Rabu, 10 Agustus 2011

Tips Mudik Ringan, Aman, & Nyaman

Tak terasa sudah sepuluh hari ini kita menjalani ibadah puasa, 20 hari lagi kita semua akan meraih kemenangan. Satu hal yang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat urban, acara mudik ke kampung halaman adalah ritual yang dilakukan setiap tahun. Macet di jalan bukanlah rintangan demi satu tujuan berkumpul bersama keluarga. Berikut ini tips mudik yang ringan untuk perjalanan yang aman dan nyaman saat mudik lebaran.

  • Daftar Barang Bawaan
Beberapa hari sebelum berangkat, buatlah daftar barang-barang yang akan di bawa, dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting. Ini berfungsi untuk meminimalisasi kemungkinan lupa.

  •   Cek Kondisi Kendaraan
Kendaraan adalah sarana utama dalam melakukan perjalanan ke kampung halaman, pastinya kita harus memastikan apakah mobil atau motor yang akan kita gunakan siap digunakan perjalanan jauh. Lebih tepatnya jika ingin maksimal bawalah mobil atau motor yang akan kita gunakan ke bengkel resmi untuk di periksa secara menyeluruh demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan  selama dalam perjalanan.

  •  Cek Perlengkapan Kendaraan
Jika sudah pasti kondisi kendaraan baik jangan lupa cek lagi ketersediaan perlengkapan alat tambahan (obeng,dongkrak,tang,kunci pas,dll).
  • Spare Part Cadangan
Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan panjang. Pastikan busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan sejumlah sparepart cadangan lainnya ada di dalam kendaraan Anda. Sehingga bila menemui kendala kecil dengan mudah kita menyikapinya tanpa harus bersusah payah mencari bengkel yang kemungkinan tutup di hari lebaran.  
  • Kotak P3K
Periksa kembali kelengkapan isi kotak P3K, mulai dari minyak angin, rheumason, betadine,obat mabuk perjalanan dan obat sakit kepala adalah beberapa hal yang harus ada di dalam kotak pertolongan pertama itu. Periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah kedaluwarsa atau tidak. Bisa menambahkan dengan obat-obatan lain yang dirasa perlu.
  •  Hiburan
Macet adalah salah satu kendala yang sering menghantui para pemudik di negeri ini. Ada baiknya mempertimbangkan untuk membawa barang-barang yang sekiranya dapat menghibur anda dari kebosanan ketika menemukan kemacetan dalam perjalanan. Koleksi kaset, CD, MP3,Ipod atau buku biasanya jadi teman setia dalam perjalanan untuk sekedar melepas kepenatan kemacetan.

  • Baterai dan Pulsa
Telepon seluler kini sudah menjadi kebutuhan pokok di kehidupan kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler anda dalam kondisi penuh. Jangan sediakan lupa juga charger (charger mobil, charger multifungsi)  juga baterai cadangan. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon tidak bisa digunakan.
  • GPS dan Layanan Sellular
Seiring kemajuan teknologi, peta atau penunjuk jalur mudik kini di kemas dengan begitu mudah yang terselip melalui fitur handphone, fitur GPS ataupun google maps yang memberitahukan kepada kita tentang sebuah peta dan jalur jalan yang di lalui. Selain itu operator juga menyediakan layanan selama mudik lebaran dengan memberi informasi yang dibutuhkan, seperti pom bensin, bengkel, posko Lebaran, dan kondisi jalan yang bisa di akses melalui layanan yang di tawarkan.
  • Layanan Gratis Otomotif dan Rest Area
Perusahaan otomotif, makanan, selluler, dll biasanya di hari lebaran membuka posko layanan gratis selama lebaran di sejumlah titik tertentu jalur mudik. Mereka menyediakan rest area, nomor-nomor penting hingga jamuan gratis. Sambil melepas lelah bisa istirahat sejenak terus nikmatin makan gratis juga (lumayan buat ngirit beli bensin).

  • Kondisi tubuh
Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Tidak hanya kendaraan yang perlu disiapkan, kondisi badan Anda juga perlu mendapat perhatian. Pastikan dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat. Seringnya terjadi kecelakaan karena sang pengemudi mengantuk dan kelelahan dalam perjalanan, sehingga dianjurkan agar beristirahat setiap empat jam.

  • Doa
Jika semua usaha (iktiar) sudah dilakukan tentunya doa harus menyertai semua itu, semoga Tuhan memberikan keselamatan dan kemudahan dalam perjalanan bertemu keluarga dan sanak saudara yang sangat di rindukan.

Nah itulah, tips mudik ringan untuk sebuah perjalanan yang akan anda lakukan di hari lebaran nanti bagi anda yang memiliki keluarga jauh. Alhamdulillah kalau saya sendiri sudah dekat jaraknya dengan keluarga. Semoga sedikit tips mudik ini bermanfaat dan semoga di bulan yang penuh berkah ini senatiasa membuat kita semakin mengingat makna ramadhan dan lebaran di bulan-bulan yang berikutnya.


Artikel ini di ikutsertakan di Aduknya Pakde Cholik


32 komentar:

  1. Saya telah membaca artikel diatas dengan cermat
    Akan langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    BalasHapus
  2. info yg menarik nih dg tips yg cerdik pula, yg mudik pasti dah siap hehehe :)

    BalasHapus
  3. perlu bawa laptop kayaknya ya, biar bisa posting di kampung ... nice tips mas

    BalasHapus
  4. Yang tertinggal olehku akan aku amalkan dari sini...
    Sukses untuk Aduknya..
    Gimana, tahun ini mudik gak.

    BalasHapus
  5. mudik kemana nanti lebaran?
    jangan membawa uang cash berlebihan juga

    BalasHapus
  6. Simpan dulu deh...
    Siapa tahu nanti kalau dah mutasi ke Jawa dan punya kendaraan pribadi bisa menerapkan

    BalasHapus
  7. saya juga mau nambahin dikit... jangan lupa bawa kamera, pasti banyak objek2 menarik sepanjang perjalanan...

    BalasHapus
  8. smoga infonya mas nih berguna buat para mudik-ers. :D

    BalasHapus
  9. Ne' aku ra nganggo mobil pribadi mas, Jadinya ya nggak pake cek kondisi kendaraan, Matur Suwun Tipsnya...

    BalasHapus
  10. bayu mudik jg kah thn ini? bersama si kecil? hehe...
    tips2nya lengkap... sukses ADUKnya yah... :-D

    BalasHapus
  11. Ayo mudiik,.
    makasi tipnya ya,. mantraap itu tips,.

    BalasHapus
  12. ga lama lagi mudik.. bakal berbuga bgt nih tipsnya :)

    BalasHapus
  13. mudik bisa lancar kalo tips nya kayak gni....
    maksih tips nya gan salam kenal aja

    BalasHapus
  14. Oleh-oleh and angpao nggak masuk di-list ya oom bay?hehhehe

    BalasHapus
  15. siap siap mudik.. ati ati di jalan.. sukss buat kontes nya kang :)

    BalasHapus
  16. lengkap pisan tipsnya mas,..maaf baru berkunjung lagi :)
    oia, semoga menang ya mas Bay.!

    BalasHapus
  17. Jadi pengen cepet2 mudik nih...

    BTW mau mudik kemana nanti saat lebaran?

    BalasHapus
  18. wah saya Insya Alloh ada rencana setelah dari Lumajang, langsung jalan-jalan ke Jember loh Kang.

    BalasHapus
  19. Silaturrahmi saya ke keluarga istri hanya memakn waktu dua jam perjalanan. Tapi itu pun tetap saya persiapkan dengan matang terutama kondisi tubuh dan kendaraan. Walaupun dekat tapi suasana di jalan raya tetap ramai kendaraan besar dan kecil.

    Thanks tipsnya ya bang.

    BalasHapus
  20. Taon lalu saya nulis tips mudik dengan motor mas http://herry-ss.blogspot.com/2010/08/tips-mudik-dengan-motor.html

    Semoga yg mudik selamat dalam perjalanan dan berbahagia bertemu sanak keluarga...

    BalasHapus
  21. hehehe bawa bini sma anak ga masuk hitungan nih... pasahal penting loh :D

    BalasHapus
  22. Kata Kata Motivasi Mario Teguh
    Jika anda sedang benar, jangan terlalu berani dan
    bila anda sedang takut, jangan terlalu takut.
    Karena keseimbangan sikap adalah penentu
    ketepatan perjalanan kesuksesan anda

    BalasHapus
  23. Mantab banget arikelnya.... nambah pengetahuan
    Makasih banget mas

    BalasHapus
  24. mudik memang penuh dengan resiko tapi tetap saja sangat dinanti para perantau

    BalasHapus
  25. nice day :)
    hargailah hari kemaren,
    mimpikanlah hari esok,
    tetapi hiduplah untuk hari ini.
    bagi-bagi motivasinya yaah...

    http://www.nolimitadventure.com/

    BalasHapus
  26. yang paling poko mas do a yah tips mudiknya biar kita slamat. saya tunggu postingan yang barunya lagi.

    BalasHapus

Berkata jangan terbata-bata
Bertutur jangan ngelantur
Bicara nggak pake spam ya
Bukan mengatur, budayakan berbudi luhur