Jumat, 05 Agustus 2011

Garuda di Dadaku, Garuda Kebanggaanku

Hingar bingar dan Euforia Piala AFF di tahun 2010 kemarin masih begitu terasa hingga saat ini, membakar seluruh jiwa penduduk negeri ini untuk turut menyemangati tanpa menyadari rasa nasionalisme itu tumbuh membara seiring bergulirnya pertandingan sepakbola yang di lalui Timnas Indonesia dengan begitu gemilang.

Aku sama sekali heran, di tengah pelik masalah negri ini yang begitu banyak mendera tanpa ada solusi berarti, dan aku fikir dengan kondisi seperti itu akan melunturkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air mereka, ternyata aku salah besar. Di ajang Piala AFF Timnas indonesia berhasil menjadi pahlawan yang mampu menyedot seluruh perhatian penduduk negeri ini untuk turut mendukung, menyemangati dengan berbagai bentuk bermunculan. Di laga pertama Timnas indonesia bertemu dengan tim Harimau malaya, di bawah asuhan pelatih Alfred Riedl dan dengan kerjasama yang apik irfan Bachdim, Cristian Gonzales dkk, timnas terbukti menjadi pahlawan yang membakar semangat nasionalisme dengan prestasi awalnya berhasil menekuk tim Harimau malaya dengan score 5-1, sungguh prestasi awal yang fantastis.

Setelah melewati laga perdana dengan begitu gemilang kembali Timnas Indonesia berhasil membakar semangat nasionalisme dengan berhasil mengalahkan Laos dengan score 6-0, sungguh kemenangan telak setelah laga perdana. Di akhir babak penyisihan Timnas bertemu dengan tim gajah putih Thailand yang sedikit membuat ketar-ketir, pasalnya beberapa kali bertemu dalam pertandingan Timnas belum berhasil mengalahkan tim tangguh ini, namun masih teringat jelas seluruh penduduk negeri ini memanjatkan doa-doa & harapan mereka untuk kemenangan Timnas, dan masih teringat di benakku ketika aku terpaku di depan televisi dengan hati dan perasaan nggak karuan (sempat ingin menangis) melihat Timnas yang harus kebobolan lebih dulu namun tak sedikit pun mematahkan dukungan serta doa dari segenap para supporter Timnas, lirih terdengar mereka mendendangkan lagu yang semakin membakar rasa nasionalisme negeri ini untuk semakin bangkit & berjuang.

Garuda di dadaku
Garuda Kebanggaanku
Ku yakin hari ini pasti menang

Kobarkan Semangatmu
Tunjukkan Kemampuanmu
Ku yakin hari ini pasti menang

Tepat setelah Arif Suyono dan Bambang Pamungkas masuk di babak kedua kembali Timnas dengan gemilang membalikkan kedudukan sementara menjadi 2-1 lewat hadiah penalti yang digarap apik oleh Bambang Pamungkas, hingga peluit panjang berbunyi score masih unggul Timnas Garuda secara otomatis Timnas Garuda menjadi juara grup dan lolos ke babak selanjutnya.

Di laga semifinal, Timnas Garuda bertemu dengan Filiphina dan pertandingan dilaksanakan di stadion GBK (Gelora Bung Karno), dua kali berlaga di tempat yang sama Timnas Garuda berhasil menumbangkan Timnas Filiphina melalui aksi hebat Cristian Gonzales, dia adalah pemain naturalisasi asal Uruguay namun kecintaannya terhadap negeri ini tak dapat di sangkal lagi, semua laga terbaiknya di persembahkan untuk negeri ini, ini yang membuat aku semakin memaknai rasa nasionalisme terhadap negeri ini, kalau Cristian Gonzales yang notabene bukan orang Indonesia asli namun begitu sangat mencintai negeri ini mengapa aku dan kita semuanya yang orang Indonesia asli tidak bisa seperti dia, ini semakin menancapkan rasa nasionalisme & cinta tanah air dalam sanubariku.

Di laga final Indonesia berjumpa kembali dengan tim harimau malaya, ini menjadi babak penentuan setelah Timnas Garuda berhasil melalui babak penyisihan dan semifinal dengan gemilang. Harapan besar menjadi juara dalam ajang ini semakin begitu terasa, semangat nasionalisme dari para supporter tanah air semakin menggebu. Saat yang di nanti pun tiba, Timnas Garuda bertandang ke negeri Jiran di stadion bukit jalil dengan 15000 supporter yang turut mendukung disana. Semua doa & harapan besar utuk Timnas memenangkan pertandingan sangatlah begitu besar, namun kenyataannya berkata lain, Timnas Garuda kalah 3-0. Harapan besar yang memupus namun rasa nasionalisme tak demikian, aku berdoa semoga kelak bertemu di stadion GBK, Timnas Garuda berhasil membawa kemenangan. Laga yang di nantikan pun tiba, Timnas Garuda menjamu tim harimau malaya di stadion GBK, begitu gencar serangan demi serangan dibangun namun belum juga berhasil, jutaan mata, jutaan harapan dan doa tertuju di laga itu, kenyataan pun juga berkata lain meski menang 2-1, Timnas tetap kalah dengan agregat gol malaysia 4 - indonesia 2.

Dari cerita diatas bisa di simpulkan jikalau pahlawan ataupun jiwa patriot bisa darimana saja asalnya, begitu pula rasa nasionalisme dan cinta tanah air bisa datang dari kejadian apapun. Sebagai putra bangsa yang terlahir di tanah negeri tercinta ini ikatan batin tentang sebuah perasaan cinta kepada negeri ini tentunya sudah terwariskan sejak lahir, aku di besarkan di negeri ini, mengenyam pendidikan di negeri ini, mengenal beragam suku bangsa ini, beragam budaya bangsa ini, beragam logat & adat-istiadat negri ini, ada rasa bangga memiliki semua ini, ada rasa yang berbeda dalam sanubari, yang jelas rasa ini tidak boleh pudar seiring gonjang ganjing problema negeri ini, perjuangan ini masih belum selesai, jika masih bertemu kegagalan bukan berarti perjuangan itu harus berhenti dan rasa cinta tanah air itu harus di akhiri, tancapkanlah lebih dalam lagi di sanubari, ajarkanlah kepada kepada seluruh generasi negeri ini untuk mencintai dan mengisi kemerdekaan ini dengan berjuta arti, karena di tangan merekalah para pembesar dan penggagas negeri ini berharap dan menitipkan bangsa ini.

Mengawali dari diri sendiri dan sebuah keluarga yang ku miliki sebuah pesan pembangkit rasa cinta negeri ini, ingin aku katakan kepada anakku dan seluruh anak negeri ini pastinya,


Anakku, jika aku memiliki sejuta semangat kejujuran dihatiku
Aku harap kamu bisa lebih dari itu

Anakku, jika aku memiliki sejuta kebaikan di hatiku
Aku harap kamu bisa lebih dari itu

Anakku, jika aku memiliki sejuta rasa cinta untuk negeri ku
Aku harap kamu bisa lebih dari itu

Anakku, jika aku memiliki sejuta pengorbanan untuk negeriku
Aku harap kamu bisa lebih dari itu

Anakku, jika aku belum bisa menjadi pahlawan untuk negeriku
Di tanganmu aku berharap
Di bahumu aku bertumpu
Dan mungkin para pembesar & penggagas negeri tercintaku
Menaruh harap besar kepadamu
Melanjutkan perjuangan dan mengisi kemerdekaan negeriku

Artikel ini diikutsertakan Kontes Cermin Blogger Bhakti Pertiwi yang di selenggarakan Trio Nia, Lidya, Abdul Cholik


Sponsored by :
- http://www.kios108.com/
- http://halobalita.fitrian.net/
- http://topcardiotrainer.com/
- http://littleostore.com/

42 komentar:

  1. Terimakasih atas partisipasi sahabat dalam kontes CBBP
    Artikel sudah lengkap....
    Siap untuk dinilai oleh tim Juri.....
    Salam hangat dari Jakarta.....

    BalasHapus
  2. Puisi untuk Ardan-nya keren Bay. Sukses ngontesnya ya ;)

    BalasHapus
  3. essip sam, mantap puisine.. sukses yo

    BalasHapus
  4. wewwwwwww... keren rif!

    *si kecil imut ya!

    BalasHapus
  5. dd.. dengarkan tu puisi2 ayah yah..
    itu adalah doa serta pesan buatmu :)

    *smoga kontesnya sukses :D

    BalasHapus
  6. Amien mas, semoga do'anya buat anaknya terkabul...

    BalasHapus
  7. wokeh lah... semoga menang ya brader...

    BalasHapus
  8. Nia@ terima kasih mbak nia, semoga berkenan,,,,,,,,:)

    Orin@ makasih teh, amin

    Lozz Akbar@matur nuwun sam, moga moga jember tersenyum kembali,,,,hehehehe

    bundamahes@ terima kasih bun, siapa dulu bapaknya,,,hehehehehe *kumat narsis...

    Dhe@ terima kasih mbak Dhe..... amin

    BalasHapus
  9. Wah mantap nieh tulisannya..:) semoga menang mas arif ...:)
    saya belum ada ide neh..
    semoga nanti malam bisa ngelembur..:)

    BalasHapus
  10. pengamat sepakbola yah... doa untuk anak tercinta turut mengamini...

    BalasHapus
  11. Indonesia masih sulit untuk berkembang kayaknya...tapi kita wajib terus mendukung


    suksess buat kontesnya,saya lagi mikir buat artikel ikut kontes ini tapi belum netes


    Salam kompak

    BalasHapus
  12. sukses kontesnya ya dedek kecil... *eh*

    BalasHapus
  13. Rasa persatuan memang bs terwujud dalam segala hal.

    BalasHapus
  14. cepatlah besar matahariku...
    semangat !! sukses buat kontesnya ;)

    BalasHapus
  15. Terus kobarkan semangat Mas.. semangat untuk beribadah di bulan Ramadhan, semangat untuk mengisi kemerdekaan :)

    semoga menang mas :)

    BalasHapus
  16. puisinya keren Kang,...si dedek pasti bangga dengan Ayah Bayu..moga2 menang demi dedek..:)

    BalasHapus
  17. Pesan singkatnya untuk sang buah hati, mencuri perhatian sekali.. Semoga seperti itu..

    BalasHapus
  18. Foto calon patriot bangsa yang mewarisi kejujuran ayah :)

    BalasHapus
  19. Semoga anaknya menjadi kebanggaan keluarga juga ya. Terima kasih partisipasinya

    BalasHapus
  20. wah mas, saya juga penggila bola loh. Bravo Timnas

    BalasHapus
  21. semoga si kecil bisa melebihi orangtuanya... dalam mencintai negeri ini... dan menjadi anak kebanggaan negeri tercinta ini ya.. amin!

    sukses kontesnya Bay :-)

    BalasHapus
  22. walau prestasi PSSI jeblok, kkutetap dukung timnas indonesia... hehehe

    BalasHapus
  23. Blog Keluarga@ amin terima kasih mbak..:)

    Zan Insurgent@hehehehe, amin brade, terima kasih brade.......:)

    Mama Kinan@ amin, terima kasih bunda, tak doain semoga bisa ikutan bun biar makin membara nasionalisme bangsa,,,,,,,,:)

    Ami@ wah kalau Timnas, saya suka baget memang mbak,hehehehe terima kasih mbak AMi........:)

    Riez@hehehehe, yah kita doain aja brade bia semakin gemilang prestasi Timnas,,,,,, :)

    BalasHapus
  24. Bayu Putra@ wah namanya sama aku,,,hehehehe terima kasih sob,,,,,:)

    Honeylizious@hehehhe terima kasih tante......:)

    Suratman Adi@ betul ityu sob, mesti ita pupuk , kita galang biar gak bercerai berai

    Majalah Masjid Kita@ terima kasih mas,,,, amin,,,,,,:)

    Sukadi@ terima kasih mas,,,, amin,,,,, detik-detik proklamasi dibulan ramadhan, membara di setiap insan...

    BalasHapus
  25. Ketty Husnia@ terima mbak kenny,,,,,,,:)

    Masbro@ amin mas bro, biar semakinmenginspirasi anak negeri ini.........:)

    Pendar Bintang@ amin mbak, semoga ditangan generasi muda setelahkita nantinya lebih dalem lagi jiwa patriotnya & cinta tanah airnya,,,,

    Lidya@ amin, terima kasih kembali mbak, semoga berkenan

    Wahyu eko Prasetyo@ sama nih mas, semoga Timnas lolos kualifikasi piala dunia 2014,,,,

    BalasHapus
  26. Lyliana Thia@ amin terima kasih frennnn,,,,,,,,,,,:)

    Noel Lobis@hehehehe kita mesti tetap dukung brade,,,,, bukan PSSI nya tapi Indonesia nya,,,!!!! merdeka..........!!!

    BalasHapus
  27. Anak emang harus lebih dari orang tuanya ya bay, anak saya aja sampai hafal lagunya garuda didadaku bay.
    puisi yang bagus bay..pasti anakmu senang membacanya.a bay, anak saya aja sampai hafal lagunya garuda didadaku bay.
    puisi yang bagus bay..pasti anakmu senang membacanya.

    BalasHapus
  28. Amin semoga menang .. semoga semua harapan bisa terkabulkan .. :)

    BalasHapus
  29. Ibu Dini@iya mbak harus lebih dari saya, ibarat negeri ni sekarangyang masih begini jaj tentunya kedepan harapannya harus lebih dari ini,,,,, lagu ini emang top buat bangkitin nasionalisme mbak

    Hoedz@ amin, terima kasih kang

    BalasHapus
  30. Kilasan AFF-nya detail banget pak, salut...
    Puisinya indah, penuh makna, mantap...

    _salam kenal dan selamat ngontes pak :) _

    BalasHapus
  31. Dheeasy@ salam kenal balik, terima kasih...:)

    BalasHapus
  32. Artikelnya asli GARUDA didadaku ni ya...

    Semoga semua do'a dan harapan pada nanda terwujud ya, salam ;)

    Sucses kontesnya...

    BalasHapus
  33. suka dengan judulnya..bikin smangat,,garuda selalu didadaku...

    BalasHapus
  34. garuda di dadaku...
    the gunners pusakaku....
    dan barcelona di hatiku... :)

    semoga beruntung mas.

    BalasHapus
  35. Wah..., ga terasa saya berlama-lama di sini.... Numpang baca-baca ya mas
    Blognya bagus mudah diakses.....

    BalasHapus
  36. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  37. kuayakin hari ini pasti menang. (nerusin judul aritikel nya) :p

    BalasHapus
  38. kuayakin hari ini pasti menang. (nerusin judul aritikel nya) :p

    BalasHapus
  39. salut sama perjuangan dan semnagat para supporter dan pemainnya ya gan, ya meskipun masih sedikit prestasi... tapi semua itu patut di hargai,

    jangan melihat hasilnya, tp lihatlah jerih payahnya

    BalasHapus

Berkata jangan terbata-bata
Bertutur jangan ngelantur
Bicara nggak pake spam ya
Bukan mengatur, budayakan berbudi luhur