwah dari LA ^^

    BalasHapus
  30. waaah, udah banyak yang ikutan giveawaynya susindra.. saya belom ikut, padahal udah mau ditutup tanggal 28 mei ntar.. maklum, sama masalahnya : LEMOOT jaringannya. hehehe

    BalasHapus
  31. Wah sy merasa ketohok dg artikel ini, krn sy sering bgt ujug2 ikutan kontes atau kuis pdhl sy blm kenal sm sekali, termasuk acaranya Arief

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah, akhirnya saya tahu satu lagi tentang kebudayaan luhur bangsa ini.

    BalasHapus
  33. Wah..ikutan ngontes lagi nih bay..
    hiih..iya sama sih belom terlalu kenal deket banget ama Mba susi..*jadi ragu * ikutan..hehhe..

    sukses ya Bay,

    BalasHapus
  34. Assalammu'alaikum... pa kabar mas bayu?
    maaf saya baru BW ke blog sampeyan. soale kemarin2 saya jarang OL. malah saya malu ma diri sendiri. karena mas aja selalu menjadi pemberi komentar pertama kali di blog saya. nah saya, selalu beralasan jarang OL jadi jarang BW ke blog mas bayu :)

    kalo bicara tentang kebudayaan, saya jadi teringat waktu ikut acara kepemudaan dulu. di daerah saya bogor, yang mayoritas orang sunda. sudah banyak yang jarang menggunakan bahasa daerah (sunda), juga menumbuhkan kecitaan pada tradisi budaya (kesenian) sunda. orang sudah banyak beralih pada budaya barat yang instan. semoga akan ada penerus tradisi kebudayaan, dari kalangan anak-anak muda. salam semangat :)

    BalasHapus
  35. Anisayu@ dengan senag hati aku terima pinangan persahabatanmu mbak.....hehehehe amin terima kasih mbak...........:)

    Iffa Hoet@ waduh bisa nggakmuat tar helm say mbk dengr pujian dari samean....hehehehe matur nuwun sanget mbak........:)

    Gaphe@ buruan ikut brade..... biar semaki semarak acarnya mbak susindra...........:)

    Teguh sasmito@ alhamdulillah mas kalau memang begitu....... terima kasih mas.........:)

    Tiffa@ waduh say minta maaf banget mbak bukan maksud saya mbak, siapun memang berhak ikutan kontes mbak , mungkin dsengan oppertama yang belum kenal kita bisa saling kenal melalui ajang kontes tersebut........:)

    Nchie@ langsung kenalan aja mbak terus ikutan.....hehehehe

    Zico@walaikum salm kang, waduh kang zico,kehadiranmu sungguh mengejutkanku....(lebay.com)hehehehe gak papa kok kang..... wah say juga paling suka budaya sunda khususnya lagu bhasa sunda walaupun gak tahu siapa yang menyanyikan nya , suling sunda rasanya kalau didenger bikin tenang kang

    BalasHapus

Berkata jangan terbata-bata
Bertutur jangan ngelantur
Bicara nggak pake spam ya
Bukan mengatur, budayakan berbudi luhur